Sukses

Entertainment

Eksklusif Nirina Zubir, Lebih Macho Dibanding 5 Cowok Jagoan

Fimela.com, Jakarta Kalau menyebut nama Nirina Zubir mungkin banyak yang mengenalnya sebagai seorang presenter. Apalagi dunia presenter dan broadcast yang membuat namanya dikenal luas. Namun wanita yang akrab disapa Na’ ini juga seorang aktris handal yang mampu memainkan berbagai macam peran.

***

Selain aktingnya yang mumpuni, film-film yang dibintangi Nirina juga banyak yang laris atau menjadi box office. Wanita kelahiran Madagaskar, 12 Maret 1980 ini juga termasuk awet muda, diantaranya karena sering mendapat peran sebagai remaja. Nirina sendiri mulai angkat nama di dunia hiburan setelah menjadi presenter acara music atau yang lebih dikenal sebagai VJ (Video Jockey) di MTV Indonesia.

Nirina Zubir, pemain film '5 Cowok Jagoan'. (Fotografer: Deki Prayoga, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Tak hanya lincah dan luwes dalam membawakan acara, Nirina juga fasih berbahasa Inggris dan Mandarin. Istri dari Ernest Fardian ini ternyata juga bakat lain yaitu di bidang akting. Ia pun mengawali karirya di dunia film lewat 30 Hari Mencari Cinta yang disutradarai Upi. Namun peran yang melejitkan pamor Nirina sekaligus membuktikan kualitas aktingnya adalah film Heart (2006).

Meski sudah berusia 25 tahun saat syuting, Nirina tampil pas dan meyakinkan sebagai Rachel, cewek tomboy yang diam-diam jatuh cinta pada sahabatnya sendiri.  Film yang juga dibintangi Irwansyah dan Acha Septriasa itu bukan hanya laris tapi juga membawa Nirina meraih Piala Citra sebagai Aktris Utama Terbaik di FFI 2006.

Film Nirina Zubir lainnya yang sukses adalah Get Married (2007). Film komedi itu termasuk laris dan banyak disukai sehingga dibuatkan sekuelnya sampai Get Married 5 (2015). Nirina pun mampu membuktikan kualitas aktingnya baik di genre drama maupun komedi.

Nirina Zubir, pemain film '5 Cowok Jagoan'. (Fotografer: Deki Prayoga, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Film lain yang pernah dibintanginya antara lain, Kamulah Satu-satunya, Purple Love, Hafalan Shalat Delisa, Bidadari-Bidadari Surga, Comic 8, Aku Ingin Ibu Pulang, Shy Shy Cat dan yang terbaru, 5 Cowok Jagoan.  Nirina Zubir sangat antusias bermain di film produksi MVP Pictures tersebut.

“Aku senang banget main di 5 Cowok Jagoan ini karena bisa belajar fighting dan ada koreografinya juga. Proses persiapan dan pembuatannya nggak gampang tapi seru dan banyak tantangannya,” tutur Nirina Zubir saat berkunjung ke redaksi Bintang.com, beberapa waktu lalu. 

Lalu apa lagi yang membuat Nirina begitu antusias bermain di film 5 Cowok Jagoan? Pengorbanan dan perjuangan apa yang harus dilakukannya? Lalu apa lagi yang akan dilakukan seorang Nirina Zubir di masa mendatang?

Usaha Keras Nirina Zubir

Film 5 Cowok Jagoan yang disutradarai Anggy Umbara ini tak hanya menampilkan action tapi juga banyak unsur komedinya. Genre ini sepertinya menjadi spesialisasi Anggy. Lalu seperti apa peran Nirina Zubir diantara lima cowok jagoan?

Seperti apa garis besar cerita film 5 Cowok Jagoan?

Film ini tentang persahabatan lima orang cowok sejak kecil yang berjanji bakal saling membantu sampai mereka dewasa nanti. Lalu suatu hari salah satu dari mereka, Yanto, pacaranya diculik.  Yanto kemudian menagih janji pada keempat sahabatnya meski mereka sudah lama nggak ketemu. Mereka kemudian sepakat buat membantu Yanto buat membebaskan pacarnya. Yang jadi lima cowok jagoan ini ada Ario Bayu, Arifin Putra, Muhadkly Acho, Dwi Sasono dan Cornelio Sunny.

Apa peran kamu di film ini?

Aku berperan sebagai Debby, dia itu seorang bounty hunter, pemburu bayaran, tapi bukan pemburu Bounty (Umbara) ya, hahaha. Dia bisa menggunakan banyak senjata dan orangnya serius banget hampir nggak ada bercandanya. Dia itu orangnya tough, cowok banget dan malah lebih macho dari lima cowok jagoan di film ini, hehehe. Kenapa Debby dibilang lebih cowok dari lima cowok ini, lihat sendiri nanti di filmnya. Debby ini menggunakan senjata yang banyak sekali, orangnya yang nggak ada becandanya, karena tugasnya pembunuh bayaran dan serius hidupnya.

Nirina Zubir, pemain film '5 Cowok Jagoan'. (Fotografer: Deki Prayoga, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Ada persiapan khusus sebelum syuting?

Sebelum main film ini aku sama pemain lainnya mesti latihan pencak silat supaya adegan fighting dan action nya lebih keren. Dan dengan senang hati dan bangga aku jadi pemain film action Indonesia pertama yang pakai ‘Kerambit’, alat bela dari di Minangkabau.

Apa benar kamu menjalani latihan yang cukup berat sebelum syuting?

Iya, karena aku dtuntut untuk punya tubuh yang proporsional sebagai penumpas para penjahat di film 5 Cowok Jagoan. Selain itu tujuannya juga supaya gerakan aku lebih fleksibel. Jadi aku sama beberapa pemain harus berlatih fisik selama 6 sampai 10 jam tiap hari, dan itu persiapannya selama 2,5 bulan. Banyak hal baru yang aku pelajari selama latihan. Aku juga dikasih tantangan supaya shape up dan menguasai koreografi dalam waktu dua bulan saja

Pernah merasa kelelahan saat persiapan dan selama syuting?

Kalau proses latihannya aku sih lumayan lancar dan senang banget ngejalaninnya. Yang terasa beratnya justru pas di lokasi syuting, karena kan semua ada disitu makanannya. Di jam-jam tertentu ada mie instan dan gorengannya, huh menolaknya cukup berat tapi untungnya aku bisa menahan diri, hehehe.

Ada kesulitan selama syuting?

Kalo kesulitan pasti ada di tiap film, tapi ya karena itu tadi aku enjoy banget bermain di film ini. Yang paling sulit dan menantang itu ya karena harus main bareng orang-orang yang punya selera humor tinggi jadi susah nahan ketawa pas syuting. Soalnya mereka ini lucu-lucu, padahal karakter aku di film ini kan serius banget orangnya. Jadi kalo ada yang lucu jadi susah nahan ketawa.

Nirina Zubir, pemain film '5 Cowok Jagoan'. (Fotografer: Deki Prayoga, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Apa saja kesan yang didapat selama syuting?

Syuting film ini kan prosesnya sekitar sebulan. Aku senang banget main sama mereka, apalagi Ario Bayu tampil beda banget. Ini kan film komedi pertamanya Bayu dan penampilannya di sini beda banget, pokoknya he nailed it!. Terus Arifin juga beda banget, keren dan kocak banget pokoknya. Orangnya cerita oportunis banget udah gitu alisnya nyambung pula, hahaha.

Ini kan film komedi campur action, apa ada improvisasi atau harus sesuai naskah?

Iya di film ini kita memang banyak improvisasinya. Biasalah kalo film komedi kan memang begitu. Apalagi sutradaranya Anggy, dia senang banget kalo ada improvisasi yang bagus saat syuting.

 

Masa Depan Nirina Zubir

Selain di 5 Cowok Jagoan yang akan tayang pada 14 Desember nanti, Nirina Zubir juga akan tampil di sejumlah proyek film lainnya. Apa saja proyek film terbarunya dan apa rencana Nirina di masa mendatang?

Setelah ini, apa lagi film atau proyek terbaru kamu?

Sekarang lagi fokus promo sama syuting film baru. Setelah di 5 Cowok Jagoan ini aku udah ada jadwal buat syuting film Keluarga Cemara. Setelah ini aku juga mau syuting sekuel film Insya Allah, Sah.

Seperti apa peran kamu di dua film itu?

Kalo di Keluarga Cemara saya main bareng Ringo Agus Rahman, ini diadaptasi dari sinetron yang hits di tahun 90-an. Aku jadi Emak dan Ringgo jadi Abah. Kalo yang film lain aku belum bisa cerita sekarang, hehehe.

Nirina Zubir, pemain film '5 Cowok Jagoan'. (Fotografer: Deki Prayoga, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Selain bermain film, bagaimana dengan karir sebagai presenter?

Presenter lagi belum banyak tapi masih tetap aku jalanin sampai sekarang. Kalau untuk jadi presenter tetap di televisi belu mada karena susah bagi waktunya juga, paling acara one time atau lepas saja.

Peran apa lagi yang ingin kamu mainkan?

Aku pengin main di film thriller karena belum pernah main di thriller. Terus aku juga kangen main main film horor lagi. Tapi aku senang juga dengan karakter aku di 5 Cowok Jagoan’, aku jadi nagih main film action lagi.

Hal apa yang bikin kamu sangat senang?

Karena di film ini aku bisa berolahraga dalam melatih fisik aku sampai jadi berotot kayak sekarang ini, hahaha. Apalagi karena film ini berat badan aku bisa turun sampai 10 kilogram, yah lumayanlah buat ibu anak dua, hehehe.

Siapa aktor favorit kamu?

Aku nggak punya aktor favorit yang spesik sih, karena banyak banget dan aku nggak ingin terpengaruh gaya akting aktor lain. Soalnya aku itu orangnya spons banget jadi menghindar buat mencontoh karena gampang banget buat meniru seseorang. Jadi Nirina nggak mau mengidolakan satu orang tertentu, nanti takutnya jadi niruin dia.

Nirina Zubir, pemain film '5 Cowok Jagoan'. (Fotografer: Deki Prayoga, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Kalau film favorit?

Sekarang aku lagi suka sama film India kayak Danggal, begitu juga sama film Korea, ada yang bisa jadi box office sekaligus bisa Berjaya di festival. Kalo film Hollywood ya pastilah kan memang udah kiblatnya perfilman dunia.

Apa rencana selanjutnya terutama di bidang film?

Aku pengen sih nyoba di belakang layar, jadi sutradara misalnya. Tapi mungkin bukan dalam waktu dekat. One day, aku ingin mewujudkan target dan impian aku.Kalau sekarang belajar dulu lewat film yang saya main. Pengin belajar atau sekolah tentang film di luar negeri tapi sekarang mungkin susah apalagi harus ninggalin keluarga sama negeri sendiri, ya mudah-mudahan nanti saya bisa sekuat itu, Amin.

Ada banyak perubahan yang dikakukan Nirina Zubir selama bermain di film 5 Cowok Jagoan termasuk dalam hal fisik atau penampilan. Nirina memang selalu berusaha bermain maksimal dalam tiap peran yang dibawakannya. Hal itu membuat Nirina termasuk dalam jajaran aktor berkualitas di tanah air.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading