Sukses

Entertainment

Galang Rambu Anarki, Bukti Kelembutan Hati Iwan Fals

Fimela.com, Jakarta Iwan Fals adalah salah satu musisi yang dianggap sebagai legenda karena telah menciptakan karya-karya besar. Salah satu lagu yang pernah dia ciptakan adalah Galang Rambu Anarki.

"Galang Rambu Anarki anakku. Lahir awal Januari, menjelang pemilu. Galang Rambu Anarki dengarlah, terompet tahun baru menyambutmu. Galang Rambu Anarki ingatlah tangisan pertamamu ditandai BBM membumbung tinggi," demikian petikan lirik dalam lagu tersebut.

Konser ulang tahun Iwan Fals (Adrian Putra/Bintang.com)

Sebagaimana tergambar jelas dalam liriknya, lagu itu memang didedikasikan untuk sang anak, yang saat itu baru saja dilahirkan. Di tengah berbagai masalah sosial yang muncul saat itu, Iwan mencoba memberikan pengertian pada anaknya agar menjadi sosok yang kuat.

Ungkapan kasih sayang Iwan pada Galang pun tersirat pada lirik berikutnya yang berisi permintaan maaf karena tidak mampu memberikan yang terbaik pada anaknya. Walau hal itu sangat bertentangan dengan nurani Iwan, namun kondisi sulit membuatnya harus menyerah.

Galang Rambu Anarki (Bintang Pictures)

Tak hanya bicara soal kasih sayang pada Galang Rambu Anarki, lagu ini memang mewakili suara banyak orang saat itu. Ketidakstabilan ekonomi telah membuat banyak kesusahan untuk rakyat Indonesia.

Galang Rambu Anarki sendiri akhirnya tumbuh menjadi sosok pecinta musik seperti Iwan Fals. Sempat berkarir di dunia tersebut, akhirnya dia meninggal dunia pada 25 April 1997.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading