Sukses

Entertainment

Julia Perez Meninggal, Hadirkan Sederet Cerita

Fimela.com, Jakarta Ketika sakit datang, tentu seseorang tidak akan bisa mengiranya. Begitu juga dengan Julia Perez yang tiba-tiba mendapati dirinya mengidap penyakit mematikan bagi kaum perempuan yaitu kanker serviks. Kanker yang diderita perempuan yaitu kanker serviks.

Penyakit mematikan ini sendiri diderita Jupe saat ia sedang berada di puncak karier. Julia Perez divonis menderita kanker pada tahun 2014, dan saat itu masih stadium 2.

Jupe pun menjalani pengobatan di Singapura National University Hospital. Pada tahun 2015, pelantun tembang Aku Rapopo ini sempat dinyatakan bersih dari penyakit kanker.

Sayangnya, perjuangannya ternyata belum selesai. Tahun 2016 kanker kembali datang kepadanya. Sempat muncul dengan kepala plontos, kondisinya pun semakin memburuk dari hari ke hari. Parahnya, kini kanker yang dideritanya sudah masuk ke stadium 4.

Jenazah Julia Perez saat keluar dari RSCM. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Pedangdut yang akrab disapa Jupe ini memang sangat vokal untuk memberikan pengetahuan kepada khalayak mengenai penyakitnya. Artis kelahiran 15 Juli 1980 ini tidak ingin dikasihani, akan tetapi ia ingin perempuan lain tidak mengalami hal yang dialaminya.

"Saya berani speak out tentang sakit saya bukan karna minta diempati, sensasi atau apa, tidak. Saya ingin kalian semua tidak mengalami apa yang saya alami," kata Julia Perezkepada wartawan, beberapa waktu silam.

Perjuangan Julia Perez Melawan Kanker

Untuk mengobati kanker serviks, Julia Perez harus bolak-balik berobat ke sebuah rumah sakit di Singapura. Jupe pun menjual rumah dan mobilnya guna pembiayaan peyakit yang dideritanya.

Ia sempat menjalani kemoterapi, operasi, hingga radiasi di Singapura. Kabar bahagia sempat datang pada Januari 2015, kala itu ia menjelaskan jika ia sudah sembuh dari penyakit kanker.

Ia pun menggunduli rambutnya sebagai bentuk kepedulian terhadap penderita kanker. Ia kemudian aktif melakukan kampanye memerangi kanker. Kondisi kesehatan Jupe kembali bermasalah pada Juni 2016. Tepatnya pada Desember 2016, Jupe menjelaskan jika kanker yang dideritanya sudah masuk stadium 4.

Julia Perez mengaku jika ia tidak boleh lupa membawa obat, terutama obat nyeri. "Tidak boleh lupa obat, terutama oat nyeri. Bisa fatal kalau sampai lupa. Obat nyeri itu kan setiap 4-6 jam sekali diminum karena akan ngilu. Itu momen yang nggak enak karena sampai ke otak, terus efeknya mau bersosialisasi nggak mau," ujar Julia Perez saat wawancara eksklusif dengan Bintang.com beberapa waktu silam.

Jenazah Julia Perez tiba di rumah duka. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Selain itu Jupe menceritakan bagaimana proses pengobatan kanker serviks stadium 4. "Prosesnya itu radiasi kemudian kemoterapi. Ini kan nggak bisa dioperasi karena kankernya kecil-kecil selnya gitu. Masih proses dengan cara kedokteran. Saya sekarang lagi menjalani proses kemoterapi di RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo). Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Nanti dua atau tiga bulanan lagi kita lihat perkembangannya," ungkapnya.

Setelah beberapa bulan menjalani perawatan akibat kanker serviks stadium 4, kondisi Jupe makin menurun. Hal itu disampaikan Nia Anggia, adiknya. Pada Februari 2017, Julia Perez mulai dirawat secara intensif di RSCM. Sejumlah selebriti berdatangan untuk mendoakan demi kesembuhan Jupe.

Julia Perez Kerap Dikabarkan Meninggal Dunia

Pada Februari 2017, tiba-tiba saja Julia Perez dikabarkan meninggal dunia berhembus kencang di media sosial. Akan tetapi kabar tersebut dibantah oleh sang asistennya yang bernama Diana. Ia menyatakan jika Jupe masih bernapas dengan baik. 

"Nggak lah. Baik-baik aja kok mas," tegas Diana saat dihubungi wartawan, Selasa (21/2). Bahkan Jupe sempat mengunggah foto saat ia menjadi malaikat. "Angel by my side," tulis Jupe sebagai keterangan foto.

Pada April 2017, Julia Perez kembali dikabarkan meninggal dunia. Hal tersebut lantaran situs wikipedia sudah menuliskan tanggal kematian pelatun Aku Rapopo pada 13 Maret 2017. Kegaduhan netizen akhirnya membuat pihak wikipedia menghapus bagian tanggal kematian Julia Perez.

Perihal digosipkan meninggal dunia, bukan hal baru bagi Julia Perez. Pertama kali Jupe dikabarkan meninggal dunia pada 1 Februari 2012. Saat itu, melalui pesan di BlackBerry Massenger yang menjadi viral, Julia Perez dan Gaston Castano mengalami kecelakaan mobil.

Jenazah Julia Perez saat akan dimandikan. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Kecelakaan tersebut terjadi di Tol Darmo Satelit KM46. Jupe dikabarkan meninggal di tempat, sementara Gaston dilarikan ke rumah sakit untuk perawatan intensif. Hal tersebut tentu langsung dibantah Julia Perez.

Medio Juli 2016, saat Julia Perez sudah divonis kanker serviks stadium 4, isu tentang wafatnya pelantun Belah Duren itu kembali muncul. Ia disebut-sebut meninggal pada 11 Juli 2016 akibat kanker serviks yang diidapnya. Saat itu Julia Perez menganggap isu tersebut adalah sebuah doa.

Selamat Jalan Julia Perez

Julia Perez meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker serviks yang dideritanya. Artis yang kerap disapa Jupe itu menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), pada Sabtu 10 Juni 2017.

Kabar duka ini diungkapkan oleh Nia Anggia Perez melalui akun Instagram-nya. "Innalilahiwainailahirojiun telah berpulang kakak kami tercinta Julia Perez. Minta doanya ya semua , terima kasih semua atas supportnya selama ini I LOVE YOU YULI," tulis Nia sebagai keterangan foto.

Suasana kediaman Julia Perez. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Sebelumnya Nia Anggia mencurahkan isi hatinya. Berharap sedikit bebannya berkurang. Dalam curahan hatinya, Nia mengawali dengan menggambarkan suasana hatinya dikala melepas kepergian kakaknya dari ruang rawat inap menuju ruang operasi.

“Inilah moment dimana Detik detik saat kami harus melepas kepergian kakak tercinta menuju ruang operasi, hati berasa hancur berkeping-keping. Kalau kata mas Anang : separuh jiwaku pergi,” tulis Nia Anggia sebagai keterangan video saat kakaknya dibawa ke ruang operasi yang diunggahnya beberapa jam lalu.

Jenazah Jupe yang ditutupi kain batik itu dikelilingi para pelayat yang sedang melantunkan doa dan ayat suci Al Quran. Adik dan ibunda Jupe pun tak henti menemani di sisi Julia Perez. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Rencananya Julia Perez akan dimakamkan sore ini di TPU Pondok Ranggon. "Sekarang lagi siap-siap keluar dari rumah sakit, mau dibawa pulang ke rumah dan dimakankan sore ini juga di TPU Pondok Ranggon," ujar Markoneng, manajemen Julia Perez.

Selamat jalan Julia Perez. Semoga amal ibadahmu diterima disisi Tuhan Yang Maha Kuasa dan diberi ketabahan serta kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading