Sukses

Entertainment

5 Film Indonesia Terbaik Tahun 2016

Fimela.com, Jakarta Festival Film Indonesia (FFI) 2016 sudah mengumumkan nominator untuk 21 kategori yang ada. Malam puncak FFI 2016 akan dihelat pada 6 November mendatang bertempat di Gedung Teater Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat dan direncanakan disiarkan secara langsung di televisi nasional.

FFI bisa menjadi satu ajang paling bergensi bagi insan film Indonesia. Piala Citra adalah penghargaan yang menjadi lambang keberhasilan sineas Indonesia. Tak heran jika sineas cukup bangga ketika masuk nominator. Berikut Bintang.com ulaskan 5 film Indonesia terbaik 2016 yang masuk nominasi film terbaik.

Laudya Cynthia Bella di lokasi syuting film Aisyah Biarkan Kami Bersaudara. Foto: Instagram (@hamdhanikoestoro)

1. Aisyah, Biarkan Kami Bersaudara
Film Aisyah Biarkan Kami Bersaudara bercerita tentang balada seorang guru bernama Aisyah. Gadis asal Jawa Barat ini terpaksa meninggalkan orang yang dicintainya, karena harus mengajar di sebuah sekolah dasar di desa pedalaman Atambua, Nusa Tenggara Timur. Banyak tantangan yang harus dia hadapi. Selain kondisi cuaca yang amat ekstrem panasnya, muncul pula masalah karena banyak perbedaan yang harus dihadapi. Belum lagi sang ibu yang tidak merestui atas keputusan yang diambil Aisyah.

Disutradarai oleh Herwin Novianto (Jagat X Code, Tanah Surga…Katanya), Aisyah menuturkan kisah perjuangan anak manusia yang mengharukan. Skenario apik yang ditulis oleh Jujur Prananto ini mengajak penonton menyaksikan kelembutan dan ketegaran Aisyah dalam mengatasi setiap cobaan yang datang. Di sini penonton akan melihat kondisi keseharian masyarakat yang hidup dalam kondisi cuaca panas dan kering di kawasan Indonesia Timur.

2. Athirah
Film Athirah diadaptasi dari novel karya Alberthiene Endah yang terinspirasi dari kisah Wakil Presiden Repubik Indonesia Jusuf Kalla. Peran ibu dalam hidup seseorang memang sangat besar. Termasuk bagi Wakil Presiden Repubik Indonesia Jusuf Kalla.

Film ini akan memperlihatkan bagaimana Athirah dengan tegar menghadapi berbagai permasalahan yang ada, dengan tetap mengambil peran sebagai seorang ibu. Cut Mini dipilih Riri Riza untuk memerankan sosok Athirah.

3. Rudy Habibie
Rumah produksi MD Pictures kembali menyuguhkan film bertema biopik. Setelah sukses dengan Habibie & Ainun, kini giliran film berjudul Rudy Habibie yang mengisahkan sosok BJ Habibie muda diangkat ke layar lebar.

Menjadi tokoh inspirator, banyak orang orang yang penasaran dengan kisah perjuangan Habibie dalam menggapai mimpinya. Apalagi, ia tak hanya dikenal di Indonesia saja tapi juga di Jerman. Kecerdasan Habibie telah mampu membuatnya menjadi orang yang disegani bahkan sempat menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia yang ke-3.

4. Salawaku
Sawalaku menceritakan tentang dua orang bersaudara yatim piatu Binaiya dan Sawalaku. Kakak perempuan Sawalaku menghilang sehingga membuatnya gelisah. Ia ingin mencari kakaknya.

Sawalaku mendapat kabar bahwa Biaiya ada di Piru. Dia ingin menyusulnya ditemani oleh Saras (Karina Salim). Perjalanan dua manusia yaitu Salawaku dan Saras berbeda usia, berbeda kepentingan dan berbeda sifat dimulai. Hingga muncul Kawanua, kakak angkat Salawaku yang menyusul Salawaku.

5. Surat dari Praha
Surat Ismail Awards 2016 mengisahkan Kemala Dahayu Larasati atau biasa disebut Laras (Julie Estelle) adalah anak tunggal dari Sulastri (Widyawati). Sebelum meninggal, Sulastri menitipkan sebuah kotak dan sepucuk surat untuk diantarkan ke Praha. Di sana, Laras harus bertemu dengan sosok yang belum pernah dikenalnya, Jaya (Tio Pakusadewo).

Sesampainya di kota Republik Ceko itu, Laras langsung menandangi apartemen Jaya yang sederhana. Di sana, ia memaksa Jaya untuk menerima kotak yang diwasiatkan ibunya dan menandatangani surat bukti notaris. Namun, Jaya justru menolak mentah-mentah dan mengusir Laras. Dari 5 film di atas, mana jagoan Anda untuk menang di FFI 2016? 

 

What's On Fimela
Loading