Sukses

Entertainment

5 Aktor Ini Nyaris Perankan Joker Seperti Jared Leto-Heath Ledger

Fimela.com, Jakarta Salah satu film yang sedang banyak dibicarakan saat ini adalah Suicide Squad. Karakter Joker yang diperankan Jared Leto termasuk yang paling dinanti. Meski menjadi pemuncak box office di Amerika Serikat (AS), Suicide Squad mendapat banyak kritikan.

Film produksi DC tersebut dinilai kurang menarik dan kurang sesuai dengan harapan banyak orang. Namun peran Joker tetap mendapat kredit tersendiri. Akting Leto sebagai Joker juga mendapat banyak pujian. Wajar saja kalau Joker mendapat banyak sorotan.

Beberapa aktor ternama Hollywood pernah sukses memerankan karakter seorang psikopat yang juga musuh utama Batman tersebut. Leto mengikuti jejak Jack Nicholson dan mendiang Heath Ledger, yang sukses memerankan Joker. Bedanya, Ledger dan Nicholson tampil sebagai Joker di film-film Batman.

Jack menjadi Joker di film Batman (1989) sedangkan Heath di film The Dark Knight (2008). Lalu ada Cesar Romero yang berperan sebagai Joker film pertama Batman yang dirilis pada 1966. Selain itu, karakter Joker juga pernah tampil di beberapa film maupun serial televisi dan animasi.

Yang mungkin belum banyak diketahui para penggemar film, ada sejumlah aktor top Hollywood yang nyaris berperan sebagai Joker di film layar lebar Batman. Ada yang mendambakan peran Joker tapi tak pernah mendapat tawaran, dan ada juga yang mendapat tawaran tapi kemudian menolaknya. Siapa saja mereka? Simak daftarnya berikut ini.

Ray Liotta

Ray Liotta. foto: aceshowbiz

Nama Ray Liotta mulai menanjak saat menjadi pemeran utama di film Goodfellas (1990). Di film bertema gangster itu, Liotta bermain bersama Robert De Niro dan Joe Pesci. Meski begitu, aktor yang kerap memerankan tokoh antagonis ini sebenarnya bisa saja dikenal luas setahu sebelumnya.

Ray Liotta mengaku bertemu dengan Tim Burton (sutradara Batman dan Batman Returns) di tahun 1986. Burton menawarkan peran Joker pada Liotta. “Aku menganggap itu bukan peran yang serius. Saat itu aku sedang membangun reputasi sebagai seorang aktor dan aku menolaknya,” kenang Liotta. Belakangan Ray Liotta menyesali keputusannya tersebut. Tentu saja peran Joker akhirnya jatuh pada aktor watak Jack Nicholson.

 

Frank Sinatra

Frank Sinatra

Di era 60-a, Frank Sinatra sudah menjadi artis papan atas baik di bidang musik maupun film. Karakter Sinatra yang keras dan bad boy dinilai pas untuk memerankan Joker untuk film layar lebar perdana Batman di tahun 1966. Frank Sinatra pun tertarik berperan sebagai Joker dan beberapa kali mengungkapkan hal tersebut pada media.

Sayangnya, pihak studio yang juga tertarik sudah terlanjur mengontrak Cesar Romero sebagai Joker. Kalau saja Frank Sinatra mendapat peran tersebut, mungkin saja karakter Joker akan lebih menarik lagi. Uniknya, salah satu lagu milik Sinatra ‘I’ve Got You Under My Skin’ tampil di video game ‘Batman: Arkham Knight’ yang juga menampilkan karakter Joker.

 

Sam Rockwell

Sam Rockwell. foto: scriptshadow.net

Para penyuka film superhero terutama produksi Marvel, mengenal Sam Rockwell sebagai pemeran antagonis di Iron Man 2. Rockwell berperan sebagai Justin Hammer, rival utama Tony Stark/Iron Man (2010) cdalam pembuatan senjata. Namun Rockwell bisa saja dikenal sebagai aktor yang pernah jadi pemeran antagonis di film Marvel maupun DC.

Aktor berusia 47 tahun ini sempat masuk daftar calon pemeran Joker di The Dark Knight (2008). Sayangnya, Sam Rockwell gagal mendapatkan peran Joker. Christopher Nolan akhirnya memilih Heath Ledger sebagai Joker,dan kemudian meraih piala Oscar 2009 sebagai Aktor Pendukung Terbaik.

 

David Bowie

David Bowie terkenal dengan kepiawaiannya memainkan berbagai macam alat musik (via shorefire.com)

Sepertinya halnya Frank Sinatra, David Bowie dikenal sebagai penyanyi sekaligus aktor. Walaupun tak sebanyak Sinatra, Bowie juga beberapa kali bermain film. Karena itu, salah seorang penulis skenario film Batman (1989) sudah membayangkan Bowie sebagai pemeran Joker yang ideal. Alasan utamanya, David Bowie adalah pribadi yang lucu dan menyenangkan meski berperan sebagai orang yang menyebalkan. Hal itu terbukti saat menjadi karakter antagonis di film Labyrinth (1986).

Meski berperan sebagai orang yang kejam dan menyebalkan, penonton tetap terhibur dengan akting Bowie. Sungguh karakter yang sangat sempurna untuk berperan sebagai Joker! Sayangnya, Jack Nicholson juga masuk dalam pertimbangan, dan sulit untuk mencoret nama Nicholson yang sudah sangat teruji kualitas aktingnya.

 

Robin Williams

Robin Williams (via parade.com)

Satu lagi aktor yang sangat pas memerankan karakter Joker, Robin Williams! Ironis bagi Williams, ia adalah seorang penggemar berat komik superhero dan sudah sering mengungkapkan keinginannya berperan sebagai Joker. Sebenarnya Robin Williams mendapat tawaran sebagai Joker di film Batman (1989).

Tapi menurut Williams, pihak Warner Bros hanya ‘memakai’ namanya untuk memancing Jack Nicholson agar menerima peran tersebut. Saat Joker kembali ditampilkan di The Dark Knight, nama Robin Williams kembali dijagokan. Apalagi ia pernah disutradarai Christopher Nolan di film Insomnia. Sayangnya, Nolan tak pernah menghubungi Williams dan peran Joker dimainkan oleh Heath Ledger.

Sampai ia meninggal dunia di tahun 2014, banyak yang menyayangkan Robin Williams tak pernah mendapat kesempatan berperan sebagai Joker. Selain punya kemampuan akting yang mumpuni, Williams adalah komedian yang sangat berkarakter dan mampu berperan sebagai tokoh antagonis yang tetap dicintai penonton.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading