Sukses

Entertainment

Editor Says: Jalan-jalan ke Pulau Pari

Fimela.com, Jakarta Setelah sekian bulan berkutat dengan pekerjaan, kini saatnya kami tim Bintang.com rehat sejenak. Hari ini kami pergi jalan-jalan ke Pulau Pari.

Ini adalah perjalanan pertama saya ke pulau Pari meski sudah berbilang tahun tinggal dan berkarya di Jakarta. Padahal pulau ini relatif dekat dari Jakarta. Menggunakan kapal rakyat pelayaran sekitar dua jam. Kalau menumpang kapal cepat waktunya akan terkoreksi lagi separuhnya.

Salah satu sudut dermaga Pulau Pari [Edy Suherli/Bintang.com]

Perjalanan terjauh saya melintasi kepulauan seribu baru sampai di Pulau Bidadari, Pulau Onrust dan Pulau Kelor. Pulau-pulau itu memang relatif dekat dengan Jakarta. Itu terjadi sekitar lima tahun silam, sudah cukup lama.

Ternyata Pulau Pari tak kalah menawan dengan ketiga pulau yang pernah saya datangi. Apalagi di sini juga ada fasilitas wisata air yang relatif memadai.

Lumayan untuk sekadar keluar dari rutinitas pekerjaan. Menikmati keindahan alam yang relatif masih asri. Jaraknya pun tak jauh dari ibu kota.

Pulau Reklamasi

Dalam perjalanan menuju Pulau Pari dari Pelabuhan Kali Adem, Jakarta Utata terlihat proyek reklamasi beberapa pulau yang masih jadi issu panas saat pemilukada Jakarta sampai saat ini.

Tak usalah kita bahas perlu atau tidaknya proyek reklamasi ini untuk Jakarta. Atau soal layak tidaknya reklamasi dilakukan, soalnya bicara soal ini ujung-ujungnya akan berbau politis. Tergantung siapa penguasanya.

Foto bersama sebelum bertolak ke Pulau Pari [Edy Suherli/Bintang.com]

Buat saya yang warga biasa ini tak ada pengaruhnya bicara soal itu. Biarlah mereka yang punya kompetensi untuk bicara soal itu agar bisa menjadi pegangan kita semua.

Yang menjadi fokus perhatian saya, yang penting setiap pembangunan jangan hanya asal membangun. Lingkungan adalah faktor yang harus jadi pertimbangan utama dalam membangun sesuatu.

Setelah persoalan lingkungan soal berikutnya apakah proyek yang dibangun itu bermanfaat bagi rakyat. Baik itu manfaat secara langsung atau tidak langsung.

https://cdn1-a.production.images.static6.com/CUA1K1HXAZKHkO6s0c0f9lxbVSA=/673x373/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/liputan6-media-production/medias/1223722/original/014628800_1462345360-20160504--Proyek-Reklamasi-Pulau-C-dan-D-Jakarta-FF5.jpg

Kalau kedua hal itu terpenuhi, tak ada masalah dengan proyek apa pun, termasuk reklamasi di teluk Jakarta yang masih menjadi bola  panas itu.

Ups, ternyata kapal yang membawa saya dan tim redaksi Bintang.com menuju Pulau Pari sudah merapat di dermaga Pulau Pari. Alhamdulillah sampai kita ke Pulau Pari. Santai dulu kita di pulau Pari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading