Sukses

Entertainment

7 Fakta Mencengangkan Pemakaman Yana Zein

Fimela.com, Jakarta Setelah cukup lama berjuang melawan kanker payudara, akhirnya Yana Zein menghembuskan napas terakhirnya dengan tenang pada Kamis (1/5/2017). Padahal, kondisinya sempat dikabarkan hampir 100 persen sembuh.

Namun masalah ternyata belum usai setelah Yana Zein berpulang. Nyatanya, masih saja ada masalah pelik yang memarwai pemakaman sang aktris. Ayah dan ibu Yana sempat berbeda pendapat tentang bagaimana dia dimakamkan. Sebagaimana kita tahu, kedua orang tua Yana menganut agama yang berbeda.

Alhasil, sempat terjadi masalah dalam pemakaman bintang sinetron tersebut. Walau pada akhirnya sang ibu, Swetlana Zein, memilih mengalah dan melepaskan putrinya dimakamkan dalam prosesi Islam, namun masalah ternyata belum sepenuhnya tuntas.

Kesulitan Biaya

Rumah Duka Yana Zein (Bambang E. Ros/bintang.com)

Saat Yana Zein berpulang, Swetlana Zein sempat mengakui bahwa dirinya tidak punya uang untuk biaya pemakaman anaknya. Alhasil, dia pun mengandalkan pada bantuan dermawan. Meski demikian, rupanya Tuhan memberi jalan. Tak lama setelah berita kematian Yana tersebar, pihak keluarga akhirnya memutuskan untuk memakamkan Yana di TPU Kampung Kandang pada 2 Juni 2017.

Perdebatan Agama

Namun pada akhirnya, Swetlana pun mengalah dengan keputusan Nurzaman yang memang mengaku anaknya beragama Islam sejak kecil. Usai jenazah dikebumikan, sang ayah pun memberikan kata sambutannya. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Yana telah melalui upacara penghiburan dan berbagai prosesi pemakaman sesuai agama Kristen. Namun sesaat sebelum acara tutup peti, ayah Yana, Nurzaman Zein, datang dan menuntut anaknya dimakamkan secara Islam. Sebagai ayah, dia sangat yakin bahwa anaknya memeluk agama Islam sejak kecil. Dia tidak mengindahkan kata-kata Swetlana yang menyatakan bahwa KTP Yana beragama Kristen.

Lantunan Ayat Suci di Kebaktian

"Saya muncul karena beliau meninggal. Gak ada maksud apa-apa. Kalau saya gak datang kan gak mungkin," ucap Nurzaman. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Swetlana akhirnya mengalah dan membiarkan Yana Zein dimakamkan secara Islam. Lantunan ayat suci pun mengalun di prosesi tutup peti Yana Zein. Nurzaman membacakan sendiri ayat-ayat suci di tengah para pelayat yang kebanyakan beragama Kristen. Setelahnya, jenazah Yana pun dimandikan sesuai ajaran Islam.

Disalatkan Dua Kali

"Kami sangat berterimakasih kepada semua, juga media. Kita bersyukur kepada Allah SWT, karena bisa mengantarkan beliau ke alam barzah," kata Nurzaman usai jenazah dikebumikan. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Usai dimandikan, jenazah pun dikirim ke sebuah masjid di kawasan Cinere untuk disalatkan. Namun ternyata terjadi miskomunikasi. Masjid yang dituju ternyata bukan yang dipesan keluarga. Akhirnya, setelah disalatkan di masjid pertama, jenazah kembali disalatkan di masjid yang telah dipesan.

Serba Mendadak

TPM Bulak Lebar, Cinere, Depok, Jawa Barat, menjadi tempat pengistirahatan terakhir untuk Yana. Kini rasa sakit akibat kanker payudaranya sudah hilang dan ia sudah benar-benar sembuh dan tidur dengan tenang. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Karena persiapan yang serb mendadak, banyak waktu yang terbuang sia-sia. Saat jenazah tiba di lokasi pemakaman, papan kubur ternyata belum siap pakai. Alhasil, jenazah masih harus menunggu hingga semua siap.

Minim Pelayat

Jenazah Alm. Yana Zein disalatkan (Deki Prayoga/bintang/bintang.com)

Tak hanya berbagai persiapan yang terlalu mendadak, pelayat yang datang pun terbilang sedikit. Alhasil, awak media yang sedianya akan meliput pun turun tangan untuk membantu mengangkat jenazah.

Batu Nisan Tanpa Tulisan

Setelah melewati kekisruhan dan perdebatan antar orang tua, akhirnya Yana Zein dimakamkan dengan ajaran agama Islam. Ayah dan ibu serta kedua putrinya pun turut mengantarkannya sampai ke liang lahat. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Seolah belum cukup, masalah bahkan masih muncul saat jenazah Yana akan dikuburkan. Batu nisan yang akan ditancapkan di makam Yana ternyata belum ditulisi apapun. Ayu Azhari pun putar otak dan meminjam spidol untuk menuliskan nama, tempat tanggal lahir, dan waktu meninggal Yana Zein.

Walau sempat melalui berbagai macam rintangan, pada akhirnya Yana Zein dimakamkan dengan tenang dengan ritual Islam. Banjir air mata tentu saja mengiringi pemakaman Yana, namun semoga setelah ini dia tenang di alam sana.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading