Sukses

Entertainment

Film-Film Hollwood yang Bertemakan LGBT

Fimela.com, Jakarta Istilah 'LGBT' (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) sedang hangat diperbincangkan. Salah satu film di Indonesia yang mengambil tema LGBT adalah 'Arisan'. Selain di Indonesia, film-film Hollywood juga banyak yang mengambil tema LGBT. Mau tahu apa saja? Berikut Bintang.com merangkumnya untuk Anda.

1. Kill Your Darlings

Film Kill Your Darlings (2013) diangkat dari kisah nyata dengan setting masa Perang Dunia ke-2 di tahun 1944. Saat itu, hubungan sesama jenis seperti homoseksual dilegalkan. Film yang sempat masuk nominasi film LGBT terbaik 2013 itu diperankan oleh Daniel Radcliffe (Allen) dan Dane Dehaan (Lucien). Kedua bintang ini dikisahkan saling jatuh cinta sama lain. Bahkan, Daniel dan Dane harus beradegan panas demi menghayati perannya sebagai penyuka sesama jenis. 

Poster film 'Kill Your Darlings'. Foto: Imdb

2. Mysterious Skin

Film Mysterious Skin rilis pertama kali pada 20 Mei 2005. Film ini menceritakan tentang penyimpangan seksual pada anak yang masih kecil dengan gamblangnya. 'Mysterious Skin' adalah sebuah cerminan luar biasa yang menyesakkan tentang pelecehan seksual terhadapap anak, dimana perbuatan bejat seseorang bisa berdampak sangat panjang terhadap masa depan orang lain. Akhir filmnya yang mengharukan menutup film ini dengan sempurna dan menjadikannya tontonan yang menyentuh. Film yang dibintangi oleh Joseph Gordon Levitt dan Brandy Corbert ini sempat meraih berbagai penghargaan perfilman.

Poster film Mysterious Skin. Foto: Via Imdb.com

3. Transamerica

Hampir serupa dengan film Indonesia 'Realita Cinta Rock & Roll', film 'Transamerica' (2005) juga mengisahkan tentang seorang anak bernama Toby (Kevin Zagers) yang mencari jati dirinya sepeninggal sang Ibunda. Toby yang tak tahu menahu tentang ayahnya itu tumbuh dengan kesendirian dan haus akan kasih sayang orang tua. Ia pun berusaha bertahan hidup dengan berbagai cara seperti menjual narkoba sampai menjadi gigolo. Toby juga tidak tahu kalau wanita yang mengeluarkannya dari penjara dan mengaku sebagai misionari gereja ternyata adalah ayahnya yang sudah operasi kelamin. 

 Poster film Transamerica. Foto: Via imdb.com

4. Hedwig and the Angry Inch

Sangat jarang ada sebuah film musikal rock seperti Hedwig and the Angry Inch (2001). Film yang digarap dan ditulis langsung oleh John Cameron Mitchell ini sukses menghadirkan sebuah drama kehidupan seorang transeksual yang terabaikan dalam pencarian jati diri. Kisah cinta dan popularitas dibalut dengan kualitas musikal punk rock yang keren membuat film ini berkesan. Film yang diadaptasi dari pertunjukan theater bintang rock terkenal Broadway ini pernah masuk sebagai nominasi Oscar 2002.

Poster film Hedwig and the Angry Inch. Foto: Via rollingstone.com

5. Brokeback Mountain

Berlatar belakang keindahan pegunungan Brokeback, film ini mengangkat kisah asmara antara dua orang laki-laki. Ennis Del Mar (Heath Ledger) dikisahkan sebagai peternak, sedangkan Jack Twist (Jake Gylenhaal) adalah koboi rodeo. Keduanya bertemu pada musim panas tahun 1963. Secara tak terduga, hubungan keduanya menjadi sangat intim. Hingga akhirnya salah satu dari mereka diketahui mengidap komplikasi. Film berdurasi 134 menit ini menyuguhkan tragedi-tragedi cinta yang semakin menggambarkan akan sebuah kekuatan cinta.

Jake Gyllenhaal  dan Heath Ledger dalam Brokeback Mountain (foto: athenacinema.com)

Nah itu dia lima film Hollywood yang bertemakan LGBT. Film-film tersebut memang mampu membawa pesan bagi  setiap orang yang menontonnya. Di Indonesia, film bertemakan LGBT baru muncul pada tahun 2000-an. Itu pun masih banyak menimbulkan pertentangan di masyarakat.

Baca Juga: Pasangan-pasangan LGBT di Film Indonesia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading