Sukses

Entertainment

Penyanyi 90an: Konsistensi Haddad Alwi di Musik Religi

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan biasanya selalu dimanfaatkan para penyanyi untuk merilis lagu atau album religi. Bahkan penyanyi yang tak memiliki latar belakang menyanyi religi pun ikut-ikutan merilis karya religi.

Berbicara mengenai lagu religi tentunya tak bisa dilepaskan dari Haddad Alwi. Sejak lama, penyanyi bernama lengkap Haddad Alwi Assegaf ini sudah fokus untuk bermusik di genre religi dan tak pernah keluar dari genre yang dipilihnya.

Di tahun 1999 Haddad Alwi merilis sebuah abum bertajuk 'Cinta' Rasul' yang menjadi album religi terlaris sepanjang sejarah musik Indonesia. Album yang juga dikenal dengan nama 'Cinta Rasul 1' ini bahkan telah diproduksi ulang dalam berbagai versi dan volume.

Haddad Alwi tak sendiri di album ini, dirinya menggaet penyanyi muda bernama Sulis yang saat itu masih berusia 9 tahun. Bahkan kolaborasi mereka berlanjut hingga album bertajuk 'Cinta Rasul 2' yang dirilis pada tahun 2000.

Haddad Alwi (via Liputan6.com)

Lewat album 'Cinta Rasul 2', Haddad Alwi dan Sulis kembali melejit lewat lagu berjudul 'Ummi'. Lagu tersebut seakan menjadi lagu wajib saat bulan Ramadan tiba.

Karir bermusik Haddad Alwi tak berhenti sampai di situ saja. Dirinya terus berkembang dan merilis karya-karya baru yang bernafaskan Islam.

Di tahun 2005 dirinya masuk label Sony Music dan merilis album berbahasa Arab pertama yang bertajuk 'Dalam Simthud Duror'. Album ini membuka jalan untuk dirinya semakin berkembang dalam bermusik.

Di tahun 2006 dirinya kembali merilis album bertajuk The Way of Love atau yang lebih dikenal dengan 'Jalan Cinta 1'. Di dalam album tersebut terdapat lagu berjudul 'Insan Utama' yang dibawakan bersama Duta Sheila on 7, serta lagu berjudul 'Doaku' dimana dirinya berkolaborasi bersama Fadly Padi.

Setahun berselang Haddad Alwi merilis album bertajuk 'Jalan Cinta 2' dengan menggaet Gita Gutawa untuk berkolaborasi di lagu berjudul 'Salam Ramadhan'. Tak hanya itu, pelantun tembang 'Ummi' ini juga mengajak penyanyi cilik Tasya untuk bernyanyi di lagu berjudul 'Dengar Jeritan Kami'.

Meski baru sukses di akhir tahun 90-an, namun Haddad Alwi masih dianggap sebagai penyanyi religi yang paling tenar di era tersebut. Setidaknya hingga awal 2000-an, rekan duet Sulis ini benar-benar tak memiliki saingan digenre musik religi.

Yuk langsung saja kita nikmati lagu berjudul 'Ummi' dari Haddad Alwi dan Sulis yang menjadi lagu hits di masanya.

Ummi yaa lahnan a'syaqohu
wanasyidan dauman ansyuduhu
 
Fikulli makanin adzkuruhu
wa-azhollu azhollu uroddiduhu
 
Ummi yaa ruuhi wa-hayati
yaa bahjata nafsi wamunaati
Unsi filhadhiri wal-ati... 2x
 
Allohu ta'aala aushoni
fissirri walau fil i'laani
Bilbirri laki wal-ihsaani... 2x
 
Ismuki manquusyun fi qolbi
Hubbuki yahdini fi darbi
wadu'a-i yahfazhuki robbiy... 2x

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading