Sukses

Entertainment

Seperti Awkarin, Musisi Tenar Ini Tak Bisa Nyanyi Tanpa Auto-tune

Fimela.com, Jakarta Sejak Awkarin muncul dengan single-singlenya, berbagai macam reaksi muncul di dunia maya. Karya yang dibawakan Awkarin seolah menjadi bulan-bulanan karena dianggap jauh dari standard kualitas.

Secara keseluruhan, salah satu yang jadi sorotan dari musikalitas Awkarin adalah penggunaan auto-tune dalam lagunya. Auto-tune sendiri adalah sebuah program yang membantu memperbaiki kesalahan vokal dalam proses rekaman.

Awkarin sendiri tampaknya justru menjadikan auto-tune sebagai salah satu ciri khasnya dalam bermusik. Namun tenang, ternyata dia bukan satu-satunya musisi yang menggunakan program ini secara kontinu. Ada sejumlah selebriti ternama yang ternyata menggunakan bantuan auto-tune sepanjang karirnya. Siapa saja?

‌Britney Spears

Britney Spears (Pinterest)

Nama besar penyanyi wanita yang satu ini memang tak perlu diragukan lagi. Namun walaupun berhasil mencetak hits dengan lagu-lagu yang fenomenal, nyatanya publik menudingnya tidak bisa menyanyi. Hal ini terlihat dari penampilan live Britney yang kerap kurang sempurna.

‌Avril Lavigne

Avril Lavigne. (AFP/Bintang.com)

Di tengah ketatnya persaingan di dunia musik, berdarah Kanada ini berhasil survive hingga saat ini. Lagu-lagunya selalu bisa diterima dengan baik oleh publik. Sayangnya, selama ini musik yang kalian dengar sebagian besar bukan murni suara Avril, melainkan sudah terkena sentuhan auto-tune.

‌Kanye West

Kanye West (AFP/Bintang.com)

Kanye West adalah salah satu musisi yang menjadikan auto-tune sebagai ciri khas dalam musiknya. Aransemen musiknya memang cukup rumit dan hampir tidak mungkin dinyanyikan tanpa bantuan auto-tune.

‌Jennifer Lopez

Jennifer Lopez (AFP/Bintang.com)

Walau namanya dikenal secara global, namun musikalitasnya telah menjadi sorotan sejak awal. Karakter suara dan kemampuannya menguasai nada dianggap di bawah rata-rata. Walau memiliki banyak lagu hits, namun dia tetap dianggap kurang bisa menyanyi.

Kesha

Kesha (AFP/Bintang.com)

Penyanyi wanita fenomenal ini banyak disorot bukan karena karyanya, melainkan lebih karena kontroversi yang seolah tak pernah lepas dari hidupnya? Bagaimana dengan musik? Well, setidaknya auto-tune telah membuatnya terlihat lebih baik.

Itulah beberapa penyanyi idola yang ternyata menggunakan bantuan program untuk menunjang penampilan musik mereka. Namun apapun yang dilakukan oleh Awkarin dan artis lainnya tentunya semata demi mengekspresikan diri dan menyuguhkan yang terbaik pada publik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading