Sukses

Entertainment

Kata Pihak Majalah Soal Foto Luna Maya Bersama Orangutan

Fimela.com, Jakarta Nama Luna Maya kembali menyedot atensi publik. Kali ini, perempuan cantik berusia 34 tahun tersebut jadi perbincangan, lantaran fotonya dengan orangutan di salah satu sampul majalah tersebar di media sosial. Sebagaimana diketahui, potret tersebut diunggah di akun Instagram BOS Foundation dan menuai banyak kritik

Heboh, pihak majalah, Her World Brides Indonesia, mengirimkan hak jawab. Seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat (6/10/2017), berikut penjelasan lengkap Her World Brides Indonesia terkait pemberitaan Luna Maya berpose dengan orangutan di sampul mereka.

"Sehubungan dengan pemberitaan pemotretan Luna Maya dengan orang utan di majalah Her World Brides Indonesia edisi September 2017, kami menyesalkan ada sejumlah informasi yang tidak akurat, sbb:

Diberitakan bahwa foto Luna Maya bersama Orang Utan di sampul majalah Brides Indonesia. Ditayangkan juga foto berdesain cover yang diunggah oleh BOS Foundation, serta kutipan-kutipan kritik yang ditujukan kepada Luna Maya, Bali Zoo, Tim Redaksi dan Fotografer yang terlibat.

Kami ingin meluruskan fakta bahwa foto itu tidak pernah menjadi cover majalah Her World Brides Indonesia, yang telah diterbitkan pada 23 September lalu.

Pemotretan ini dilakukan atas kerjasama dengan Bali Zoo di lingkungan Bali Zoo pada 25 April lalu, dengan seijin dan pengawasan petugas kebun binatang yang merupakan ahli satwa.

Kesalahan-kesalahan informasi di atas menjadi fatal karena dalam menurunkan artikel tersebut, media tersebut tidak melakukan klarifikasi terlebih dahulu kepada kami dan memuat penjelasan dari pihak kami, sebagaimana diamanatkan UU Pers. Dan oleh karena itu, artikel tersebut telah melanggar prinsip keberimbangan berita (cover both sides) sebagaimana dipersyaratkan oleh Kode Etik Jurnalistik Indonesia.

Luna Maya. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Oleh sebab itu, kami meminta agar Hak Jawab ini dapat diterbitkan secara utuh, tanpa dikurangi atau ditambahi, dalam artikel baru dan juga di-insert dalam artikel sebelumnya.

Kami memohon maaf jika ada pihak-pihak yang tidak berkenan. Untuk kritikan yang ditujukan pada kami, kami menerimanya sebagai masukan dan evaluasi tim redaksi ke depannya.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat kami,

Asteria ElandaPublic Relations & Business Communications Manager MRA Media (Her World Indonesia dan Her World Brides Indonesia)."

Begitulah hak jawab yang diinformasikan Her World Brides Indonesia terkait beredarnya kabar foto Luna Maya dengan seekor orangutan, di mana potret tersebut disebut sebagai cover majaah terkait edisi September 2017.

Kabar Luna Maya Berfoto Bersama Orangutan

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, berita akan Luna Maya yang tampil bersama seekor orangutan di sampul majalah Her World Brides Indonesia kali pertama didapati di salah satu unggahan di akun Instagram @bosfoundation.

Dalam posting-an tersebut, pihak organisasi itu merasa sangat kecewa pada keputusan menampilkan orangutan bersanding dengan Luna Maya dalam konteks yang dari kacamata mereka tak menguntungngkan sang primata.

Unggahan di akun Instagram BOS tersebut berisi tiga foto dan satu video yang menunjukkan Luna Maya tengah mengenakan gaun pernikahan dan memegang, memeluk, serta berfoto bersama orangutan bernama Dara.

Pernyataan Bernada Kecaman untuk Luna Maya

Tak hanya mengaku kecewa, unggahan akun Instagram BOS Foundation itu mengandung kecaman. "Orangutan adalah satwa terancam punah dan dilindungi undang-undang. Tidak selayaknya orangutan diperlakukan seperti ini, dipromosikan sebagai hewan peliharaan atau mainan!" tulis organisasi BOS Foundation.

Foto Luna Maya di sampul majalah bersama orangutan mendapat kecaman. (Instagram/bosfoundation)

Tak hanya itu, BOS Foundation juga menyebut majalah terkait dan sang editor senior, serta Bali Zoo sebagai lembaga konservasi seharusnya meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat, di mana orangutan selayaknya hidup di alam, alih-alih jadi hewan peliharaan atau hiburan.

Kendati demikian, seperti yang termuat di halaman pertama, pihak Her World Brides Indonesia tak membenarkan kalau foto Luna dan orangutan tersebut merupakan sampul majalah mereka. Kendati demikian, ktika dihubungi Bintang.com, Jumat (6/10/2017), pihak Her World Brieds Indonesia tak mengelak adanya sesi pemotretan Luna dengan sang primata atas kerja sama mereka dengan Bali Zoo.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading