Sukses

Entertainment

Cerita Cinta, Nova Soraya - Kin Aulia

Fimela.com, Jakarta Pertemuan Nova Soraya dengan Kin Aulia terjadi di sebuah kantor tabloid pada 1997 silam. Saat itu, grup band The Fly sedang diwawancara. Sementara Nova sendiri menemani almarhumah Sukma Ayu, yang saat itu menjadi kekasih Bjah, vokalis band tersebut.

"Dalam pertemuan pertama itu, dia sudah lihat aku, tapi aku belum lihat dia," ungkap perempuan kelahiran Jakarta, 16 November 1978 kepada Bintang.com, melalui aplikasi WhatsApp, Rabu (3/5/2017).

Layaknya sebuah pertemuan, Nova belum mempunyai perasaan apa-apa terhadap Kin. Namun, karena lelaki kelahiran Takengon, Aceh, 26 April 1975 itu memiliki kepribadian baik, Nova akhirnya memutuskan untuk menjalani hubungan tersebut.

"Awalnya, aku belum ada perasaan apa-apa dengan dia, tapi karen orangnya baik dan sabar jadi aku memutuskan untuk mencoba jalanin," kata perempuan sempat membintangi sinetron Bidadari 2 dan Bidadari 3 itu.

Nova Soraya (Deki Prayoga/Bintang.com)

Hubungan Nova dengan Kin berjalan tanpa hambatan. Kedua orang tua mereka pun merestui hubungan Nova dan Kin, meskipun kekasihnya itu anak band. Hal itu yang membuat jalinan kasih mereka berjalan hingga lima tahun.

"Kami melalui semuanya dengan penuh kesan. Nggak ada yang terlalu berat sih, paling aku sering ditinggal tour aja," kata Nova yang menyebut Kin bukan tipe cowok romantis. "Nggak pernah dikasih bunga. Hahahaha," ujar Nova Soraya tergelak. 

Menikah dengan Adat Sunda dan Gayo

Nova Soraya menjalani masa pacaran dengan Kin selama lima tahun. Selain mendapat restu dari orang tua, mereka sama-sama nyaman hingga mereka memutuskan untuk melanjutkan hubungan mereka ke tahap pernikahan.

"Karena kami sudah pacaran selama lima tahun dan sudah sama-sama mengenal sifat masing-masing. Dengan alasan itu, kami kemudian sepakat untuk menikah," jelas pemeran Prita dalam film The Sexy City.

Nova Soraya dan Kin Aulia saat pernikahan (Dok. Keluarga)

Nova menjelaskan, pernikahan mereka berlangsung di Jakarta pada 15 September 2002. Saat akad nikah mereka menggunakan adat Sunda, sedangkan saat resepsi mereka menggunakan adat Aceh Gayo. 

"Yang paling berkesan saat aku meminta restu kepada orang tua. Sampai sekarang semakin terasa, karena papaku udah nggak ada dan kedua orang tua Kin juga sudah nggak ada," kata Nova yang memanggil dengan Kin dengan sebutan 'say', begitu pula sebaliknya.

Kehadiran anak kian melengkapi kehidupan rumah tangga Nova dan Kin. Pada 1 Agustus 2007, Nova melahirkan bayi laki-laki dengan berat 2,7 kilogram dan panjang 45 sentimeter. Awalnya, Nova berharap bisa melahirkan secara normal. Mereka menyematkan nama Kiano. Hingga saat usia pernikahannya yang akan genap 15 tahun, Nova dan Kin tak memaksakan kehendak terhadap putranya itu.

"Kita prinsipnya tidak memaksakan kehendak orang tua. Sejauh itu positif untuk perkembangan anak, sebagai orang tua tentu kita mendukung penuh," tutur pemain sinetron Anak Sekolahan. "Sama seperti orang tua lainnya, kita juga berharap agar anak sehat saleh, sukses, baik hati, dan selalu dekat dengan Allah SWT," harap Nova.

 

Komunikasi Nomor Satu

Untuk menjaga hubungannya dengan suami dan anak makin hangat, sebisa mungkin Nova Soraya memanfaatkan waktu break syuting untuk keluarga. Jika berada di rumah, Nova dan Kin Aulia, ngobrol tentang apa yang mereka alami. Sesekali mereka makan bersama anak.

"Kita selalu berusaha untuk ada waktu berlibur, walau hanya sekadar yang dekat-dekat aja. Kayak berwisata ke Bandung, Puncak, Anyer, kalau memanfaatkan waktu break sebentar," ucap Nova. 

Tak jauh berbeda dengan pasangan suami istri yang lain, Nova menjelaskan tantangan terbesar dalam rumah tangga menyatukan prinsip masing-masing. Namun, seiring waktu berjalan dan bertambahnya usia, mereka makin mampu mengendalikan emosi. Hal itu berbeda saat awal-awal pernikahan yang masih suka meledak-ledak.

"Hal terpenting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga itu kuncinya komunikasi. Dengan komunikasi yang lancar, berbagai persoalan yang dihadapi bisa diselesaikan dengan baik," kata Nova.

Nova Soraya bersama anak dan suaminya, Kin Aulia (Dok. Keluarga)

Hingga saat ini, banyak keinginan Nova Soraya dan Kin Aulia yang hendak mereka wujudkan. Mulai dari umrah bersama anak dan Kin, liburan bersama, hingga bisnis.  

 

What's On Fimela
Loading