Sukses

Entertainment

4 Film Animasi Fenomenal dari Dongeng Charles Perrault

Fimela.com, Jakarta Pada Senin (12/1) lalu, Google merayakan hari jadi penulis legendaris Charles Perrault yang ke-388. Doodle penulis asal Perancis itu menghiasi laman Google selama satu hari penuh sebagai bentuk apresiasi atas karya-karya Charles Perrault pada abad ke-16.

Disney sebagai salah satu rumah produksi raksasa dunia ternyata telah menfilmkan dua karya fenomenal Charles Perrault yaitu Cinderella dan The Sleeping Beauty. Selain Disney, beberapa rumah produksi juga pernah mengangkat dongeng penulis yang meninggal pada usia 75 tahun tersebut. Setidaknya, ada empat judul film yang terinspirasi dari tangan dingin seorang Charles Perrault.

Le Petit Chaperon Rouge (Little Red Riding Hood). Dongeng tentang gadis berjubah merah menjadi sangat fenomenal sejak beberapa abad belakangan. Setelah hanya menjadi dongeng, akhirnya pada 2005 film animasinya resmi rilis dengan judul Hoodwinked! Melibatkan Anne Hathway dan Glenn Close sebagai pengisi suaranya, film ini menarik banyak minat anak-anak di seluruh dunia untuk ke bioskop. Hanya berselang enam tahun, live action-nya pun diproduksi dengan judul Red Riding Hood.

Hoodwinked! Foto: IMDb

Cendrillon (Cinderella). Dongeng tentang Puteri semalam dengan sepatu kacanya ini juga tak kalah fenomenalnya. Disney pertama kali membuatkan film animasinya pada 1950 silam. Meski sudah berumur lebih dari 60 tahun, namun film Cinderlla masih sering diputar. Bahkan, pada tahun 2015 lalu, Disney memproduksi versi live action-nya. Cinderella mengisahkan tentang seorang gadis jelata yang dapat berubah menjadi cantik karena bantuan seorang peri di malam pesta kerajaan.

Cinderella. Foto: via litreactor.com

Le Chat Botté (Puss in Boots). Meski tergolong dongeng klasik, namun Puss in Boots baru dibuatkan filmnya pada 2011 lalu. Ceritanya tentang seekor kucing dengan sepatu boots-nya. Ia sangat cerdik dan pantang menyerah dalam mendapatkan apa yang diinginkan. Puss in Boots termasuk salah satu film animasi tersukses pada 2011 dengan pendapatan mencapai 555 juta USD di seluruh dunia.

Puss in Boots. Foto: IMDb

La Belle au bois Dormant (The Sleeping Beauty). Seperti halnya Cinderella, The Sleeping Beauty juga termasuk dongeng fenomenal Disney yang berasal dari Charles Perrault. Ceritanya tentang seorang Puteri yang dikutuk tertidur untuk waktu yang lama. Ia dapat terbangun jika Pangeran yang ditakdirkan menciumnya. Disney pertama kali merilis film animasi The Sleeping Beauty pada 1959 silam. Pendapatan yang diperoleh film besutan Clyde Geronimi itu lebih dari 8 kali budget yang dikeluarkan, yaitu mencapai 51,6 juta USD.

Sleeping Beauty. Foto: via disney.wikia.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading