Sukses

Entertainment

Cerita Cinta, Reza Bukan - Verena Visca Purnamasari

Fimela.com, Jakarta Seorang wanita cantik datang ditemani seorang wanita paruh baya ke Komedi Cafe di kawasan SCBD, Gatot Subroto, Jakarta Pusat, di suatu hari pada 2003. Perempuan itu adalah Verena Visca Purnamasari dan ibundanya. Reza Bukan yang bekerja di tempat itu menyambutnya dengan hangat.

Pertemuan itu sangat berkesan bagi Reza dan Visca. Dari pertemuan itu hubungan mereka makin akrab. Visca pun makin sering datang ke tempat Reza bekerja sambil meniti karier di dunia hiburan. Kecocokan satu sama lain yang membuat mereka kemudian pacaran dan Reza meminang Visca pada 14 Mei 2003.

"Selama pacaran kami nggak mengenal malam mingguan. Karena saat itu saya juga sedang meniti karier di dunia entertainmen. Waktu lebih banyak saya habiskan di lokasi syuting," ungkap lelaki kelahiran 26 November 1980 itu saat berbincang dengan Bintang.com, Kamis (27/4/2017) sore.

Dari tempat ia bekerja, Reza berusaha untuk menjadi seorang artis. Ia mengawali karier sebagai MC dari satu tempat ke tempat lain, hingga akhirnya ia berhasil dikontrak di sebuah stasiun televisi untuk menjadi host. Dari sana Reza mencoba peruntungan di dunia film, salah satunya membintangi film Rindu Kami Padamu arahan sutradara kondang, Garin Nugroho.

Reza Bukan dan Verena Visca Purnamasari (Dok. Keluarga)

"Kalau saya syuting, dia datang ke lokasi syuting. Dia datang untuk menemani saya. Jadi, enggak ada istilah malam mingguan bagi kami," tutur pemilik nama asli Deron Eka itu.

Reza mengungkapkan saat itu prioritasnya karier. Hal itu dilakukan agar saat usianya 45, ia tinggal memetik hasil dari jerih payahnya selama ini. "Saya ingin santai. Saat usia sudah 45 saya bisa menikmati hasil pekerjaan saya bersama istri dan anak-anak," kata Reza Bukan, kemudian tergelak.

Menikah Saat Lebaran

Di mata Reza Bukan, Visca sosok penyeimbang dalam hidupnya.  Reza mengibaratkan dirinya dan Visca seperti konsep filosofi Tionghoa, Yin dan Yang. Mereka saling membangun satu sama lain. Mereka saling melengkapi dalam kekurangan dan kelebihan masing-masing. Mereka akhirnya mengakhiri masa pacaran ke jenjang pernikahan.

"Kami akhirnya memilih untuk menikah, karena masa pacaran kami juga sudah lama, sekitar enam tahun.  Hal lain, kalau ngejar materi terus, sampai kapan?  Saya  dan dia kemudian sepakat untuk menikah," ujar  lelaki yang pernah menjadi presenter 'Inbox' dan 'Hip Hip Hura' di SCTV itu.

Reza Bukan dan Verena Visca Purnamasari (Dok. Keluarga)

Reza dan Visca menikah di Gereja Katedral di Jakarta Pusat pada 20 September 2009. Hari itu bertepatan dengan umat Islam merayakan Lebaran hari pertama.  Saat itu banyak masyarakat yang melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, sedangkan Reza menuju ke Gereja Katedral yang lokasinya berdekatan. 

"Suasananya rame banget, banyak kendaraan yang parkir. Namun, sekitar 15 menit kemudian jalanan kosong. Semuanya berjalan lancar," kata lelaki yang pernah main dalam film Dealova itu.

Indro Warkop dan Farid Aja saat menjadi MC dalam resepsi pernikahan Reza Bukan dan Verena Visca Purnamasari (Dok. Keluarga)

Lelaki bertubuh gemuk itu sempat berkonsultasi dengan Indro Warkop, sebelum acara pernikahannya digelar. Karena bertepatan dengan hari pertama Lebaran, khawatir dibilang tak menghormati.  Indro berusaha menguatkan Reza agar pernikahannya tetap berjalan, meski saat Lebaran.

Reza Bukan dan Verena Visca Purnamasari (Dok. Keluarga)

Usai acara pemberkatan, Reza dan Verena menggelar resepsi pernikahan di sebuah hotel mewah yang tak terlalu jauh dari Katedral. Saat itu Indro Warkop menjadi pembawa acara. Sekitar 500 undangan hadir dalam acara itu, termasuk beberapa artis ikut mengucapkan selamat kepada Reza Bukan dan Visca.

Anak dan Keharmonisan Keluarga

Reza Bukan dan Visca sepakat untuk tidak menunda untuk memiliki momongan. Namun, keinginan itu belum juga terwujud hingga dua tahun masa pernikahan mereka. Berbagai upaya mereka lakukan agar segera dikarunia anak. Untuk Visca, ia harus puasa dari gula, sedangkan Reza harus makan sehat dan tak boleh stres.

"Santai aja, yang penting tetap berusaha. Setelah tiga tahun pernikahan, kami akhirnya dikaruniai anak pertama, Keinan Arezca. Sekarang usianya sudah tiga tahun 10 bulan, sedangkan anak kedua saya bernama Mika Keandra usianya sudah delapan bulan," ungkap pemain film televisi (FTV) Santri Galau dan Farid & Reza Mencari Cinta.

Reza Bukan dan Verena Visca Purnamasari (Dok. Keluarga)

Dalam mengurus dua anaknya itu, Reza dan Visca berusaha tak menggunakan jasa asuh anak alias babysitter. Selain untuk lebih menghemat biaya, pertimbangan lain, mereka ingin kedua anaknya itu lebih dekat mereka. Dengan begitu, kedekatan emosional antara orang tua dan anak akan berjalan baik. Mereka juga ingin menikmati masa-masa pertumbuhan dan perkembangan kedua anaknya.

"Masa sih, anak sakit yang tahu malah babysitter, bukan orang tuanya. Saya dan istri nggak mau itu terjadi. Kalau anak, ya, yang harus paling tahu orang tuanya, bukan babysitter-nya," terang lelaki yang juga menggeluti dunia disc jockey (DJ) itu.

Reza Bukan dan Verena Visca Purnamasari (Dok. Keluarga)

Sebagai orang tua, Reza dan Visca berusaha untuk memberikan semangat kepada kedua anaknya itu. Reza mencontohkan, jika anaknya suka menggambar, maka ia akan menyediakan buku gambar.  Ia berusaha untuk memberikan kebebasan kepada anaknya kelak untuk berkreativitas.

"Orang tua bertugas untuk mengarahkan aja. Jangan malah mematikan semangat anak yang mulai berkembang. Saya dan istri juga harus saling mendukung dalam mendidik anak," tutur lelaki yang sempat menjadi presenter program 'Eat Bulaga! Indonesia' di SCTV itu.

Reza Bukan dan Verena Visca Purnamasari (Dok. Keluarga)

September 2017 mendatang pernikahan Reza dan Visca genap berusia delapan tahun. Reza mengungkapkan setiap rumah tangga selalu diwarnai naik turun. Untuk lebih menjaga keharmonisan rumah tangganya, ia juga memberikan kebebasan kepada istrinya agar berkembang dan tak jenuh. 

"Istri saya juga punya privasi waktu. Meski sebagai suami istri, nggak setiap saat harus bersama agar nggak jenuh. Hal yang juga sangat penting, kami sudah saling percaya," tandas Reza Bukan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading