Sukses

Entertainment

6 Tandem Gitaris Band Indonesia, Siapa Paling Keren?

Fimela.com, Jakarta Soal musik, Indonesia termasuk salah satu jagoannya. Negeri kita punya para musisi dan grup musik yang mumpuni dari segi kualitas maupun popularitas.

Banyak yang bilang ngeband itu susah karena harus saling mengalahkan ego masing-masing. Penggambaran yang realnya bisa kita ambil contoh peran dua gitaris dalam satu band.

Format band dengan dua gitaris memang agak tricky. Pasalnya mereka harus bisa saling melengkapi, bukan justru saling ingin mengalahkan satu sama lain.

Dari sekian banyak band yang memiliki dua gitaris, beberapa pasangan tandem ini cukup populer dan mampu bersinergi dengan baik. Mari kita simak daftar duo gitaris keren dalam satu band, siapa paling keren?

1. Andra dan Stevie (Andra and the Backbone)

Formasi Andra and the Backbone terbilang unik karena member inti mereka terdiri dari 3 personel. Andra dan Stevie Item memegang kendali aransemen dengan karakter gitarnya, sementara di vokal ada Dedy Lisan dengan kekuatan vokalnya.

Tak ada yang meragukan kualitas Andra dalam bermain gitar, begitu pun Stevie. Sama-sama punya skill mumpuni, keduanya tetap bisa padu dalam meracik musik-musik pop rock ala Andra and the Backbone.

 

A post shared by @andrathebackbone on

2. Lukman - Uki (NOAH)

Tandem yang satu ini juga sudah teruji dari stabilnya eksistensi NOAH. Lukman dan Uki membagi peran dengan baik dan memberi sumbangsih besar dalam aransemen lagu NOAH.

Lukman dikenal dengan fill gitarnya yang kaya nada, sementara Uki tak kalah unik dengan sound dan style-nya yang kadang rumit tapi enak didengar.

 

3. Iga Massardi - TJ Kusuma (Barasuara)

Biasanya dalam band dengan dua gitaris ada peran yang membagi untuk berperan ritmis atau melodis. Namun di Barasuara pembagian antara Iga dan TJ cukup komplementer.

Iga sebagai vokalis tak kesulitan memainkan riff rumit, sementara TJ dengan leluasa mengeksplor permainan dengan melodi-melodi yang ritmik, kadang juga dominan.

4. Ridho - Abdee Negara (Slank)

Tandem berikutnya tak kalah gahar di kalangan musisi. Mereka adalah Ridho dan Abdee Negara, dua gitaris yang mengisi nyawa blues grup musik Slank.

Hampir sama seperti Iga dan TJ, Ridho dan Abdee memiliki peran yang sama di atas panggung. Hanya saja Ridho kadang memberi nuansa lain dengan bermain piano, dan backing vocal.

 

5. Rama - Ariel Nidji

Nidji termasuk grup musik yang 'ramai' dan komplet. Musik mereka terdengar sangat kaya dengan dua gitaris, satu bassis dan drummer, serta 1 keyboardis.

Kolaborasi Rama dan Ariel juga terasa efektif dan tidak berlebihan. Yang patut diapresiasi adalah peran kedua gitaris ini dalam membangun struktur aransemen agar tak terlalu menyimpang, tapi tetap dinamis.

 

A post shared by Rama Akbar (@ramadhistaakbar) on

6. Ezra - Febri (HiVi)

Duo gitaris ini mungkin yang paling banyak difavoritkan para wanita. Sejak awal kemunculannya, HiVi tampil dengan dua gitaris, satu akustik dan elektrik di sisi lain.

Musik HiVi yang lebih pop dan folk ditopang dengan ritmik Febri yang lebih akustik, lalu diwarnai oleh petikan Ezra. Perpaduan ini dirasa cukup pas, dan nyaman di telinga para penikmat musik.

 

A post shared by Ezra Mandira (@ezramandira) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading