Sukses

Entertainment

Raih 13 Nominasi Oscar, Film The Shape of Water Dituduh Menjiplak

Fimela.com, Jakarta Ada kabar mengejutkan dari film The Shape of Water. Film yang disutradarai Guillermo del Toro sudah meraih banyak penghargaan di sejumlah festival bergengsi dan kemungkinan besar termasuk di ajang Oscar 2018 nanti.

Seperti kita tahu, The Shape of Water mendapatkan 13 nominasi di ajang Oscar 2018 termasuk untuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Sayangnya, sederet prestasi membanggakan itu sepertinya harus tercoreng. Baru-baru ini seorang pria bernama David Zindel menuding film The Shape of Water adalah hasil plagiat atau jiplakan naskah teater berjudul "Let Me Hear You Whisper".

Seperti dilansir dari BBC, naskah teater yang dibuat tahun 1969 itu mengangkat tema yang sama dengan The Shape of Water. Tema utamanya adalah kisah cinta seorang wanita yang bekerja di laboratorium dengan makhluk aneh yang dikurung di sebuah akuarium besar.

Sutradara The Shape of Water

Menurut Zindel, banyak kemiripan lain dari naskah teater sang ayah dengan The Shape of Water, termasuk penggunaan istilah ‘vivisection’ (pembedahan). Zindel juga menyertakan komentar publik soal kemiripan The Shape of Water dengan Let Me Hear You Whisper.

Kasus ini kemungkinan besar akan dibawa ke pengadilan. Zindel menuntut Guillermo del Toro dan nama-nama yang terlibat dalam film tersebut untuk membagi keuntungan dengannya. Ia juga meminta ganti rugi atas dugaan plagiat naskah sang ayah. Di sisi lain, Guilermo de Toro masih bungkam belum memberikan tanggapan.

Namun pihak Fox Searchlight sudah membantah semua tuduhan tersebut. Menurut perwakilan mereka, klaim dari Zindel tidak berdasar, dan mereka akan mengajukan mosi untuk diberhentikan. Lalu, bagaimana kelanjutan kasus ini? Apakah akan berpengaruh terhadap pamor The Shape of Water di Oscar 2018 yang akan digelar pada 4 Maret nanti? Kita tunggu saja.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading