Sukses

Entertainment

5 Fakta Menarik Film Guru Ngaji

Fimela.com, Jakarta Salah satu film Indonesia yang bisa kita nikmati dengan keluarga di bulan Maret ini adalah film Guru Ngaji. Film persembahan rumah produksi Chanex Ridhall Pictures mengangkat cerita ini berdasarkan bentuk perhatian atas jasa dan ilmu para guru ngaji yang telah diberikan kepada masyarakat.

Film ini bercerita tentang Mukri (diperankan Donny Damara), seorang guru ngaji yang selalu ikhlas mengajar tanpa meminta imbalan lain. Namun buat memenuhi kebutuhan keluarganya, ia bekerja sampingan sebagai badut tanpa sepengetahuan orang lain.

Mukri sengaja menyembunyikan hal tersebut karena menurutnya menjadi guru ngaji merupakan pekerjaan yang terhormat dan sakral, berbanding terbalik dengan badut yang selalu membuat orang tertawa.

Awalnya semua berjalan lancar. Masalah mulai muncul saat Kepala Desa meminta Mukri untuk memimpin doa di acara ulang tahun anaknya sekaligus ada tawaran buat jadi badut dari acara yang sama.

Selain Donny Damara dan Tarzan, film ini ikut dibintangi oleh Dewi Irawan, Ence Bagus, Verdi Solaiman, Akinza Chavelier, Andania Suri, dan Dodit Mulyanto. Berikut ini ada lima fakta menarik seputar film Guru Ngaji yang sudah tayang di bioskop mulai 22 Maret kemarin.

1. Makna Film Guru Ngaji

Di film Guru Ngaji, berbagai sisi pun disuguhkan, bukan hanya sisi religi saja tapi juga makna dari keikhlasan, toleransi, kejujuran, dan persahabatan. Kita juga diajak untuk mengenal seperti apa kehidupan guru ngaji yang ada di Indonesia saat ini.

2. Perjuangan Guru Ngaji

Film Guru Ngaji ingin menggambarkan situasi tentang bagaimana bekerja dengan ikhlas mengajar ngaji ke masyarakat. Di sisi lain, guru ngaji juga manusia, punya anak dan istri yang harus dihidupi.

3. Dedikasi Guru Ngaji

Menurut sang produser, film Guru Ngaji didedikasikan untuk semua guru ngaji di seluruh Indonesia. Mereka termasuk sosok yang tak pernah tergerus oleh jaman yang sudah berbasis teknologi maju.

4. Guru Ngaji dan Donny Damara

Sebagai pemeran senior, Donny Damara sempat mempertanyakan kemampuannya ketika didaulat untuk menjadi seorang guru ngaji. Menurutnya peran tersebut sangat menantang.

"Tapi tantangan itu saya jadikan peluang. Deg-degan harus karena kalau tidak saya akan gegabah," tutur Donny. Menurutnya ada satu tim produksi yang memiliki ilmu tentang tajwid. Dari situ Donny Damara belajar.

5. Ence Bagus dan Guru Ngaji

Di film Guru Ngaji, Ence Bagus berperan sebagai Parmin, pria yang bekerja sebagai badut di sebuah pasar malam dan sahabat terdekat Mukri. Menurut Ence, sebagian besar yang dialami Parmin juga ia rasakan di kehidupan nyata.

"Apa yang dialami Parmin itu hampir 70 persen saya alami. Mencintai perempuan cakep pernah, nggak punya motor iya pernah, saingan sama temen sering, difitnah sering,” kenang Ence yang merasa senang bisa bermain di Guru Ngaji.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading