Sukses

Entertainment

Yana Zein Selalu Total dalam Berakting

Fimela.com, Jakarta Pesinetron Yana Zein akhirnya menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis (1/6/2017) di Jakarta, setelah berjuang melawan penyakit kanker payudara yang dideritanya. Berita ini menjadi kabar duka bagi dunia sinetron Indonesia. Sebelum menderita penyakit kanker, pemilik nama lengkap Suryana Nurzaman Zein ini memang dikenal sebagai pemain sinetron.

Perjalanan karier Yana Zein di dunia akting dimulai dengan debutnya lewat film bertajuk Cintaku di Rumah Susun di tahun 1987. Setelah itu, ia kerap menghiasi layar kaca dengan turut ambil bagian dalam beberapa judul sinetron.

Wanita yang tutup usia di umur 44 tahun ini pernah bermain di sinetron Permataku (1999) sebagai seorang ibu yang tidak bertanggung jawab sekaligus menjadi muncikari. Dalam sinetron ini, ia juga beradu akting dengan Paramitha Rusady, Panky Suwito, Anjasmara, Nafa Urbach, Primus Yustisio, dan Rizal Djibran.

Sukses menjadi pemeran antagonis, Yana banyak mendapat tawaran bermain sinetron. Ia pun tak keberatan dicap sebagai spesialis pemeran antagonis.  Yana kemudian mengambil peran dalam sinetron Apa Katanya Cinta (2001), Doa dan Anugerah (2002-2003) dan HIV + (2003).

Yana Zein merupakan aktris pemain sinetron dan film layar lebar. (YouTube)

Yana Zein didapuk memerankan karakter antagonis bernama Irma dalam sinetron Doa dan Anugerah yang waktu itu ditayangkan di Indosiar. Sinetron yang juga dibintangi Krisdayanti, Anjasmara dan Sukma Ayu itu termasuk sukses dan akting Yana kembali mendapat pujian. Selain itu, ia juga pernah bermain di sinetron Tersanjung yang pernah memegan rekor sebagai sinetron dengan episode terpanjang.

Namun setelah sinetron HIV +, Yana cukup lama vakum dari dunia seni peran. Yana Zein kembali dengan berakting di film layar lebar yaitu bertajuk Kutunggu Jandamu (2008), Susuk Pocong (2009). Namun sinetron tetap jadi bidang utama Yana Zein dalam berakting dan meraih popularitas.

Shaheer Sheikh kembali ke Indonesia untuk syuting Cinta di Langit Taj Mahal. Foto: Instagram

Terakhir, Yana Zein bermain di sinetron Cinta di Langit Taj Mahal (2015). Sinetron ini sukses mencuri perhatian karena menggaet Shaheer Sheikh, seorang pemeran utama Mahabharat dari India. Yana kembali memerankan tokoh antagonis sebagai Ibu Priyanka. Saat masih syuting Cinta di Langit Taj Mahal, Yana mulai merasakan adanya benjolan yang aneh di payudaranya.

Setelah itu, Yana pun berjuang melawan penyakit kanker yang dideritanya. Seperti dirinya yang selalu total dalam berakting, Yana Zein sudah berusaha sekuat tenaga melawan penyakitnya tapi Tuhan punya kehendak lain. Yana Zein pun meninggalkan kita semua untuk selama-lamanya pada 1 Juni 2017 ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading