Sukses

Entertainment

Film Batman 90-an, Periode Terbaik dan Terburuk Manusia Kelelawar

Fimela.com, Jakarta Film bertema superhero termasuk marak dan laris di pasaran dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu karakter superhero yang akan diangkat lagi ke layar lebar adalah Batman.

Film Batman v Superman: Dawn of Justice akan menampilkan petualangan dua karakter superhero paling terkenal di seluruh dunia, Batman dan Superman. Yang menarik, film Batman pernah dibuatkan trilogi dengan menampilkan Christian Bale sebagai pemeran Bruce Wayne/Batman.

Michael Keaton pemeran dua film Batman di tahun 1989 dan 1992. foto: THR

Baca Juga

Film superhero dulu bisa dibilang hanyalah film untuk anak-anak yang ringan dan menghibur. Anggapan itu mulai dipatahkan oleh film Batman di tahun 1989 yang disutradarai Tim Burton. Sutradara eksentrik itu menampilkan film superhero yang bernuansa lebih gelap, kelam dan digarap dengan lebih detil.

Film yang menampilkan Michael Keaton sebagai Batman itu ternyata meraih sukses dan mulai memicu demam film superhero. Keberhasilan itu mendorong dibuatkan sekuelnya yaitu Batman Returns. Film yang dirilis pada 1992 itu memang kalah laris dibanding film pertamanya, film yang masih dibesut Burton dan dibintangi Keaton itu mendapat banyak pujian. Batman Returns disebut-sebut sebagai salah satu film superhero terbaik.

Val Kilmer pemeran Batman di Batman Forever (1995). foto: nydailynews.com

Sayangnya periode terbaik itu justru berbalik menjadi periode terburuk di dua sekuelnya, Batman Forever (1995) dan Batman and Robin (1997). Di Batman Forever, kursi sutradara beralih ke Joel Schumacher sedangkan pemeran Batman dimainkan oleh Val Kilmer. Burton sendiri masih terlibat tapi hanya sebagai produser.

Hasilnya, cukup sukses di pasaran tapi banyak mendapay kritikan dan cacian. Film ini dinilai hanya mengandalkan akting Jim Carrey dan Tommy Lee Jones untuk mendatangkan penonton ke bioskop. Sayangnya, pihak Warner Bros tidak belajar dari kesalahan. Mereka tetap memplot Schucmacher sebagai sutradara di film Batman selanjutnya.

Pemeran Batman memang digantikan oleh George Clooney, tapi hasilnya jauh lebih buruk. Batman and Robin dicerca banyak pihak terutama para penggemar komik Batman. Saking kecewanya, para fans banyak mengirimkan surat makian sampai ancaman pembunuhan untuk Schumacher, bahkan sampai saat ini!

George Clooney di Batman and Robin (1997).

Clooney pun baru menyatakan penyesalannya di awal tahun ini. Ia menyesal dan meminta maaf pernah bermain di Batman and Robin. Ia juga meminta maaf pada para penggemar Batman yang kecewa dengan film tersebut. Secara komersil, film tersebut meraih keuntungan yang sangat sedikit dan menjadi yang terendah pemasukannya dari film Batman sebelumnya.

Kemunculan para bintang ternama seperti Alicia Silverstone, Uma Thurman dan Arnold Schwarzanegger, juga tak mampu medongkrak jumlah penonton. Periode terbaik dan terburuk film Batman termasuk mewarnai perfilman dunia di era 90-an.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading