Sukses

Entertainment

Film Dwayne Johnson 'San Andreas' Dikritik Ahli Gempa

Fimela.com, Jakarta San Andreas baru saja dirilis pada 29 Mei kemarin. Film yang dibintangi Dwayne Johnson ini banyak diprediksi akan menjadi box office. San Andreas juga sudah dirilis di Indonesia. Film tentang bencana alam gempa itu telah dinanti-nanti para penggemar yang ingin segera melihat akting Dwayne Johnson alias The Rock sebagai pemeran utamanya.

Namun ternyata film garapan Brad Peyton ini dikritik habis-habisan oleh seorang ahli gempa. Sang ahli yang bernama Dr. Lucy Jones itu menyampaikan kritikannya di akun Twitternya. Lucy menganggap film yang mengambil lokasi di California itu tidak masuk akal. Menurutnya, ada tiga kesalahan utama mengenai gempa dalam San Andreas.

Adegan dalam film 'San Andreas'. Foto: Vidio

Seperti dilansir dari Cinema Blend, gempa yang terjadi dalam film tersebut tidak sesuai dengan kondisi tanah yang ada di negara berpenduduk terpadat di Amerika itu. "Kesalahan besar pertama. Film 'San Andreas' berpura-pura kalau California memiliki zona subduksi (jalur tumbukan antar lempeng benua dengan lempeng dasar samudra). (Padahal) Kami hanya memiliki M8.2," tulis Lucy. Ia kemudian melanjutkan dua kritikan lainnya.

"Ya Tuhan! Sebuah jurang? Jika jurang patahan itu bisa terbuka (yang terbentuk dari retakan tanah), tak akan ada gesekan. Dengan tak adanya gesekan, maka tak mungkin akan ada gempa," lanjut Lucy mengenai kesalahan kedua San Andreas. Untuk kesalahan ketiga, Lucy menuliskan: “Menyadari bahwa air laut yang surut sebagai tanda untuk tsunami itu bagus. Tapi, tsunami tak akan mungkin terjadi di San Andreas. Sekarang kita berada di wilayah fantasi."

Baca Juga: Film Terbaru Dwayne Johnson, 'San Andreas' Rilis di Dolby Cinema

Banyak yang beranggapan bahwa ahli gempa itu terlalu serius menanggapi film yang memang tidak diambil dari kisah nyata itu. Tapi mungkin, ia juga ingin memberitahu kepada publik kalau keadaan alam di San Andreas, California, itu tidak memungkinkan untuk terjadinya gempa seperti dalam film San Andreas.

Dwayne Johnson

San Andreas sendiri bercerita tentang Dwayne yang berperan sebagai Ray sedang mengunjungi putrinya, Blake, yang tinggal bersama mantan istrinya di San Andreas, Los Angeles. Lalu mendadak terjadi gempa berkekuatan 9 skala richter yang membuat Ray harus bekerja keras untuk menyelamatkan para korban. Ia juga berusaha menyelamatkan putrinya dari ancaman gempa susulan yang akan lebih dahsyat lagi.

Selain Dwayne Johnson, San Andreas juga dibintangi oleh Carla Gugino, Alexandra Daddario, Ioan Gruffudd, Archie Panjabi, Paul Giamatti, Kylie Minoque dan sejumlah pemain lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading