Sukses

Entertainment

7 Film Bollywood yang Mengangkat Kehidupan Muslim

Fimela.com, Jakarta Islam menjadi agama mayoritas kedua di India setelah Hindu. Dari total sekitar 1,2 miliar penduduk, warga Muslim di negeri Taj Mahal ini hanya berjumlah 13,49 persen saja. Meski begitu, budaya Islam tetap tak luput dan menarik untuk diangkat di film-film layar lebar Bollywood.

Dari puluhan film Bollywood Islami yang pernah dibuat, berikut Bintang.com rangkumkan tujuh di antaranya. Ketujuh film ini memang tidak semuanya secara gamblang mengisahkan seluk beluk tentang Islam, tapi banyak bercerita tentang kehidupan umat muslim di India serta pentingnya menjaga toleransi beragama di kehidupan sehari-hari.

Chaudhvin Ka Chand. Foto: via bollyviewer.wordpress.com

Chaudhvin Ka Chand (1960). Bersetting kota Lucknow di Utara India membuat film ini sangat kental dengan nuansa Islami. Kisah cinta segitiga menjadi benang merah dari film garapan Mohammed Sadiq tersebut. Aslam dan Nawab yang sudah bersahabat lama itu terjebak cinta pada satu wanita yang sama yaitu Jameela. Film ini menunjukkan bahwa wanita bebas dalam memilih pendamping hidupnya tanpa paksaan sedikit pun.

Film Mughal-E-Azam. Foto: via pinterest.com

Mughal-E-Azam (1960). Film tentang abad ke-16 ini mengangkat kisah tentang seorang penguasa Islam yang kuat bernama Akbar yang mengabdikan seluruh hidupnya untuk rakyat. Bahkan, ia kerap mengabaikan sang anak, Pangeran Salim, hingga mucul konflik di antara keduanya. Mughal-E-Azam juga berkisah tentang hubungan asmara antara Salim dengan penari bernama Anarkali.

Film Nikaah. Foto: Youtube

Nikaah (1982). B. R. Chopra selaku sutradara dan produser ingin menyentil penonton lewat film ini. Bersetting di Hyderabad, Nikaah mengangkat kisah tentang bagaimana hukum Syariah Islam dapat disalahgunakan dan merugikan perempuan muslim di India. Film yang dibintangi Raj Babbar dan Salma Agha itu sukses mendominasi di ajang Filmfare Awards 1982 dengan mengantongi sembilan nominasi sekaligus.

Film Pakeezah. Foto: via swadesh.unnatisilks.com

Pakeezah (1972). Butuh waktu hampir 14 tahun untuk merampungkan film ini lantaran hubungan yang tak harmonis antara Meena Kumari dan sang sutradara. Meena sendiri meninggal tak lama usai film rampung. Pakeezah menceritakan tentang penari Muslim yang memiliki kisah cinta yang dramatis. Film ini menggunakan beberapa dialog bahasa Urdu yang dapat membuat penonton dekat dengan nuansa Islam.

Film Naseem. Foto: via rediff.com

Naseem atau The Morning Breeze (1995). Ketegangan politik antara warga Muslim dan Hindu pada 1992 silam yang menyebabkan hancurnya sebuah masjid tersaji dalam film ini. Kisah sentral pada seorang gadis 15 tahun dengan kakeknya yang sakit-sakitan. Film ini dibintangi oleh Mayuri Kango yang berperan sebagai Naseem, Kaifi Azmi sebagai kakek dari Naseem dan Seema Kelkar sebagai nenek dari Naseem.

Film Jodha Akbar. Foto: via freenewonlinemovies.com

Jodhaa-Akbar (2008). Dibintangi Hrithik Roshan dan Aishwarya Rai, film ini mengangkat kisah tentang Kaisar Akbar yang menikah dalam perbedaan keyakinan dengan istrinya yang beragama Hindu. Bermula dari perkawinan politik, benih cinta pun akhirnya tak terbendung di antara keduanya.

Kareena Kapoor dan Salman Khan di film Bajrangi Bhaijaan. foto: indianexpress

Bajrangi Bhaijaan (2015). Bercerita tentang kisah cinta seorang pria Muslim (Salman Khan) dan wanita Hindu (Kareena Kapoor). Tak hanya kisah cinta pasangan beda agama, film ini juga menampilkan cerita seorang gadis Pakistan yang tersesat di perbatasan Pakistan dan India.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading