Sukses

Entertainment

Editor Says, IBOMA 2018 dan Bangkitnya Film Indonesia

Fimela.com, Jakarta Ajang Indonesian Box Office Movie Awards atau IBOMA 2018 kembali digelar oleh SCTV. Malam penghargaan IBOMA 2018 digelar hari Jumat (23/3/2018) di Studio 6 Emtek City, Daan Mogot, Jakarta Barat dan ditayangkan langsung di SCTV.

Untuk penjurian, tujuh sineas yang telah banyak berkecimpung baik di depan maupun belakang layar dalam proses produksi film, dilibatkan. Mereka adalah Erwin Arnada, Gina S Noer, Lola Amaria, Prisia Nasution, Rako Prikanto, Sentot Sahid, dan Titi Rajo Bintang.

Kali ini ada 15 kategori yang akan disuguhkan dalam perhelatan yang akan diselenggarakan nanti. 15 kategori tersebut adalah Film Box Office Tahun Ini, Film Box Office Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Lalu Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Pendatang Baru Terbaik, Poster Film Terbaik, Trailer Film Terbaik, Produser Film of The Year, OST Film Terbaik, Ensemble Talent Terbaik, Top 10 Film Box Office Tahun Ini.

Sepuluh film tersebut adalah Pengabdi Setan, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2, Ayat-Ayat Cinta 2, Danur: I Can See Ghost, Jelangkung, Susah Sinyal, Surga yang Tak Dirindukan 2, Mata Batin, The Doll 2, dan Surat Cinta untuk Starla The Movie. 

IBOMA dan Jutaan Penonton

Pada akhirnya, Pengabdi Setan yang menjadi film terlaris di tahun lalu berhasil meraih piala terbanyak yaitu 7 piala. Ajang ini memang termasuk beda dan menarik karena hanya menyertakan film-film yang menjadi box office di Indonesia.

Saat pertama kali diadakan pada 2016 lalu, yang masuk nominasi memang ada 10 film. Namun tak semuanya menembus angka satu juta penonton tapi tetap meraih keuntungan. Di IBOMA 2017, sepuluh film yang masuk nominasi semuanya sudah menembus angka jutaan penonton dan hal itu kembali terjadi di tahun ini.

Bahkan di tahun persaingannya lebih ketat lagi karena Pengabdi Setan yang meraih 4,2 juta penonton di tahun lalu hanya unggul tipis dari Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2 yang mendapatkan 4 juta penonton. Namun ternyata Pengabdi Setan justru bersaing dengan Susah Sinyal kreasi Ernest Prakasa.

Menariknya lagi, Pengabdi Setan dan karya Ernest Prakasa sebelumnya yaitu Cek Toko Sebelah juga meraih beberapa piala di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2017 lalu. Hal ini setidaknya menandakan film yang laris ternyata juga berkualitas dan film yang bagus juga bisa laris di pasaran.

IBOMA dan Penonton Film Indonesia

Ajang IBOMA 2018 bisa dibilang ikut menandai kebangkitan kembali dan semakin majunya industri film Indonesia dari tahun ke tahun. Ada festival film lain yang mungkin lebih bergengsi seperti FFI, tapi IBOMA seperti menjadi cermin kalau industri film Indonesia masih berjalan ke depan karena makin disukai penonton.

Di awal tahun ini saja, sudah ada dua kandidat peserta IBOMA 2019 alias film yang menjadi box office dengan meraih jutaan penonton. Dua film itu adalah Eiffel I’m in Love 2 yang mendapatkan 1 juta penonton lebih dan tentunya film fenomenal di awal tahun 2018 yaitu Dilan 1990 yang meraih 6,3 juta penonton.

Sampai dengan bulan Maret saja sudah ada film seperti Dilan 1990 yang kini menjadi film Indonesia terlaris kedua sepanjang masa. Bisa jadi di tahun ini akan ada lebih dari 10 film nasional yang meraih jutaan penonton. Mudah-mudahan saja ini bukan euforia sesaat dan jadi penegas kalau film Indonesia sudah semakin disukai penonton. Salah satu buktinya kita bisa lihat di IBOMA 2018

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading