Sukses

Entertainment

Peduli Masalah Kabut Asap, Sejumlah Artis Turun ke Jalan

Fimela.com, Jakarta Kabut asap akibat kebakaran di Sumatera dan Kalimantan sangat meresahkan. Apalagi cukup banyak korban meninggal akibat tragedi ini. Sebagai wujud kepeduliannya, sejumlah artis bersama aktivis dari Walhi melakukan aksi bertajuk #TinjuMusuhAlam di patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Jumat (9/10/2015) sore. Di antaranya adalah Melanie Subono, Geisha, serta pesulap Demian dan istrinya, Sara Wijayanto.

Baca Juga: Wajah Singapura Sebelum dan Sesudah Asap Riau 'Menyapa'

Dalam kesempatan itu, mereka membagi-bagikan lembaran berisi seruan terhadap masyarakat untuk melawan asap. Bahkan ada dua spanduk bertuliskan 'Geisha Melawan Asap' dan 'Tindak Tegas Pembakar Hutan' terbentang, sebagai bentuk protes mereka terhadap masalah ini.

Geisha (Wimbarsana/Bintang.com)

Melanie mengatakan bahwa aksi ini merupakan wujud kepedulian seniman terhadap masalah kabut asap. Lewat gerakan ini dia berharap dapat menyadarkan masyarakat untuk ikut membantu, meski hanya lewat doa.

"Mungkin kita enggak bisa banyak mengubah dari sisi advokasi atau apapun. Minimal ini yang bisa kami lakukan. Buat masyarakat di rumah, kita enggak harus selalu nyumbang kok untuk bantu korban di sana. Lu sebut nama mereka dalam doa juga udah cukup sih," ujar Melanie Subono.

Bunga Zainal memposting pesan untuk presiden agar tanggulangi kabut asap. (Instagram @bungazainal05)

Lebih dari itu, Melanie menghimbau kepada pemerintah untuk menindak tegas dalang dari kebakaran hutan. Menurutnya, peristiwa ini bukanlah bencana alam melainkan akibat ulah manusia. Terlebih lagi sudah terlalu banyak korban meninggal akibat kabut asap ini.

"Ini (dampak kabut asap) jelas buatan manusia. Dan sebenarnya pemerintah sudah tahu kok dalangnya, cuma apakah mereka berani tangkap? Gila yah, yang meninggal sudah banyak. Kalau enggak bisa memadamkan kebakaran, seenggaknya cabut izin perusahaannya," tegas Melanie Subono.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading