Sukses

Entertainment

Teka-Teki Kemiripan 'Sayang' Via Vallen dengan Lagu Jepang

Fimela.com, Jakarta Kasus plagiarisme sampai saat ini masih jadi topik yang menarik untuk dibahas. Banyak penyanyi yang pernah dikabarkan meniru karya orang lain, di antaranya adalah Ayu Ting Ting dan Via Vallen.

Beberapa waktu lalu pemberitaan sempat diramaikan dengan lagu baru Ayu Ting Ting yang diduga mengandung unsur plagiarisme. Di satu bagian Kamu Kamu Kamu, ada yang dibilang mirip dengan lagu Made in India.

Namun tingkat kemiripan lagu Ayu tersebut tak ada apa-apanya dengan lagu Via Vallen. Sayang, judul lagu yang sudah sangat populer berkat Via punya nada yang serupa dengan lagu lawas asal Jepang, Kiroro Mirae.

Di awal kemunculan Via Vallen dan Sayang, mungkin sudah banyak yang merasa ada kemiripan. Namun melihat idnetiknya dua lagu tersebut, rasanya tidak mungkin pihak label merilisnya tanpa lisensi atau izin terlebih dahulu.

Hingga saat ini Bintang.com masih mencoba menghubungi pihak Ascada selaku label yang menaungi Via Vallen. Tapi bicara soal lagu Kiroro Mirae, Via sendiri sebenarnya pernah mengcover lagu tersebut pada 2015 lalu.

Fakta lain yang juga patut diperhatikan adalah Sayang sudah pernah dipopulerkan sebelum Via Vallen. Lagu tersebut sudah sering dibawakan oleh orkes Melayu jauh sebelum meledak seperti sekarang ini.

Terlepas dari kisruh plagiarisme tersebut, Via Vallen kini menjadi salah satu pedangdut terpopuler. Jumlah viewers Sayang di YouTube sudah mencapai 34 juta dalam beberapa bulan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading