Sukses

Lifestyle

Delhi, Menapaki Jejak Islam di Ibu Kota Negeri Hindustan

Fimela.com, Jakarta Kuil Hindu dengan ragam arsitektur dan letak, warna-warni sari perempuan, serta nyanyian berupa puji-pujian, mungkin jadi visual yang memenuhi angan ketika memikirkan India. Meski bernama Hindustan yang berarti tanah orang Hindu, India juga merupakan rumah bagi pemeluk Islam.

Seperti 'plot' Mezquita di mana rezim pun jatuh dan berjaya. Dinamika tersebut akhirnya meninggalkan sejumlah bangunan yang jadi saksi bisu akan sejarah panjang suatu keyakinan, juga bangsa. Bukan di daerah terpencil, Islam bahkan bisa dijumpai tepat di jantung India, yakni New Delhi.

 

 

A photo posted by Aida M (@mazzatulaida) on

Sebagai ibu kota, Delhi merupakan tempat di mana sejumlah jejak Islam 'berbaring'. Mulai dari Qutub Minar yang punya julangan menara elok setinggi 73 meter, lengkap dengan ukiran kaligrafi di sejumlah bagian 'tubuh', hingga Masjid I-Jahan-Numa yang sanggup menampung 25.000 jamaah, semua ada.

Sempat dihiasi konflik agama yang menciptakan garis batas semu, yakni pemeluk Hindu di selatan dan muslim di utara India, 'dinding' itu seperti tak ada di Delhi. Jejak Islam di sini sebagian besar berupa istana megah peninggalan Kaisar Mughal.

Selain dua tempat yang telah disebutkan, kamu pun bisa menemukan tempat bernapas Islam di Humayun’s Tomb, Purana Qila, Lodi Garden, dan Safdarjung‘s Tomb. Sejumlah bangunan yang beberapa di antaranya merupakan situs warisan dunia UNESCO tersebut jadi satu bukti bahwa Islam pun 'menyentuh' tanah Hindu.

 

A photo posted by Vinayak (@vinayak_gans) on

 

 

A photo posted by BR Deѕιño © (@basirramiz) on

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading