Sukses

Entertainment

Filmnya Dibajak, Reza Rahadian Pinta Penonton Jaga Sikap

Fimela.com, Jakarta Pemeran Rudy Habibie, Reza Rahadian mengaku sangat kecewa saat mengetahui filmnya yang baru tayang pada 30 Juni 2016 lalu tersebut sudah beredar secara ilegal. Reza pun menyayangkan oknum yang sengaja merekam film karya Hanung Bramantyo tersebut dan kemudian menyebarkannya di dunia maya.

"Ya kecewa sih sebenarnya. Ini jadi peringatan buat kita semua, karena bukan di film Rudy Habibie saja terjadi pembajakan. Apalagi sekarang medianya udah beda, dulu mungkin kita lihat VCD bajakan susah sekali dikontrol," ucap Reza Rahadian dalam diskusi Terkait Maraknya Pembajakan Film Indonesia di gedung MD Tower, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan, (4/7/2016).

Hanung Bramantyo di preskon film Rudy Habibie. (Galih W. Satria/bintang.com)

"Kalau sekarang ada media yang lebih mudah lagi, digital. Semua tinggal rekam, semua orang tinggal streaming, cepat sekali prosesnya. Saya rasa ini harus jadi concern semua stakeholder terutama dari dunia film," sambung Reza.

Meski dianggap sebagai antusiasme penonton saat menyaksikan sebuah film di bioskop, namun Reza menilai aktifitas penonton saat berada di bioskop memang perlu dilakukan pengawasan.

Hanung saat di lokasi syuting di Museum Mandiri, Jakarta Barat, Senin (18/4/2016) menjelaskan bahwa 70 persen syutingnya dilakukan di Indonesia. Tapi dengan set arsitekturnya dirubah ke set German. (Adrian Putra/Bintang.com)

Selain itu, dirinya menganggap perlu adanya informasi bagi masyarakat agar tidak melakukan aktifitas yang terkait proses mengabadikan gambar di dalam bioskop. Kejadian pembajakan tersebut berawal dari mention salah satu akun Twitter ke Hanung Bramantyo yang memberikan sebuah rekaman dari film Rudy Habibie.

Yang mengejutkan, dikatakan Hanung, rekaman tersebut berdurasi sekitar 2 jam, yang artinya sebagian besar jalan cerita film Rudy Habibie yang secara total berdurasi sekitar 150 menit. Hanung Bramantyo dan Reza Rahadian sama-sama sepakat kalau masyarakat diharapkan lebih bijak dalam menggunakan perangkat teknologi seperti ponsel.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading