Sukses

Entertainment

Editor Says: Bahasa Gaul Akun Gosip di Instagram

Fimela.com, Jakarta Belakangan tengah marak bermunculan akun gosip di instagram. Seperti sebuah media, akun-akun tersebut membeberkan gosip-gosip yang belum diketahui masyarakat dari sumber-sumber yang ditutupi. Meski sering disebut sebagai akun instagram 'gak jelas' karena pengelolanya tidak pernah muncul, namun respons netizen sangat bagus.

Buktinya, salah satu akun gosip di instagram tersebut sudah memiliki followers hingga jutaan. Sementara yang lainnya menyusul di angka ratusan dan puluhan ribu. Beberapa diantaranya yang familiar bagi netizen adalah @lambe_turah, @lambenyinyir dan @thereal_jenk_keliin.

Hubungan asmara Hamish Daud dan Raisa kerap dibahas di akun gosip Lambe Turah. (Instagram @lambe_turah)

Tidak hanya gosip di dunia hiburan yang dibahas, belakangan akun-akun tersebut juga memposting hal yang menjadi trending topik, seperti misalnya Om Telolet Om, hingga memberikan semangat kepada Timnas Indonesia saat berlaga di piala AFF kemarin. Bahkan saat ini, tidak jarang, akun-akun gosip tersebut menjadi penyebar orang-orang yang tengah membutuhkan bantuan.

Salah satu yang menarik dibahas, akun-akun gosip tersebut memiliki bahasa gosip yang terkadang membuat pembaca tersenyum. Tanpa disadari, bahasa-bahasa tersebut telah menghipnotis netizen untuk menggunakan bahasa yang sama, di kolom komentar.

Hamish Daud dan Raisa, kerap menjadi bahan postingan akun gosip Lambe Turah. (Instagram @lambe_turah)

Sejumlah artis kerap merasa 'deg-degan' jika berita atau gosip tentang diri mereka masuk dibahas dalam akun gosip tersebut. Bahkan sampai banyak yang bertanya, darimana admin akun gosip tersebut mendapatkan berita?

Bintang.com pernah mewawancarai salah satu admin akun gosip Jenk Kelin. Diperoleh penjelasan, berita atau gosip datang dari netizen lainnya. Sebab, mereka tidak memiliki staf atau anggota yang ada di lapangan. Toh pada dasarnya, admin akun gosip tersebut kebanyakan hanya mengendalikan postingan melalui telepon selular.

Dari Minceu Hingga Japok

Hampir semua admin akun gosip tersebut disebut dengan minceu. Diketahui, minceu adalah gabungan dari admin dan ceu yang dalam bahasa Sunda 'Ceu' berarti sebutan untuk sosok seorang perempuan. Sebutan Minceu cukup renyah dan terdengar catchy.

Sejumlah kata populer lainnya yakni Babang. Ini merupakan sebutan untuk panggilan subyek berjenis kelamin laki-laki. Sementara kata lain dari artis adalah Ertong. Untuk fans atau penggemar sering disebut bala-bala.

Sejumlah bukti kedekatan dan analisa hubungan Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting kerap dibahas akun gosip Jenk Kelin. (Instagram @thereal_jenk_kelin)

Dalam kamus di akun gosip juga sering disebut kata Ubul. Ubul ini merupakan kependekan dari ulat bulu. Karena sifat ulat bulu yang suka membuat gatal, karena itu Ubul sering disebutkan bagi perempun yang suka menggoda suami atau pacar orang lain. Untuk perebut suami atau pasangan orang lain, juga sering disebut Palakor. Kata tersebut merupakan kependekan dari perebut laki orang.

Sebelumnya, palakor itu disebut Valakor, asal dari Valak, hantu menyeramkan di sebuah film horor. Kata Sekuter sering disebut sebagai selebriti kurang terkenal. Ini biasa disebut kepada artis-artis yang kerap menuai sensasi namun sebenarnya mereka jarang muncul di televisi.

Gosip hubungan Ayu Ting Ting dan Raffi Ahmad kerap dibahas di akun gosip. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Selain sebutan yang bersifat umum, juga ada kata-kata yang dispesifikasikan untuk artis-artis tertentu. Sebut saja Japok, kependekan dari janda Depok. Sebutan Japok biasanya dialamatkan kepada Ayu Ting Ting. Ayu, diketahui berstatus janda yang berasal dari Depok. Sementara itu sebutan Mamat, dikhususkan untuk Raffi Ahmad. Belakangan, akun gosip di instagram, kerap membahas gosip hubungan Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting.

Sebutan Inces, dialamatkan untuk Syahrini. Syahrini memang kerap disebut Princess. Sebenarnya masih banyak lagi kata-kata khas dari akun gosip yang beredar di dunia maya. Sepertinya kata-kata tersebut cukup renyah untuk disebutkan dan semakin membuat gossipers bersemangat untuk ber-hosip ria. Mungkin, suatu saat, akan diterbitkan kamus bahasa gosip ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading