Sukses

Entertainment

Editor Says, Seragam Bukan Sekedar Identitas

Fimela.com, Jakarta Kostum identik dengan pakaian yang dikenakan oleh seseorang dalam sebauh pentas sandiwara atau teater. Padahal kostum secara terminologi berarti pakaian khusus bagi perseorangan, regu olahraga, rombongan, kesatuan dan masih banyak lagi, yang dikenakan dalam momen upacara, sandiwara, karnaval dan lain-lain.

Kalau itu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Karena itu, istilah kostum berlaku umum dan bukan untuk pentas saja. Yang membedakan pakaian kostum dengan pakaian biasa adalah momen pemakaian atau penggunaan pakaian tersebut. Pakaian kostum digunakan dalam momen-momen tertentu seperti karnaval, upacara atau sandiwara.

Kontingen atlet Indonesia saat mengikuti parade upacara pembukaan Olimpiade 2016 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil (5/8).Kostum yang digunakan para kontingen merupakan paduan jas dan batik. (FRANCK FIFE / AFP)

Lalu ada seragam yang punya arti hampir senada. Seragam adalah pakaian dengan corak atau model yang sama. Seragam juga bisa dibilang seperangkat pakaian dan atributnya yang dikenakan sama atau serupa oleh suatu anggota organiasi atau lembaga pemerintah atau non pemerintah sewaktu berpartisipasi atau melakukan kegiatan aktivitas dalam organisasi tersebut.

Seragam bukan sekedar identitas karena bisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas karyawan dalam bekerja. Seragam juga berfungsi meningkatkan motivasi kerja bagi karyawan. Selain itu seragam juga bisa menjadi iklan berjalan bagi perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja. Hal itu pun disadari betul oleh banyak perusahaan di Indonesia, termasuk oleh PT Gapura (Gapura Angkasa).

Musa Widyatmodjo di peluncuran seragam baru PT Gapura Angkasa.  foto: twitter (@ParadisoNews)

Mereka adalah perusahaan yang memimpin jasa layanan bandara terbesar serta merupakan anak perusahaan dari tiga BUMN yang sudah dikenal di bidang aviasi dan bisnis airport. PT Gapura baru saja meluncurkan seragam baru yang menggandeng Musa Widyatmodjo melalui PT. Musa Atelier sebagai desainer serta PT. Gumilar Mandiri Perkasa sebagai mitra bisnis.

Acara tersebut dikemas dalam acara bertajuk ‘Gala Dinner and New Uniform Launching’ di Ballroom Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/1/2018). Hadirnya seragam baru dengan motif dan warna yang sejalan dengan corporate color ini akan mencerminkan budaya dan nilai perusahaan untuk menunjang peningkatan kinerja melalui kualitas operasional dan pelayanan prima. 

 

Musa Widyatmodjo dan Seragam

Sementara itu, Musa Widyatmodjo tak hanya dikenal sebagai desainer senior terkemuka Indonesia, tetapi juga sudah dipercaya untuk menangani kebutuhan desain seragam dari beberapa korporasi besar di Tanah Air mulai dari perbankan, maskapai penerbangan dan beberapa perusahaan di industri lainnya. Khusus untuk Gapura, Musa merancang seragam yang mengangkat tema ‘Sinergi Sejagad’.

“Saya mengusung tema ‘Sinergi Sejagad’ sebagai cerminan akan keberagaman proses kerja yang di tata sedemikan rupa buat mencapai hasil yang bernilai tinggi. Adapun warna gradasi hijau terang ke biru tua memberi kesan segar dan bersemangat guna membangun motivasi budaya kerja profesional”, jelas Musa Widyatmodjo seputar desain seragam Gapura.

Inilah cerita perjalanan hidup perancang mode senior Indonesia Musa Widyatmodjo. (Foto by Adrian Putra/Bintang.com, Digital Imaging by Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)Acara ‘New Uniform Launching’ sekaligus bertepatan dengan dengan Hari Ulang Tahun PT Gapura Angkasa ke-20 ini dimeriahkan dengan peragaan 10 model seragam kerja mulai dari untuk petugas Front Liner sampai untuk OB dan Driver.

“Saya merasa terhormat terpilih sebagai konsultan desainer yang dipercaya merancang seragam baru dari Gapura untuk beberapa divisi mereka. Dengan kepercayaan dari Gapura ini, saya akan lebih serius akan mengembangkan bisnis desain seragam untuk membantu perusahaan atau korporasi mendapatkan tampilan yang kreatif, stylish, segar namun tetap menjunjung corporate value masing-masing”, tutur Musa.

Pemain Timnas Jerman berpose memperkenalkan jersey terbaru untuk Piala Dunia 2018 di Berlin (7/11). Jersey ini terinspirasi dari kostum yang pernah dikenakan pada Piala Dunia 1990. (AFP Photo/Ganjil Andersen)Hal seperti itu semakin menunjukkan betapa pentingnya arti kostum maupun seragam bagi sebuah perusahaan maupun tim. Tak hanya di bidang industri, di bidang olaharaga pun makna sebuah kostum atau seragam sangat penting. Kamu yang suka memakai kostum tim olahraga favorit kamu tentunya sangat senang dan bangga saat mengenakan kostum tersebut. 

 

What's On Fimela
Loading