Sukses

Entertainment

Film 90-an, Sahrul Gunawan Dikenal Luas Berkat Jin dan Jun

Fimela.com, Jakarta Di era 90-an, nama Sahrul Gunawan ikut meroket bersamaan dengan keberhasilan sinetron Jin dan Jun. Berkat perannya sebagai Jun di sinetron tersebut, nama Sahrul mulai dikenal luas. Pria yang akrab disapa Alul ini mengawali karirnya dari dunia model. Sahrul kemudian merambah ke bidang musik dan akting.

Pria kelahiran Bogor, 23 Mei 1976 ini bukan berasal dari keluarga seniman. Meski begitu bakatnya di bidang hiburan, terutama di bidang tarik suara, sudah terlihat sejak di bangku SMP. Sahrul pernah mengikuti ajang Top Guest Aneka di Jakarta. Walaupun sempat merasa kurang pede, Alul berhasil menjadi juara ketiga di ajang tersebut.

Sahrul Gunawan (Galih W. Satria/bintang.com)

Sahrul sendiri tak lama berkiprah di dunia model. Ia justru mengikuti berbagai lomba menyanyi, termasuk di ajang Asia Bagus. Ia kemudian mulai mendapat tempat di bidang musik dan mendapat kontrak untuk membuat album. Usai merilis album, Alul sempat berduet dengan Lavenia, kakak dari Nicky Tirta, dalam album Mandarin berjudul White Snake Legend versi Indonesia.

Lewat bidang tarik suara, Alul justru dilirik untuk terjun di dunia akting. Penampilan Alul sebagai model klip lagu Nia Paramitha membuatnya mulai banyak menarik perhatian. Sahrul Gunawan langsung menjadi pemeran utama di sinetron komedi Jin dan Jun. Tak bisa dipungkiri, sinetron inilah yang membuat namanya semakin dikenal orang. Bahkan saking suksesnya memerankan tokoh Jun dalam sinetron itu, membuat Sahrul dikenal tidak dengan nama aslinya, tetapi Jun.

Lewat sinetron ini, nama Sahrul masuk ke dalam nominasi Bintang Komedi TV Pria Favorit Panasonic Awards 2000. Tawaran pun mulai banyak berdatangan, termasuk untuk menjadi bintang iklan dan presenter. Sukses dengan Sinetron Jin & Jun, Sahrul justru merasa jenuh dan memutuskan untuk mundur. Perannya kemudian digantikan oleh Didi Riyadi.

Sahrul Gunawan dan pemeran sinetron Jin dan Jun termasuk Misye Arsita. (Instagram @syahrulgunawan_asli)

Sahrul pun mencoba peran yang berbeda lewat sinetron Pernikahan Dini bersama Agnes Monica. Agnes yang sebelumnya dikenal sebagai penyanyi cilik juga sedang mengembangkan bakatnya di bidang akting. Sinetron tersebut ternyata menuai sukses dan mendapat banyak pujian. Hingga kini sudah puluhan judul sinetron diperankan Sahrul, dan dari beberapa aktingnya di sinetron, Sahrul mendapatkan beberapa penghargaan.

Seperti di Sinetron Bukan Cinderella yang ditayangkan di SCTV, Sahrul berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Sinetron Terpuji Festival Film Bandung 2004 serta masuk ke dalam nominasi Aktor Ngetop SCTV Awards 2003 dan 2004. Lalu di sinetron Adam & Hawa, Sahrul berhasil masuk ke dalam nominasi Aktor Sinetron Terpuji Festival Film Bandung 2005.

Sahrul Gunawan (Instagram)

Masyarakat pun lebih mengenalnya sebagai bintang sinetron, ketimbang seorang penyanyi. Meskipun begitu, prestasi Alul di dunia tarik suara juga cukup bagus. Walaupun secara komersil termasuk biasa saja, namun beberapa album Sahrul Gunawan berhasil meraih penghargaan maupun nominasi termasuk di ajang AMI Awards. Suami dari Indriani Hadi ini juga sempat bermain di film layar lebar Gending Sriwijaya (2013).

Beberapa tahun belakangan ini, Sahrul sudah jarang tampil di layar kaca. Ayah dari dua anak ini hanya sesekali muncul sebagai host di program reliji. Maklum saja, Alul lebih fokus mengurusi bisnisnya yaitu travel ibadah Umroh dan Haji. Meski begitu tiap kali melihat Sahrul Gunawan di layar kaca, ingatan banyak pemirsa pasti adalah tokoh Jun di sinetron Jin dan Jun yang begitu populer di era 90-an.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading