Sukses

Entertainment

Eksklusif, Eksplorasi Melly Mono di Musik EDM dan Ballad

Fimela.com, Jakarta Bergelut dengan musik selama belasan tahun membawa Melly Mono mencicipi berbagai fase dalam perjalanan karier. Hingga ia tiba pada satu titik mengambil keputusan besar untuk hengkang dari band SHE tahun 2014 lalu, setelah genap 14 tahun bersama.

***

Mantap dengan pilihannya, pelantun Ironi ini lantas tidak berdiam diri namun ia terus menggali potensi dan kemampuan yang dimiliki. Siapa yang menyangka jika Melly kemudian terjun pada musik EDM dan sempat merilis single Victory bersama Osvaldorio.

Eksklusif Melly Mono (Photographer: Bambang E. Ros/Bintang.com, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Melly menghadirkan kejutan dalam single-single solo seperti sentuhan musik up-beat. Eksplorasi akan musikalitas tidak berhenti di sana. Seiring berjalannya waktu, Melly sampai pada masa di mana ia siap menyuguhkan karya dengan kembali dibalut dalam nuansa ballad.

Segera meluncurkan single dalam sentuhan musik ballad, seolah menjadi satu pembuktian Melly untuk mematahkan anggapan ia besar dari EDM. Terlepas dari hal itu, jauh sebelumnya ia telah terlebih dahulu berkecimpung lewat lagu-lagu ballad saat masih di band SHE.

"Jadi saat ini, kalau orang-orang menganggap aku nyanyi lagu EDM karena sebagai penyanyi solo aku diangkat oleh musik EDM, padahal kalau flashback itu lagu-lagu SHE banyak lagu-lagu ballad yang sebenarnya aku banyak belajar dari itu. Akhirnya yuk kita kembali lagu ke musik pop ballad," ungkap Melly Mono ketika bertandang ke Bintang.com, Selasa (19/9/2017).

Eksklusif Melly Mono (Photographer: Bambang E. Ros/Bintang.com, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Melly mengaku berkolaborasi di musik EDM memberinya banyak referensi hingga formula-formula musik baru. Maka dari itu, ia selalu berusaha untuk jujur dalam berkarya dengan nyaman bermusik bersama kemampuan yang dimiliki.

Setelah bersama EDM, Melly Mono siap kembali menjejaki langkah di musik ballad. Lantas, seperti apa perjalanan Melly mengeksplorasi musikalitasnya? Simak wawancara eksklusif Bintang.com bersama Melly Mono lewat rangkuman berikut ini.

SHE, EDM, dan Ballad

Melly Mono mengukir banyak kisah ketika akhirnya menapaki jejak di musik. Mulai dari bergabung di band SHE, menggeluti EDM, hingga kembali lagi ke ballad.

Bagaimana memaknai karier bermusik selama ini?

Kalau saya bisa bilang garis besar, sangat luar biasa untuk bersyukur karena sebenarnya saya tidak pernah mengalami fase yang meroket banget tapi Allah selalu kasih saya jalan akhirnya ada kesempatan yang bikin kasih prestasi buat saya dalam tolak ukur saya. Ibaratnya pertama kali bisa bergabung sama band perempuan saja di kancah musik Indonesia itu prestasi. Alhadulillah karier aku bisa dibilang terus panjang. Jadi kalau pun kemarin sempat ada fase di mana harus keluar dari SHE sempat berpikir mungkin memang sudah waktunya keluar dan keluar dari zona nyaman setelah 14 tahun bersama SHE.

Ingin mengemas musik seperti apa?

Artinya buat saya, mengemas musik di update itu perlu tapi memang akhirnya jangan memaksakan diri untuk keluar dari kapasitas kita. Upgrade dan update perlu. Aku termasuk orang yang haruss nyaman melakukan sesuatu termasuk bernyanyi. Berkarya, bermusik, bernyanyi harus jujur. Jadi pada saat umur aku di sini, musik harus mengikuti terutama penampilan, pemilihan lagu. Musik yang menurut aku paling penting adalah musik yang bikin nyaman dengan kemampuan kita yang ada.

Eksklusif Melly Mono (Photographer: Bambang E. Ros/Bintang.com, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Solo karier yang dijalani sudah merepresentasikan makna nyaman?

Aku nggak bilang semua harus nyaman karena pada saat kita terlalu nyaman, kita tidak akan belajar untuk menghadapi tantangan termasuk di karier. Terutama pada saat musik EDM, waktu itu sebenarnya EDM aku mempelajari EDM dari tahun 2010 tapi aku bisa berkolaborasi dengan seorang produser itu tahun 2015. Aku sempat mikir mundur lagi yang EDM-nya atau masih cocok nggak yah aku main EDM dengan musik yang musik seperti ini dengan partner yang memang umurnya 12 tahun lebih muda daripada aku.

Aku sempat berpikir apakah aku akan memantaskan diri tapi ternyata begitu aku coba, itu yang aku bilang tidak harus berada di zona nyaman terus, artinya saat kita diberi tantangan, akhirnya memberikan ruang baru buat kita. jadi begitu aku coba, aku dapat ilmu baru, aku menyerap hal-hal di luar dugaan dan mengambil banyak pelajaran yang nggak pernah aku tahu sebelumnya termasuk produce musik EDM.

Rasanya bergelut dengan EDM?

Buat aku waktu fase EDM itu memang akhir aku dapat banyak pengalaman terutama sifatnya kompetisi. Artinya kita harus ngulik, mutar otak di minggu pertama, kedua, dan ketiga itu harus beda. Maksudnya kita harus benar-benar bikin ide baru. Berkolaborasi dengan orang yang lebih muda aku sempat underestimate, ternyata membimbing secara psikologis iya, tapi secara musik, aku banyak belajar dari Osvaldo.

Aku harus mengakui banyak sekali referensi bahkan formula-formula bermusik yang baru karena kita nggak bisa cuma belajar sama senior. Untuk menjadi seorang musisi nggak cukup rasanya memiliki ilmu yang kita punya terus belajar sama yang lebih tua, nggak akan dapat update. Sedangkan, umur anak-anak yang jauh lebih muda dari aku, aku merasa di-refresh sama musik baru.

Eksklusif Melly Mono (Photographer: Bambang E. Ros/Bintang.com, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Melly melihat karier solo sekarang seperti apa?

Jadi untuk menjadi seorang penyanyi solo dari vokalis band butuh waktu yang cukup lama. Orang mengenal aku sebagai Melly SHE 14 tahun terus tiba-tiba berubah jadi Melly Mono yang akhirnya format menjadi penyanyi solo. Itu butuh perjuangan. Bernyanyilah, berkaryalah, bermusiklah dengan kapasitas itu perlu. Buat aku jadi penyanyi solo sekarang memang bukan hanya sekedar nyanyi tapi memperkuat karakter kita, semakin kuat karakter ditambah dengan pentingnya bersosial media saat ini, Insha Allah itu semua bisa memperkuat kita sebagai penyanyi solo.

Musik solo yang diusung?

Aku lebih senang menyanyi musik yang powerful memang produser aku, orang label mengarahkan aku sebagai seorang penyanyi yang pop powerful ballad. 

Harapan dan Single Baru

Perjalanan musik selama belasan tahun membuat Melly Mono terus menabung angan di musik. Selain itu, ia siap mempersembahkan karya terbaru yang berkolaborasi dengan musisi ternama Tanah Air.

Apa keinginan yang ingin dicapai?

Sebenarnya kalau jadi musisi paling senang bisa berkolaborasi artinya kita bisa diterima oleh pihak lain bisa bergabung dalam karyanya. Sejauh ini dalam tahap konsep album memang belum, cuma off air dengan penyanyi-penyanyi yang aku pengen hampir semua tanpa aku sadari ini udah. Aku bilang itu bersyukur sekali, tapi kalau goals aku sebagai penyanyi berkecimpung di musik album sama SHE sudah 4 tapi penyanyi solo belum, masih single-single. Aku masih berharap untuk bisa punya album solo supaya diskografi aku ada.

Cara untuk meraih itu seperti apa?

Kalau bermusik itu emang nggak bisa lepas dari yang namanya referensi musik. Tapi memang berkarya butuh orang-orang yang satu ide sama kita kalau itu aku masih mencari tapi memang sudah ada beberapa teman yang untuk berkolaborasi termasuk Osvaldo. Yang sudah aku kerjakan adalah aku tetap menciptakan karya dan musik aku sesuaikan dengan musik sekarang. Sebagai musisi nggak bisa memaksa harus bikin baru tapi konteksnya tetap maksa, tetaplah menjadi musisi yang jujur apa yang bisa kita kerjakan tapi dengan sentuhan musik baru.

Eksklusif Melly Mono (Photographer: Bambang E. Ros/Bintang.com, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Harapan untuk perjalanan karier di musik?

Harapan yang sudah saya set di kepala itu minimal yang paling saya pengen banget punya album solo tapi album solonya mudah-mudah bisa dinikmati setiap lagunya, saya pengen satu album itu punya kualitas yang sama equal dengan single-single yang dirilis. Harapan saya itu aja, nggak mau muluk-muluk yang penting album bisa segera rilis, teman-teman bisa tahu Melly Mono dengan kapasitas yang saya punya.

Bagaimana bocoran untuk single terbaru?

Jadi single terbaru ini bocoran yang paling krusial yang pasti senang sekali bisa berkolaborasi dengan komposer luar biasa, kita semua tahu Badai, di Kerispatih dia sudah banyak memberikan single-single yang luar biasa dan dikasih kesempatan bisa menyanyikan single dia itu saya harus total. Jadi Badai termasuk komposer yang tahu banget lagunya itu harus diapain, harus dinyanyikan oleh siapa, demikian juga dengan kapasitas dia untuk bisa produce lagu, dan akhirnya dapat ilmu baru dari dia dan kalau bocoran ini lagu yang buat saya lagu pertama yang ballad sebagai Melly Mono.

Bagaimana rasanya kolaborasi dengan Badai?

Jadi dia selalu nitip bahwa mari nyanyi dengan kapasitas yang kamu punya, dan dia 'nantangin' ke saya, yuk bikin lagu yang meng-explore kapasitas saya sebagai penyanyi dengan kondisi seperti itu dia langsung bikin lagu yang luar biasa buat saya dan akhirnya begitu workshop sama dia, lagu ini harus jadi.

Eksklusif Melly Mono (Photographer: Bambang E. Ros/Bintang.com, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Apakah sudah eksplorasi?

Kalau aku bilang, aku sudah sangat puas sekali dengan lagu beliau, aku juga Alhamdulillah puas dengan hasil recording kemarin apalagi di bantu oleh seorang vocal director sangat fenomenal, Kang Irvnat, sudah banyak banget penyanyi-penyanyi yang digarap sama dia waktu aku bilang ke label sepertinya lagu ini harus dibantu oleh seorang vocal director yang luar biasa, waktu di approve sama Irvnat saya juga senang banget pas praktek luar biasa senangnya. Dia meng-guide aku waktu aku pertama kali nyanyi untuk single di SHE.

Keinginan untuk single ini?

Orang-orang tahu aku di musik EDM, tanpa mengurangi rasa hormatku kepada musik EDM, sebenarnya musik EDM itu buat aku pribadi musik yang tidak terlalu meng-explore vokal aku karena dalam artinya, EDM musiknya lebih menonjol di single aku yang sekarang, aku benar-benar mengekslorasi kemampuan dan kapasitas vokal aku, jadi dapat komposer Badai di-support banget untuk bisa meng-explore vokal aku, ya aku pengen semua orang tahu bahwa aku bukan hanya bisa nyanyi di EDM tapi memang back to basic nyanyi di SHE juga banyak lagu-lagu ballad seperti ini dan sekarang mungkin dengan format sebagai Melly Mono. Mudah-mudahan ada perbedaannya walaupun sama-sama di lagu ballad.

Melly Mono tidak berhenti menggali musikalitas dengan tidak mau terjebak di zona nyaman. Maka dari itu, ia terus berkarya dan menyanggupi tantangan untuk mengasah skill di musik. Melly segera hadir dengan tampilan berbeda di single terbaru yang siap dirilis pada 22 September mendatang. Sukses selalu, Melly Mono.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading