Sukses

Entertainment

Penulis Lagu Hits BoA Akhirnya Dapatkan Royalty

Fimela.com, Jakarta Sudah 13 lamanya sejak single hits dari BoA yang berjudul No.1 rilis. Selama itu pula, Kim Young Ah selaku penulis dari lagu yang dinyanyikan BoA tak mendapat royalty sama sekali. Setelah menunggu selama 13 tahun, baru-baru ini Kim Young Ah diakui sebagai penulis lagu yang sah dan akan mendapatkan royalty.

Pada 6 Juni kemarin, Pengadilan Tinggi di Korea telah memutuskan kasus antara Kim Young Ah dengan Universal Music Korea. Hakim telah memutuskan bahwa kasus tersebut telah selesai dengan Kim Young Ah sebagai pemenang.

BoA

Dengan keputusan tersebut, Kim Young Ah akan mendapatkan royalti sebesar 45 juta Won atau sekitar 533 juta Rupiah. Selain itu Kim Young Ah juga akan mendapatkan uang sebesar 5 juta Won atau sekitar 59 juta Rupiah sebagai dana kompensasi karena terkena isu tersebut.

Baca juga: Gelar Konser Bertajuk NOWNESS, BoA Rilis Video Teaser

13 tahun lalu, tepatnya pada tahun 2002, Kim Young Ah menulis sebuah lagu berjudul No.1. Setelah itu dia mendapatkan uang sebesar 2 juta Won atau sekitar 23 juta Rupiah dari SM ENtertainment.

BoA

Setelah itu SM Entertainment menandatangani kontrak dengan Universal Music Korea terkait lagu tersebut. Pada 2003, Universal Music mendaftarkan lagu No.1 di Korea Music Copyright Association dan mendaftarkan lagu tersebut dengan panulis lagu Siguard Rosnes (Ziggy) dan Saphary Songs sebagai pemegang hak cipta.

Pada tahun 2011, Kim Young Ah meminta Kora Music Copyright Association untuk menunda pembayaran royalti ke Universal Music. Setahun setelahnya Kim menempuh jalur hukum untuk menuntut haknya sebagai penulis lagu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading