Sukses

Entertainment

5 Cara Cynthia Lamusu Berikan ASI pada Dua Buah Hatinya

Fimela.com, Jakarta Sebagai orang tua bagi dua buah hatinya yakni Atharva Bimasena Saputra dan Ataya Tatjana Aisyah Putri, pasangan selebritis Surya Saputra dan Cynthia Lamusu selalu memberikan yang terbaik bagi tumbuh kembang putra putri kembarnya tersebut.

Seperti halnya dalam urusan memberikan Air Susu Ibu (ASI), Cynthia Lamusu memprioritaskan memberikan ASI kepada dua buah hatinya. Selain karena memang ASI penting bagi pertumbuhan buah hati, Cynthia Lamusu juga kerap mencari tahu segala hal informasi tentang memberikan ASI yang baik dan bagaimana cara yang ampuh dalam memberikan ASI. Berikut 5 hal tentang ASI bagi Cynthia Lamusu yang menurutnya penting bagi kedua putra putri kembarnya.

Pejuang ASI

Memberikan ASI pada buah hati memang menjadi bagian dari perjuangan seorang ibu. Istri dari aktor Surya Saputra, Cynthia Lamusu mengatakan bahwa dirinya kini adalah pejuang ASI bagi putra-putrinya.

"Kebetulan karena saya adalah salah satu pejuang asi juga, mau gimanapun kondisi, pengorbanan, dan perjuangan yang saya alami. Untuk ASI, mungkin karena saya memang komitmen, Insya Allah pinginnya tetap bisa memberikan ASI untuk anak-anak saya," kata Cynthia Lamusu ditemui Bintang.com di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (1/8/2017).

"Betul. Jadi karena mereka kondisinya prematur itu aku sama Surya jadi sedikit overprotektif," kata Cynthia Lamusu ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (1/9/2017). (Adrian Putra/Bintang.com)

Cari Informasi tentang ASI dan Berbagi Pengalaman

Adalah penting dan sebuah keharusan bagi seorang ibu menjaga kesehatan dan tumbuh kembang yang baik dan bergizi bagi anak-anaknya. Cynthia Lamusu, demikian personil grup B3 ini selalu mencari tahu segala hal informasi tentang ASI dari berbagai sumber.

"Hari ini juga bisa sharing cerita dari penyelenggara acara juga mereka mengadakan studi tentang apa sih fakta-fakta yang dialami oleh ibu menyusui. Jadi ya kita berbagi cerita sih, saya berbagi cerita dari pengalaman saya sendiri seperti apa dalam memberikan ASI dan mengeluarkan ASI," jelasnya.

Hingga saat ini, Chintya belum berani membawa buah hatinya melakukan perjalanan jauh. Begitu juga saat ada job luar kota, ia konsultasi dengan dokter. Personel B3 itu juga mengikuti saran dokter. (Instagram/Bintang.com)

Belajar Merawat Buah Hati

Ketika Tuhan memberikan kepercayaan kepada Surya Saputra dan Cynthia Lamusu dalam mengurus anak, keduanya semakin bahagia dalam membina rumah tangga mereka. Bukan hal mudah ketika menantikan putra putri yang selama ini ditunggu.

"Kalau saya sih mungkin temen-temen media juga tau mulai dari saya masih hamil, kemudian pas lahiran sempat ada ujian dan melahirkan dalam kondisi prematur. Kemudian Bima terutama sempat 1 bulan 3 hari di rumah sakit, Tatiana lebih awal pulang, jadi saya lebih belajar di satu anak dulu. Itu mungkin cara Allah untuk membuat saya tidak drop, jadi belajar merawat anak satu-satu dulu," papar Cynthia Lamusu.

Kebahagiaan tengah dirasakan oleh pasangan Surya Saputra dan Cynthia Lamusu. Kehadiran sepasang buah hati, Atharva Bimasena dan Tatjana Aisyah Putri, menambah keharmonisan keluarganya. (Instagram/Bintang.com)

ASI sempat Down dan Mencari Donor ASI

Di tengah perjuangannya dan pengorbanannya memberikan ASI, diakui Cynthia Lamusu ia sempat jatuh drop dan harus mencari cara menggantikan ASI bagi buah hatinya. Cara yang ia lakukan sesuai saran dokter yakni dengan mencari donor ASI dari orang lain yang cocok untuk dua anaknya.

"Sempet juga ngalamamin up and down kondisi ASI saya. Sempat volumenya kurang, kemudian mengatasinya karena saya ingin komitmen dengan memberikan ASI full kepada anak-anak akhirnya saya cari donor," terangnya.

"Tentunya dengan diskusi sama dokter juga, dan memang dicari ibunya yang memang sudah terscreening dengan baik, cek kondisi kesehatannya. Dan yang penting ibunya punya bayi yang laki-laki juga, karena aku carinya untuk Bima, seperti itu," timpalnya lagi.

"Mungkin waktu saya belum punya anak fokus untuk karier, selain rumah tangga itu porsinya besar. Tapi sekarang kalau ibaratnya engga kerjaan ya aku totally di rumah merawat anak-anak," ujar Cynthia Lamusu. (Adrian Putra/Bintang.com)

"Tatiana juga sempat (pakai donor ASI), tapi enggak lama, karena situasinya waktu itu setelah aku memperbaiki lagi nutrisi, dan nomor satu itu faktor stress ya. Jadi seinget aku dulu sempat mengalami penurunan nutrisi ya mungkin dalam kondisi capek, kurang istirahat, karena aku memang baru pakai suster itu pas anak-anak usia 3 bulan," tegasnya.

Penjagaan Ekstra Bagi Dua Buah Hatinya

Sebagai publik figur, penyanyi dengan segudang kesibukannya, Cynthia Lamusu pun turut mencari cara memanage waktunya antara karir dan menjadi seorang ibu bagi anak-anaknya serta menjadi seorang istri bagi suaminya, Surya Saputra.

"Saya jujur lebih ekstra karena kondisi anak-anak kan kemarin itu prematur, jadi aku itu benar-benar cuti tuh hampir 4 bulan. Aku izin sama managemen B3, aku fokus urus anak-anak. Apalagi ketika saya berkomitmen, konsekuensinya pasti ada, misalnya kondisi fisik, capek atau apapun itu terus terang saya enjoy, enjoy banget," tandas Cynthia Lamusu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading