Sukses

Entertainment

Editor Says: Jujur Itu Nggak Dosa

Fimela.com, Jakarta Kejujuran merupakan salah satu sikap yang penting di kehidupan sehari-hari. Menurut KBBI, jujur adalah lurus hati, tidak berbohong, tidak curang, dan mengikuti aturan.

Sebenarnya sikap jujur penting dalam membina hubungan dengan orang lain, keluarga, dan bahkan membina sebuah usaha. Akan tetapi perlahan-lahan sikap ini mulai luntur.

Ilustrasi sikap jujur. (via widiyanto.com)

Banyak kejadian penipuan, skandal, kecurangan yang dilakukan oleh rekan bisnis. Tentu saja hal ini membuat orang semakin tidak percaya dengan orang lain.

Bisa dibilang jujur itu merupakan sebuah sikap yang sederhana tapi sangat penting. Sekali seseorang berbuat tidak jujur, maka reputasi yang dibangunnya bertahun-tahun bisa hancur begitu saja.

Ilustrasi sikap jujur. (via comejourney.org)

Jujur adalah kunci kepercayaan. Ketika Anda bersikap jujur, Anda akan memberikan jiwa dan hati untuk hal tersebut. Tanpa disadari, hal ini akan meningkatkan ikatan Anda dengan orang-orang di sekitar.

Hal ini juga akan dirasakan oleh orang lain yang mengenal Anda. Mereka akan melihat kejujuran Anda dan mulai perlahan akan memulai percaya Anda. Seiring dengan proses, mereka akan mempercayai apa yang Anda katakan, perbuat adalah benar dan tulus.

Pentingnya Kejujuran

Saat Anda mulai mendapatkan kepercayaan dari orang lain, Anda akan menciptakan image yang baik tentang diri Anda. Untuk membangun sebuah karakter dibutuhkan waktu yang tak sebentar.

Setiap peristiwa di kehidupan Anda merupakan sebuah proses membangun karakter. Jika Anda berbuat jujur dalam setiap proses itu, orang akan menganggap Anda sebagai orang yang mempunyai nilai-nilai yang tinggi.

Ilustrasi sikap jujur. (via pinimg.com)

Secara tidak langsung, orang lain akan menghargai Anda. Dan mereka akan menaruh rasa hormat dengan sikap Anda. Disadari atau tidak, sikap jujur memberikan rasa 'damai'.

Tidak jujur akan menimbulkan rasa bersalah yang menghantui hidup Anda. Kejujuran merupakan pilihan terbaik karena akan membuat hidup Anda bebas dari rasa khawatir.

Ilustrasi sikap jujur. (via evoscience.com)

Walaupun di jaman sekarang ini jarang ada orang yang jujur, akan tetapi sebagian orang tetap yang memegang sikap ini. Akhir kata, semoga Anda lebih bijak dalam menentukan setiap keputusan dalam menghadapi cobaann dalam hidup ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading