Sukses

Entertainment

6 Film yang Menghadirkan Sosok Inspiratif untuk Hari Guru

Fimela.com, Jakarta Salah satu fungsi film adalah memberikan inspirasi bagi penontonnya. Kisah dan karakter yang ditampilkan di film sering menggugah semangat penonton. Di Hari Guru, 25 November, Bintang.com rangkumkan 6 film yang menghadirkan sosok gurur inspiratif. 

1. Laskar Pelangi
Diangkat dari novel laris karya Andrea Hirata, film ini berkisah tentang anak-anak yang memiliki semangat belajar tinggi di desa pesisir Gantong, Belitong. Sekolah tempat mereka mengenyam pendidikan sangat lah mengenaskan. Selain nyaris roboh, jumlah siswa di sekolah ini juga sangat sedikit.

Namun, hal itu tak sama sekali menghalangi Ikal dkk untu mengejar cita-citanya. Tanpa seragam formal, mereka berusaha menyetarakan diri dengan siswa-siswa lainnya di Belitong. Bu guru Muslimah adalah guru yang berjuang untuk tetap mendampingi anak-anak belajar.

2. Sekola Rimba
Setelah Laskar Pelangi, Riri Riza kembali menggarap sebuah film bertemakan pendidikan. Dibintangi Prisia Nasution, film ini menceritakan tentang perjuangan Butet Manurung dalam mengajarkan baca dan tulis kepada anak-anak masyarakat Suku Anak Dalam, yang dikenal sebagai Orang Rimba, yang tinggal di hulu sungai Makekal di hutan bukit Duabelas, Jambi.

Di tengah usahanya tersebut, Butet harus dihadapkan pada sebuah mitos yang membelenggu salah satu anak didiknya, Bungo. Bahwa, belajar baca tulis bisa membawa malapetaka bagi mereka. Film Sokola Rimba dibintangi oleh anak-anak Suku Anak Dalam langsung.

3. Guru Bangsa : Tjokroaminoto
Oemar Said Tjokroaminoto (Tjokro) yang lahir dari kaum bangsawan Jawa dengan latar belakang keislaman yang kuat. Ia merupakan pendiri dari organisasi Serekat Islam yang memperjuangkan hak-hak masyarakat bumiputera. Kecerdikkan yang dimiliki Tjokro rupanya sangat mengancam pemerintah Hindia Belanda saat itu.

Tjokro membangun sebuah rumah yang dijadikannya tempat untuk bertemu dengan tokoh-tokoh bangsa dan tempat belajar bagi murid-murid muda. Nantinya, mereka akan meneruskan cita-cita Tjokro untuk membentuk bangsa bermartabat, terdidik, dan sejahtera. Salah satu muridnya di Peneleh adalah sang proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno.

4. Aisyah Biarkan Kami Bersaudara
Adalah Aisyah, gadis asal tanah Jawa yang memiliki semangat tinggi dalam mengajarkan anak-anak di Atambua, Nusa Tenggara Timur. Konflik muncul ketika keberadaan Aisyah yang Muslim menuai pertentangan dari penduduk yang umumnya beragama Katolik. Semangat pruralisme yang dicetuskan oleh Gus Dur telah menjadi titik awal pembuatan film yang diangkat dari kisah nyata tersebut.

5. Sang Pencerah
Kisah nyata pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan (diperankan Lukman Sardi) terangkum dalam film Sang Pencerah. Film arahan Hanung Bramantyo ini sangat kental dengan nilai toleransi beragama. Atmosfer era 1800-an pun sangat terasa dalam film yang rilis pada 2010 ini.

Meskipun masih jauh dari era kemerdekaan, namun semangat perjuangan lepas dari penjajahan di film ini sangat kental terasa. Ahmad Dahlan berjuang memajukan pendidikan pribumi dengan menjadi guru. Meskipun banyak ditentang karena memberikan pendidikan bahasa Belanda, Ahmad Dahlan bersikukuh pendidikan harus dilakukan dengan pikiran terbuka.

6. Dead Poet Society
Sedikit melenceng dari film Indonesia, ini adalah film favorit penulis sepanjang masa. Salah-satu film Robin Williams yang terbaik dan paling dikenang. Di sini dia berperan sebagai John Keating, seorang pengajar Sastra Inggris yang memberi warna di Akademi Welton. Sebagaimana yang digambarkan, tempat pendidikan tersebut sangat disiplin dan menerapkan sistem yang ortodok atau begitu ‘kolot’.

Berbeda dengan guru-guru yang mengajar pada umumnya, Mr. Keating mengajar muridnya dengan metode yang lebih ekspresif. Mr. Keating lebih mengarahkan muridnya untuk berfikir mandiri dan kreatif. Film ini juga berhasil membawa puisi sebagai sarana yang menarik untuk menuangkan inspirasi dan kreasi yang menarik perhatian penonton.

Para siswa sangat menyukai dan menuruti ajarannya. Mereka bahkan mengetahui kalau Keating adalah mantan murid Akademi Welton, sekaligus anggota dari komunitas “Dead Poets Society”. Karenanya, sekelompok siswa tersebut berusaha menghidupkan kembali komunitas itu. Namun masalah demi masalah muncul dan memuncak sampai ada siswa yang bunuh diri dan Keating dipecat. Mungkin dari lima film ini, kamu bisa temukan sosok guru favoritmu. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading