Sukses

Entertainment

Editor Says: Hidup Itu Penuh Perjuangan

Fimela.com, Jakarta Kerap kali kita sering terlena dengan keberhasilan orang lain tanpa melihat kerasnya perjuangan yang mereka lakukan. Jika kita melihat di balik kesuksesan mereka, kita akan menemukan sebuah perjuangan keras untuk mencapai kesuksesan itu.

Sebagai contoh, mungkin kita bisa melihat kehidupan selebriti atau pengusaha yang hidup dalam berbagai kemewahan tapi kita tak pernah lihat bagaimana proses mereka sampai menuju sukses.

Ilustrasi permasalahan dalam hidup.

Mungkin kita sering mendengar 'Life is a struggle', artinya dalam hal hidup ini harus ada usaha dan kerja keras untuk bisa maju. Jika ada orang yang tak semangat untuk maju, bisa dipastikan orang tersebut akan jalan di tempat seumur hidup.

Kita sendiri tidak bisa menyalahkan keadaan atau orang lain. Jika ingin sukses, harus ada sebuah perjuangan. Akan tetapi tak mudah berjuang dalam kerasnya hidup ini.

Semua masalah itu baik, tergantung dari sisi mana kita melihatnya.

Hanya beberapa orang saja yang sukses dan mencapai cita-citanya. Sementara yang lain hanya mengikuti alur kehidupan seperti air mengalir, mereka hanya mengikuti kemana air itu pergi.

Oleh karena itu, mulai hari ini tetapkan tujuan hidup dan target. Setiap pekerjaan pasti ada sebuah titik dimana kita merasa jenuh dan tak semangat lagi. Alhasil kita malah mengerjakan hal lain yang tak ada hubungannya dengan target-target hidup.

Belajar dari Ikan Salmon

Ikan salmon merpakan ikan yang lahir di air tawar akan tetapi hidup di laut. Saat beranjak dewasa, ikan salmon akan kembali ke air tawar untuk berkembang biak.

Ikan salmon butuh perjuangan yang keras hanya untuk berkembang biak. Mereka  harus berjuang berenang dari laut ke sungari. Selain itu, mereka juga harus melawa arus sungai.

Ilustrasi ikan salmon. (worldwildlife.org)

Selain untuk berkembang biak, ikan salmon juga menjadi sumber makanan bagi banyak makhluk hidup di darat sehingga terjadi keseimbangan alam.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari ikan salmon. Mereka harus berjuang melakukan perjalanan untuk berkembang biak, walaupun mereka tahu jika setelah bertelur, mereka akan mati karena kelelahan.

Selain mengajarkan kegigihan dalam berjuang, ikan salmon juga mengajarkan kita tentang pentingnya pengorbanan. Bayangkan jika ikan salmon malas untuk berkembang biak karena harus menempuh perjalanan yang jauh?

Salmon dikenal sebagai ikan yang mengandung banyak gizi.

Mungkin ikan salmon akan menjadi punah, selain itu keseimbangan alam juga akan menjadi terganggu. Kebanyakan manusia sekarang lebih memilih untuk mementingkan diri sendiri daripada kepentingan orang lain.

Kehidupan itu hanya bukan dipenuhi dengan ambisi dan kepentingan diri kita sendiri. Menurut saya, hidup akan lebih nikmat jika hiidup kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Saya percaya jika kita semua diciptakan bukan karena kebetulan, tetapi Tuhan punya rencana khusus bagi kita.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading