Sukses

Entertainment

Eksklusif Afgansyah Reza, Gali Perspektif Baru di Album 'Sides'

Fimela.com, Jakarta Lama tak merilis karya baru, penyanyi bersuara emas Afgansyah Reza sedang mempersiapkan karya baru. Sebuah album berjudul 'Sides' siap dirilis bulan depan. Di dalam album ini Afgan mulai menunjukkan kedewasaan dalam bermusik dengan lebih banyak terlibat dalam penulisan lagu hingga produksi.

***

Empat tahun lamanya Afgansyah Reza tak merilis album baru. Akhirnya tahun ini pelantun tembang 'Sadis' ini akan meluncurkan album barunya. Terhitung 2 tahun lamanya rekan duet Raisa di lagu 'Percayalah' ini mempersiapkan album bertajuk 'Sides' yang akan memberikan warna musik yang berbeda daripada album-album sebelumnya.

Di album ini, Afgan ingin menunjukkan sisi yang berbeda dalam sebuah cerita. Dirinya mencoba untuk melihat sebuah kejadian atau cerita dengan sudut pandang lain. Itulah mengapa dirinya memilih 'Sides' sebagai judul album terbarunya karena memiliki filosofi yang unik.

Eksklusif Afgansyah Reza (Photo by Andy Masela, Digital Imaging by Muhammad Iqbal Nurfajri, Jacket by John Varvatos from Rococo Store, Place: Decanter Wine & Food/Bintang.com

"Sebenernya kan musik adalah kehidupan. Yaitu kehidupan yang gue jalani. Sides itu filosofinya adalah bahwa ada banyak sisi dari setiap cerita. Jadi 1 cerita banyak perspektif yang bisa dilihat. Maksud gue dalam hidup banyak sekali perspektif yang bisa digali. Apapun yang dirasakan itu semua bagian dari hidup," ujar Afgan saat ditemui di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan.

Untuk semakin menambah warna musiknya, Afgan juga bekerjasama dengan produser musik asal Inggris yaitu Mark Hill. Mark sendiri adalah seorang produser musik yang pernah bekerja sama dengan penyanyi Craig David dan Ed Sheeran.

Awal mula kerjasama Afgan dan Mark Hill sendiri merupakan impian yang diwujudkan oleh pihak label. Afgan yang memang menyukai musik-musik dari Inggris, akhirnya dipertemukan dengan Mark Hill untuk mengerjakan musik bersama selama seminggu.

Eksklusif Afgansyah Reza (Photo by Andy Masela, Digital Imaging by Muhammad Iqbal Nurfajri, Jacket by John Varvatos from Rococo Store, Place: Decanter Wine & Food/Bintang.com

Selain Mark Hill, Afgan juga bekerjasama dengan musisi lainnya seperti Yura Yunita dan Rayi. Bahkan Afgan juga akan memasukkan lagu berjudul 'Percayalah' hasil kolaborasinya bersama Raisa yang sudah dirilis beberapa waktu lalu.

Sebelum album ini dirilis, Afgan sendiri sudah meluncurkan sebuah single berjudul 'Kunci Hati' Single tersebut juga mendapatkan banyak respon yang positif ketika dibawakan pertama kali dalam konser. Seperti apa album baru Afgan yang kabarnya memberikan warna musik yang berbeda? Yuk simak petikan wawancara Afgansyah Reza bersama Dreses Putranama dan fotografer Andy Masela berikut ini.

1

Afgan bercerita bagaimana album 'Sides' ini dikerjakan mulai 2 tahun lalu. Dirinya juga membocorkan inspirasinya dalam bermusik dan menulis lagu yang dituangkannya di album ini.

Mengenai album baru, mengapa memilih nama 'Sides' sebagai judul album?

Judul albumnya 'Sides', kenapa namanya 'Sides' karena  kan 'sides' itu sisi lain. Gue pengen menunjukkan sisi lain yang gue belum pernah tunjukkan di album sebelumnya.

Apa sih filosofi dari 'Sides' sendiri?

Sebenernya kan musik adalah kehidupan. Yaitu kehidupan yang gue jalani. 'Sides' itu filosofinya adalah bahwa ada banyak sisi dari setiap cerita. Jadi 1 cerita banyak perspektif yang bisa dilihat. Maksud gue dalam hidup banyak sekali perspektif yang bisa digali. Apapun yang dirasakan itu semua bagian dari hidup. Jadi kayak semua cerita yang semua orang mengalami.

Eksklusif Afgansyah Reza (Photo by Andy Masela, Digital Imaging by Muhammad Iqbal Nurfajri, Jacket by John Varvatos from Rococo Store, Place: Decanter Wine & Food/Bintang.com

Apa yang membedakan album ini dengan album sebelumnya?

Di album ini gue mulai nulis sendiir lagunya, mulai terjun langsung ke setiap detailnya. Gue pengen album ini konsepnya kuat dan benang merahnya juga kuat. Album ini punya pesan yang lebih dalam daripada sekedar cinta. Jadi albumnya tentang kehidupan dan memberi semangat. Jadi lebih ke arah pendewasaan dalam bermusik.

Berapa lama proses pembuatan album ini?

Persiapannya sih udah dari 2 tahun yang lalu. Jadi tahun yang lalu sudah mulai nulis. Pengerjaan albumnya cukup lama sih ya karena terakhir kali gue keluarin album sudah 4 tahun lalu, kepotong karena gue sekolah di Malaysia waktu itu. Jadi untuk bener-bener ngerjain album ini sih prosesnya 2 tahun dari mulai nulis lagu.

Musik seperti apa yang menginspirasi terciptanya album ini?

Kalo inspirasi sih, musiknya biasanya dengerin yang lagi gue suka. Bener-bener apa yang sangat nyaman gue nyanyikan. Sebenernya gue kan dari dulu sukanya RnB, jadi album ini kembali ke awal dimana musiknya seperti apa yang gue suka dari dulu. Tapi agak sedikit ngeblues juga sih.

Eksklusif Afgansyah Reza (Photo by Andy Masela, Digital Imaging by Muhammad Iqbal Nurfajri, Jacket by John Varvatos from Rococo Store, Place: Decanter Wine & Food/Bintang.com

Dari mana Afgan mendapat inspirasi menulis lirik lagunya?

Kalo lirik sih mungkin apa yang terjadi atau apa gue rasain, bisa apa temen gue rasaain, habis nonton film juga bisa. Semuanya tergantung mood sih, kalo gue lagi happy pasti gue lagu yang bisa dinikmati orang. Semua di sekeliling gue punya pengaruh untuk musik gue.

Lagu-lagu seperti apa yang ada di album 'Sides' ini?

'Sides' ini gue susun 6 lagu yang bener-bener menggambarkan musik gue sekarang dan 6 lagu lagi sisi gue yang pengen didengar fans, yaitu lagu-lagu yang sedih.

Selama ini Afgan terkenal dengan lagu-lagu ballad yang galau, apakah masih akan mempertahankan itu?

Sebenarnya gue memang suka lagu ballad. Karena lagu itu gak gampang dinyanyikan, gue juga merasa tertantang karena membutuhkan penghayatan yang lebih. Menurut gue keberhasilan penyanyi adalah ketika dia bisa menyampaikan pesan dan membuat yang mendengarkan bisa merasakan makna dari lagu itu. Gue juga merasakan suara gue sangat pas buat nyanyi lagu kayak gitu, jadi gue nggak bakal ninggalin itu.

2

Demi untuk memberikan warna yang berbeda, Afgan sampai mengajak produser musik asal Inggris untuk bekerjasama. Dirinya juga menggaet musisi muda Indonesia untuk terlibat dalam penggarapan album 'Sides' ini.

Kabarnya Afgan mengajak produser dari Inggris untuk mengerjakan album ini?

Benar, namanya Mark Hill, dia produser musik dari UK yang pernah mengerjakan musiknya Craig David sama Ed Sheeran.

Bagaimana ceritanya hingga Mark Hill bisa terlibat di album 'Sides' ini?

Jadi awalnya gue cerita sama label kalo gue suka musik-musik dari UK. Akhirnya mereka riset dan mengontak Mark Hill untuk join di album ini dan dia mau. Dia akhirnya ke Jakarta selama seminggu. Dalam waktu seminggu itu kita berhasil bikin 5 lagu, dan lagu itu masuk di album yang ini.

Jadi apa peran Mark Hill di album 'Sides' ini?

Perannya Mark Hill itu produser. Jadi gue nulis beberapa lagu berdua sama dia di album ini.

Eksklusif Afgansyah Reza (Photo by Andy Masela, Digital Imaging by Muhammad Iqbal Nurfajri, Jacket by John Varvatos from Rococo Store, Place: Decanter Wine & Food/Bintang.com

Kabarnya Afgan sampai merekam musik di album ini hingga ke luar negeri, benarkah?

Musiknya direkamnya di Budapest dan di Praha. Di album ini ada yang musiknya dikerjakan sama Erwin Gutawa dan ngerekamnya di Praha. Kalo 'Kunci Hati' rekamnya di Budapest. Kan sekarang bisa bayar musisi disana, kita kirim partitur not nya buat direkam disana.

Kapan rencananya album ini akan rilis?

Rilisnya mungkin Juli di minggu ke-3 atau ke-4 setelah Lebaran.

Bagaimana ekspektasi Afgan di album ini?

Ekspektasinya sih gue berharap bisa diterima. Soalnya ini album yang bener-bener yang gue bikin dari hati. semuanya sudah gue curahkan di album ini. Gue juga pengen menampilkan sesuatu yang bagus buat musik Indonesia.

Bagaimana harapan Afgan terhadap album ini?

Harapan gue adalah dengan album ini orang-orang yang sudah males beli CD bisa muncul lagi gairah beli CD fisik yang asli. Menurut gue kita harus tetap menghargai album fisik.

Apa Afgan mengajak musisi lain untuk berkolaborasi?

Kolaborasi ada di lagu 'Percayalah' sama Raisa. Terus ada lagi duet sama Yura Yunita dan Rayi di lagu 'Berani Sadari'. Ini lagunya memberi semangat. Agak elektronik, RnB dan agak ngebeat. Kita bikin lagunya bertiga. Gue sendiri yang menghubungi Yura dan Rayi karena gue suka sama musik mereka. Dan mereka excited banget.

Eksklusif Afgansyah Reza (Photo by Andy Masela, Digital Imaging by Muhammad Iqbal Nurfajri, Jacket by John Varvatos from Rococo Store, Place: Decanter Wine & Food/Bintang.com

Apa ada kesulitan bekerja bersama Yura Yunita dan Rayi?

Proses workshopnya mengalir begitu aja sih, sama kayak pas gue ngerjain lagu 'Percayalah' sama Raisa. Bener-bener mengalir, kita sama sekali kayak nggak mikir dan semuanya keluar begitu aja. Tiba-tiba sudah jadi aja lagunya.

Apa rencana Afgan setelah rilis album ini?

Insha Allah kita pengen launching albumnya di 3 negara. Jadi nanti gue pengen bikin konser di 3 negara. Nanti akan ada launching di Jakarta, Malaysia, dan Singapura. Setelah itu sih gue bakal nerusin tur di 5 kota. Dan gue nanti juga pengen ngadain tur di Malaysia. Jadi lumayan sibuk sih.

Itulah tadi petikan wawancara tim Bintang.com bersama Afgansyah Reza. Penyanyi bersuara khas ini sepertinya siap untuk melebarkan sayapnya hingga Malaysia dan Singapura dengan melaunching albumnya di 3 negara. Menurut kalian, apakah Afgan akan sukses dengan album barunya ini? Yuk bagikan pendapat kalian di kolom komentar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading