Sukses

Entertainment

Pengabdi Setan Tembus 3 Juta, Joko Anwar Ketagihan Buat Horor

Fimela.com, Jakarta Joko Anwar sukses menggebrak industri film horor Indonesia lewat film Pengabdi Setan. Film yang pernah populer di era 80-an tersebut berhasil mengulang kesuksesannya berkat tangan dingin seorang Joko Anwar. 20 hari tayang di bioskop, film ini telah mengumpulkan 3.028.565 penonton.

Selain sukses dari segi jumlah penonton, Pengabdi Setan masuk dalam 13 kategori Festival Film Indonesia 2017. Ini menjadi pelengkap kesuksesan Joko Anwar di film Pengabdi Setan. 

Perjuangannya tidak semudah membalikkan telapak tangan, ia berpikir keras untuk mempertahankan atmosfer horor dengan dialog persis dengan Bahasa percakapan pada era 80-an lalu. Film Pengabdi Setan adalah film horor atmosferik yang diproduksi tahun 1981 oleh Rapi Film.

"Ini film yang membuat saya pengin nonton film. Kenikmatan nontonnya itu sampai sekarang masih terasa. Karena itu saya ingin membuat kembali Pengabdi Setan yang bisa memberikan pengalaman sinematik kuat. Pengin memberikan efek yang asyik banget ke penonton seperti yang saya rasakan waktu kecil," ujar Joko Anwar di redaksi bintang.com beberapa waktu lalu.

 

Teman-teman, ini jumlah penonton #PengabdiSetan sampai dengan kemarin, ya. Terima kasiiih...

A post shared by Joko Anwar (@jokoanwar) on

Joko berhasil membuat ulang film Pengabdi Setan serta mengulang kesuksesan film tersebut. Namun, mimpi Joko masih panjang, banyak genre film yang sangat ingin ia garap.

Genre Horor

Meski banyak genre film dipikirannya, ia tetap menikmati sebagai sineas film horor yang jarang diminati ketimbang genre drama di Indonesia.

"Sebagai pecinta genre horor merasa harus bisa mengangkat harkat dan martabat genre horor menjadi genre yang terhormat lagi. Karena selama ini orang menganggap horor itu genre kelas dua. Saya ingin membuat genre horor jadi genre yang terhormat lagi dengan dikerjakan secara serius," paparnya.

Menurut Joko Anwar, genre horor sangat menarik. "Karena genre horor adaah genre paling jujur. Memberikan kenikmatian sinematik pada penonton," jelasnya.

 

Martabat Film Horor

Dari kecil, Joko sangat dekat dengan film horor. "Saya sering nonton di bioskop walaupun nontonnya dari lubang angin tapi seru banget. Dan waktu itu saya banyak nonton film horor," katanya.

Film horor juga menuntut skill yang menantang. "Bagaimana kita bisa bermain dengan ekspektasi penonton. Timingnya harus bener, penataan harus presisi, dan ini membuat saya selalu tertantang membuat film horor," katanya.

Selain Pengabdi Setan, banyak film horor yang diingat oleh Joko Anwar. "Jadi saya ingin terus membuat film horor. Saya rasa masyarakat Indonesia sangat dekat dengan film horor. Makanya harus disuplai dengan film horor yang bermutu," paparnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading