Sukses

Entertainment

Kunci Kesuksesan Anggun C Sasmi Berkarier di Eropa

Fimela.com, Jakarta Bukan perkara mudah Anggun C Sasmi menggapai mimpinya berkarier di negeri orang. Hasilnya pun tak mengecewakan. Anggun menjadi penyanyi Indonesia yang berhasil menembus industri musik internasional, serta menyabet golden dan platinum di beberapa negara Eropa.

Semua tak lepas dari kerja keras Anggun. Bahkan, dia tak segan-segan berbagi kunci kesuksesannya sebagai penyanyi bertaraf internasional. Hal itu diungkap Anggun sebagai pembicara di acara Indonesian Diaspora Network Global.

"Kunci keberhasilan saya, karena saya tidak pernah mencoba jadi orang lain. Pas saya di luar negeri, ternyata jadi orang Jawa itu keren banget. Punya warna rambut hitam itu bagus. Punya ke individualitasan itu bagus," ujar Anggun, di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (1/7/2107).

Semangat berjuang tinggi dan pantang menyerah, menjadi modal utama Anggun dalam perjalanan kariernya di Eropa. Dia yakin, selama ada kemauan, di situ akan ada jalan.

Mengingat besarnya kecintaan Anggun pada Indonesia, tidak berlebihan jika predikat Diaspora juga disematkan kepadanya. Kendati sudah mengantongi kewarganegaraan Perancis, Anggun tak pernah menanggalkan jati dirinya sebagai anak bangsa Indonesia.

Anggun C. Sasmi (Bambang E. Ros/bintang.com)

Sebagaimana makna diaspora adalah, orang yang berbudaya dan berdarah Indonesia, yang tinggal, belajar, bekerja di luar wilayah Indonesia (kecuali doliplomat, turis, dan tentara) baik yang berstatus WNI maupun yang sudah menjadi warganegara asing, baik generasi pertama maupun selanjutnya. Selama di hatinya ada kecintaan atau kedekatan pada Indonesia, maka ia terhitung sebagai diaspora Indonesia.

"Saya belajar untuk kritis, tapi untuk mengapresiasi. Di kala kita punya waktu dan ada kemauan, pasti ada jalan. Dan saya diaspora Indonesia," pungkas Anggun C Sasmi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading