Sukses

Entertainment

Galang Rambu Anarki dan Nama-nama yang Disebut di Lagu Iwan Fals

Fimela.com, Jakarta Bagi Indonesia, sosok Iwan Fals adalah seorang legenda hidup yang dikenal berkat karya-karyanya. Musisi yang satu ini dikenal lantang dalam menyuarakan keresahan yang terjadi di sekitarnya.

Lagu-lagu bernada kritik terhadap pemerintah menjadi salah satu trademark yang dimiliki Iwan Fals. Namun di sisi lain, ia juga seorang seniman yang juga punya sisi lembut bahkan mellow.

Yang unik lagi dari Iwan Fals adalah ia kerap menggunakan nama seseorang di dalam lirik lagunya. Bahkan kadang ia tak jarang memakainya sebagai judul lagu seperti tembang tentang sang putra, Galang Rambu Anarki yang dirilis 1982 silam.

Selain Galang Rambu Anarki, siapa saja nama yang terdapat di lagu-lagu Iwan Fals? Berikut daftarnya.

1. Bento

Iwan Fals 'Bento' (Adrian Putra/Bintang.com)

Lagu ini merupakan salah satu karya Iwan Fals yang paling banyak dikenal. Bento merupakan tokoh fiksi yang digambarkan sebagai orang kaya dan tampan yang mendapat harta dari cara-cara tidak benar.  

2. Oemar Bakri

Oemar Bakri (via oi-cafe blogspot)

Keresahan Iwan Fals terhadap nasib guru di Indonesia ia sampaikan lewat lagu Guru Oemar Bakri. Gaji pendidik yang kecil masih saja dipotong oleh mereka yang berkuasa dan menyalahgunakannya.

3. Hatta

Lagu Hatta bercerita tentang wakil presiden pertama Republik Indonesia, Muhammad Hatta. Terdapat di album Sarjana Muda (1981), Iwan Fals menggambarkan kesedihan saat sang proklamator telah berpulang. Rakyat Indonesia berkabung, begitu pun Iwan Fals.  

4. Yani

Di album Cikal (1991), terdapat sebuah lagu berjudul Untuk Yani. Meski dipilih sebagai judul lagu, nama Yani tak terdapat dalam lirik lagunya. Beberapa sumber menyebut Yani adalah nama seorang aktivis lingkungan hidup dan seniman dari ITB.

5. Cikal

Cikal, putri Iwan Fals (Faisal R Syam/Liputan6.com)

Cikal jadi judul lagu dan album Iwan Fals yang rilis 1991. Spesial, karena Cikal merupakan putri kedua Iwan Fals. Saat ini pemilik nama Anissa Cikal Rambu Basae berperan sebagai tim management sang ayah.

6. BJ Habibie

BJ Habibie (Galih W Satria/Bintang.com)

Nama BJ Habibie juga disebut dalam salah satu lagu Guru Oemar Bakri Iwan Fals. Oemar Bakri disebut Iwan Fals bisa sepintar Habibie, namun sayang jasanya kurang dihargai. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading