Sukses

Entertainment

Bintang Tanya Dokter: Inul Daratista Tentang Manfaat Vaksin MR

Fimela.com, Jakarta Inul Daratista memanfaatkan kesempatan untuk bertanya dengan dokter di Klikdokter.com tentang manfaat vaksin MR. Belakangan dinas terkait tengah menggalakan vaksi MR pada anak-anak. Kebetulan Inul memiliki anak yang saat ini berusia 8 tahun. Sebelum melakukan vaksin, Inul tentu ingin bertanya manfaat vaksin tersebut.

"Saya punya anak usia 8 tahun, SD kelas 3. Perlu divaksi MR nggak dan selanjutnya mau tanya, manfaatnya apa ya," tanya Inul Daratista.

Dokter Caessar Pronocitro, MSc., SpA dari Klikdokter.com menjelaskan tentang pertanyaan Inul Daratista yang mungkin mewakili pertanyaan banyak ibu-ibu lain di seluruh Indonesia.

"Vaksinasi MR, tujuannya untuk melindungi anak dari inveksi campak dan rubella atau campak Jerman. Campak itu sendiri merupakan penyakit menular dan gejalanya dapat berupa demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit, batuk, pilek atau mata merah. Campak berbahaya kalau disertai komplikasi seperti peradangan paru, peradangan selaput otak atau meningitis dan diare. Bahkan komplikasi ini bisa menyebabkan kematian," terang dokter Caessar panjang lebar.

 

Ia merasa perlu untuk menjelaskan inveksi campak dan rubella sebelum menjelaskan manfaat dari vaksin MR.

"Rubella merupakan penyakit yang akut dan ringan. Gejalanya bisa demam ringan, bercak kemerahan pada kulit atau nyerti sendi. Tapi, kalau menyerang wanita hamil, maka bisa menyebabkan kematian janin atau cacat berat pada bayi yang lahir seperti ketulian, katarak atau kelainan syaraf dan kelainan jantung," ujar dokter Carssar lebih lanjut.

 

Vaksin MR, menurut dokter Caessar sangat berguna untuk mencegah dua sakit tersebut menyebar atau menular.

"Kedua penyakit ini sangat mudah menular. Dengan memberikan vaksin MR kepada si kecil, maka kita bisa mencegah inveksi campak dan rubella pada mereka. Vaksin ini juga bisa memberikan perlindungan jangka panjang, sehingga kita bisa mengurangi resiko kematian janin dan kecacatan pada bayi yang lahir," ujar dokter Caessar lagi.

Jawaban atas pertanyaan dari Inul Daratista tersebut, diharapkan bisa menambah wawasan masyarakat tentang pentingnya vaksin MR.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading