Sukses

Entertainment

Vina Panduwinata Idolakan Jenderal Sudirman dan RA Kartini

Fimela.com, Jakarta Setiap tanggal 10 November, masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang jasa-jasanya yang telah
menjaga dan mempertahankan Indonesia. Tak ketinggalan Vina Panduwinata yang ikut mengenang perjuangan pahlawan. Bahkan dia mengaku punya pahlawan idola.

"Sudirman kali ya. Sebenarnya sih banyak. Kartini juga, karena beliau yang mengangkat martabat perempuan. Sebenarnya antara laki-laki dan perempuan sudah pasti beda. Tapi ada hak-hak perempuan dia angkat," ujar Vina Panduwinata saat ditemui di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (9/11/2015) malam.

Foto acara Kemenkumham (Galih W. Satria/bintang.com)

 

Kiprah kedua pahlawan yang disebutkan Vina memang besar bagi kemerdekaan negeri ini. Nyatanya, sang Jendral bukan hanya dikagumi masyarakat Indonesia saja, warga Jepang pun angkat topi untuk pahlawan Geriliya ini. Saking kagumnya patung Jenderal Sudirman terpajang di depan kantor kementerian pertahanan ibu kota Tokyo.

Sedangkan RA Kartini merupakan simbol kembangkitan perempuan pribumi dalam mendapatkan hak. Terutama menyangkut budaya di Jawa yang dipandang sebagai penghambat kemajuan perempuat saat itu. Dia ingin wanita memiliki kebebasan dalam menuntut ilmu dan belajar.

Foto acara Kemenkumham (Galih W. Satria/bintang.com)

Menurut pelantun Burung Camar ini, kata pahlawan mempunyai arti luas. Siapa saja bisa dikategorikan sebagai pahlawan lewat bidang yang dikuasi masing-masing. Orang-orang yang mengabdikan dirinya tanpa pamrih demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik pun dapat dikategorikan sebagai pahlawan.

"Manusia yang melakukan sesuatu yang bisa dinikmati dan bermafaat bagi semua orang. Salah satunya Madam Theresia. Dia datang kepada pemimpin-pemimpin dunia untuk melakukan sesuatu yang baik buat banyak orang. Tante Titiek Puspa pun pahlawan musik Indonesia. Dia pahlawan mama Ina," pungkas Vina Panduwinata.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading