Sukses

Entertainment

Mengenal Si Unyil, Tokoh Buatan Suyadi yang Dicintai Indonesia

Fimela.com, Jakarta Untuk kamu yang senang bermain boneka sedari kecil tentu nggak asing dengan nama Si Unyil. Yup, unyil adalah sebuah boneka yang dibuat oleh almarhum Drs Suyadi yang sangat dicintai oleh anak Indonesia. Hingga saat ini, banyak sekali seniman yang 'menghidupkan' tokoh si Unyil.

Pertama kali mengudara, Si Unyil hadir setiap hari Minggu pagi di TVRI. Hal tersebut terus berlanjut dari 5 April1981 hingga tahun 1993. Setelah itu Unyil pun memulai langkahnya di berbagai stasiun televisi swasta di Indonesia. Kini Si Unyil hadir dengan nuansa lebih modern dalam program Laptop Si Unyil.

Karakter dalam program Si Unyil. Foto: via galerikartun.wordpress.com

Nama tokoh utama ini bisa dibilang unik dan lucu. Tak sulit diingat, nama Unyil sendiri hadir dari kata 'mungil' yang berarti kecil. Tokoh-tokoh yang ada di dalamnya pun dikenal baik oleh masyarakat seperti Pak Raden dan juga Pak Ogah.

Pak Raden sendiri miliki karakter Jawa yang sangat kental. Dengan kumis tebal, beskap dan blangkon membuat ciri tokoh ini sangat mudah diingat oleh masyarakat. Apalagi sifatnya yang sehinga membuatnya seringkali ribut dengan Pak Ogah.

Boneka Si Unyil yang sempat sangat terkenal pada tahun 1990-an akan dibuat dengan format 3 dimensi.

Dengan kepala gundulnya, dahulu kalimat yang membuat masyarakat terngiang-ngiang adalah "Ogah aahh.." serta "Cepek dulu doong". Selain Pak Raden dan Pak Ogah, tokoh lain yang juga terkenal adalah Ucit dan Usro. Mereka adalah teman baik Unyil. Kinoy yang merupakan adik Unyil dan Meilani, tokoh Tionghoa yang digambarkan sebagai asimilasi dalam masyrakat Indonesia. Tokoh buatan Suyadi tersebut memang sudah akrab dengan masyarakat Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading