Sukses

Entertainment

Bintang 3 Generasi, Andien Selaraskan Musik, Fashion dan Passion

Fimela.com, Jakarta Dunia entertainment kerap menuntut para pelakunya untuk berkembang serta menyajikan sesuatu yang unik dan baru. Apalagi di era yang serba teknologi ini, panggung konser seakan bukan satu-satunya spotlight bagi para artis, khususnya penyanyi . Hal tersebut sangat disadari oleh Andien Aisyah, solois yang telah berkiprah selama 15 tahun di industri musik. 

***

Perjalanan panjang karier Andien sebagai penyanyi telah menempanya untuk menjadi seorang entertainer yang baik. Dari masa ke masa, wanita kelahiran Jakarta, 30 tahun lalu ini banyak belajar dari para senior dan rekan musisi untuk tetap menegakkan langkahnya di industri hiburan.

Andien semasa kecil banyak sekali mendengarkan lagu-lagu dari penyanyi senior tanah air. Baginya, sosok seperti Bob Tutupoly, Vina Panduwinata dan sejumlah artis senior lain jadi panutan dalam hal konsistensinya menempuh profesi sebagai penyanyi. Dari mereka lah, Andien mulai mengenal bagaimana seni menghibur orang lain lewat aksi panggung, dan ketekunan dalam mengembangkan diri.

Eksklusif Andien Bintang 3 Generasi (Fotografer: Nurwahyunan, Wardrobe: Hian Tjen, Makeup: @slamwiyono, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

"Aku, bisa dibilang sangat mengenal senior-seniorku di bidang tarik suara. Dalam artian mungkin bukan secara personal, tapi aku tumbuh di masa-masa aku mendengarkan lagu-lagu mereka. Berkaca dari perjalanan mereka jadi inspirasiku juga. Dan sedikit banyak karier aku terpengaruh dari orang-orang hebat itu," kata Andien.

Selain belajar dari para senior, Andien juga banyak melihat perubahan di sekitarnya. Tak hanya fokus pada dunia musik yang dicintainya, Andien juga begitu concern dengan fashion. Seni berbusana menurut Andien merupakan hal yang penting, yang mampu mempertegas jati dirinya dari segi penampilan.

Eksklusif Andien Bintang 3 Generasi (Fotografer: Nurwahyunan, Wardrobe: Hian Tjen, Makeup: @slamwiyono, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Sebagai perwakilan generasi muda, Andien ingin menebar inspirasi lewat hal-hal yang ia sukai. Baik dari segi musik, fashion hingga social media, Andien berharap apa yang dipresentasikannya mampu memberi dampak positif di masyarakat.

Sungguh menyenangkan dapat berbincang dengan sosok Andien yang ramah dan hangat. Ia pun merasa bahagia dan antusias kala menjalani pemotretan dan berbagi cerita dengan para penyanyi senior bersama Bintang.com. Berikut ungkapan Andien terkait musik, fashion dan passion kepada reporter Nizar Zulmi, videografer Hasan Mukti Iskandar dan fotografer Nurwahyunan di SCTV Tower Lantai 8, Senayan Jakarta Pusat 18 April lalu.

Inspirasi Musik dan Fashion Andien

Musik telah menjadi jalan yang ditekuni oleh Andien selama 15 tahun terakhir. Sedari kecil, begitu banyak referensi yang ia dengarkan hingga menumbuhkan kedewasaannya dalam bermusik. Andien pun berevolusi sepanjang kariernya dengan berbagai perubahan yang ia rasakan.

Inspirasi Andien tak terbatas hanya dari satu hal tertentu. Tak hanya menimba ilmu tentang musik dari para musisi senior, Andien juga sangat memperhatikan fashion sebagai bagian dari karakternya.

Apa makna musik bagi seorang Andien?

Bagi saya musik adalah bahasa. Di situ saya ingin menyampaikan sesuatu ke masyarakat mengenai apa yang saya pikirkan, apa yang saya rasakan, apa yang saya dengar. Saya ingin menyampaikan suatu message yang perlu disampaikan ke masyarakat.

Eksklusif Andien Bintang 3 Generasi (Fotografer: Nurwahyunan, Wardrobe: Hian Tjen, Makeup: @slamwiyono, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Bagaimana sih awal perjalanan karier Andien di dunia tarik suara?

Menjadi penyanyi adalah impianku dari kecil, udah kepengen banget jadi penyanyi. Dan pada awal mulanya dari album pertama saya masih SMP waktu itu, jadi saya pikir saya mau jadi penyanyi dan ingin menyampaikan message ke masyarakat, dan that's it. Saya nggak mikir nantinya saya akan menjadi seorang performer, karena kan beda tuh nyanyi di album dan perform di atas stage.

Seperti apa evolusi musik Andien dari awal debut hingga kini, apa yang berbeda? 

Seiring tumbuh kembangnya, pada akhirnya saya besar di atas stage juga, terbiasa tidak hanya menghadapi penonton dari stage, tapi juga masyarakat luas yang bebas beropini dan memberikan pendapat. Pada akhirnya saya punya perbedaan yang besar sekali dari album pertama sampai album keenam yang terakhir, yakni message seperti apa yang ingin saya sampaikan ke masyarakat. Semakin ke sini saya semakin ingin memberi manfaat untuk orang banyak, itu yang pertama. Yang kedua semakin ke sini saya semakin ingin bisa memberikan inspirasi kepada orang banyak. Jadi jangan sampe ada sesuatu yang keluar dari mulutku, atau ada karya yang keluar dari aku tapi nggak memberikan manfaat, nggak ada gunanya. Buat aku itu penting banget, dan itu yang pengen aku jaga Insya Allah sampai ke depannya.

Eksklusif Andien Bintang 3 Generasi (Fotografer: Nurwahyunan, Wardrobe: Hian Tjen, Makeup: @slamwiyono, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Andien juga dikenal sebagai penyanyi yang 'melek' fashion, sejauh mana pentingnya hal itu buat Andien?

Buat aku penting banget ya untuk menyeimbangkan audio dan visual. Menyanyi kan audio ya, tapi perlu diimbangi dengan visual yang menarik. Dan penting juga untuk bisa menemukan personal style aku. Jadi aku semakin menemukan jati diri aku seperti apa, sehingga itu yang aku tampilkan keluar. Jadi aku nggak berusaha untuk jadi orang lain. Dan nggak berusaha untuk meniru-niru orang lain juga. 

Sejauh mana pengaruhnya buat karier Andien?

Kenapa aku bilang musik dan fashion itu erat sekali, pertama yang tadi audio dan visual. Yang kedua memang itu saling menginspirasi satu sama lain. Jadi kadang gaya pakaianku bisa terinspriasi dari musik, musik pun bisa terinspirasi dari fashion. Dan itu sangat erat kaitannya. Biasanya fashion yang bagus, musiknya pasti keren juga. Musik yang seperti ini oh fashionnya kaya gini, gitu sih.

Andien Manfaatkan Social Media untuk Eksis Berkarier

Di tengah industri musik yang sedang lesu, tak sedikit penyanyi atau musisi yang mulai mengeluh terkait penjualan. Tapi hal ini tak berlaku bagi Andien. Sebagai entertainer, Andien justru memanfaatkan dunia digital untuk menunjang kariernya.

Selain menjual karyanya secara digital, social media juga membantu Andien untuk lebih dekat dengan fans. Andien menyadari benar bahwa peran socmed sangat signifikan sebagai media untuk mengenalkan karya dan menyebar inspirasi.

Eksklusif Andien Bintang 3 Generasi (Fotografer: Nurwahyunan, Wardrobe: Hian Tjen, Makeup: @slamwiyono, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Di mata Andien, seberapa penting pengaruh social media bagi karier?

Peran social media buat aku itu besar sekali. Kebetulan aku dulu, alhamdulillah-nya kuliah ilmu komunikasi, jurusannya humas. Jadi sedikit banyak ada pelajaran mengenai menjadi publicist yang baik, humas yang baik. Lulus kuliah aku mencoba menerapkannya ke dalam karierku sendiri. Memang eranya kan bergeser nih, dari analog ke digital. Dulu waktu pertama kali rekaman, itu masih pake pita rekamannya. Akhirnya sekarang udah ganti ke digital. Begitu pula dengan medianya, akhirnya semua beralih ke digital, dan aku pribadi sebenernya memang mempelajari kecenderungannya seperti apa.

Era berubah ke digital, apakah banyak memberi dampak positif bagi Andien?

Social media platform itu kan banyak sekali ya sekarang ini, dan dengan pindahnya ke era digital ini ada plus minusnya, banyakan plusnya yang pasti, karena semua orang nggak terbatas umurnya berapa, dari 3 tahun udah bisa main smartphone hingga orang usia 80an masih bisa mengakses informasi apapun, mau sport, musik, fashion dan lain sebagainya. Jadi kaya nggak terbatas pada usia berapapun.

Eksklusif Andien Bintang 3 Generasi (Fotografer: Nurwahyunan, Wardrobe: Hian Tjen, Makeup: @slamwiyono, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Di bagian akhir wawancara kami, Aniden pun mengungkap kebahagiannya bisa bercengkrama dan saling berbagi cerita dengan segenap artis yang datang di acara pemotretan 18 artis Bintang.com.

Bagaimana pesan dan kesan Andien bisa terlibat dalam acara pemotretan hari ini?

Perasaannya seneng banget gitu ya, karena memang lima belas tahun ada di industri musik udah lumayan banyak yang saya lihat, tumbuh dan berkembang bersama orang-orang hebat ini. Kalau bisa dibilang bisa disejajarkan oleh orang-orang hebat yan dateng ikut pemotretan pada hari ini alhamdulillah makasih banget Bintang.com atas apresiasinya karena memang apresiasi kan tidak melulu harus award atau dielu-elukan gitu, tapi dengan aku bisa ketemu, ngobrol hari ini sama Om Bob Tutupoly, Om Slamet Rahardjo semuanya ini udah lebih dari cukup. Bahwa nanti di masa depannya aku bisa bilang ke anak-anakku, 'nih gue kenal nih sama orang-orang ini'.

Lima belas tahun tentu bukan waktu singkat bagi Andien dalam meniti kariernya di bidang musik. Namun ia masih punya banyak hal untuk dicapai ke depannya. Dengan memanfaatkan fashion dan social media sebagai penunjang passion-nya bermusik, Andien akan terus dikenal sebagai penyanyi yang santun dan menyenangkan. Ia juga terus menjaga hubungan baik dengan para seniornya di ranah hiburan, serta dengan para wartawan yang saling mendukung satu sama lain.

What's On Fimela
Loading