Sukses

Entertainment

Kerennya Para Wanita di Balik Instrumen Musik

Fimela.com, Jakarta Hari Kartini diperingati sebagai peristiwa revolusioner, terutama di kalangan wanita. Semangat dalam menyejahterakan peran wanita dalam bermasyarakat oleh Kartini kini diterapkan di berbagai aspek, termasuk dunia musik.

Di perkembangan musik tanah air, wanita lebih banyak berprofesi sebagai penyanyi. Namun di samping itu banyak juga para musikus atau instrumentalis wanita yang sangat bertalenta.

Meski sudah semakin memudar, stereotype bahwa beberapa alat musik identik dengan laki-laki masih ada hingga kini. Tapi tidak bagi para musisi wanita hebat ini.

Mereka dikenal punya talenta luar biasa dalam memainkan instrumen masing-masing. Selain itu mereka juga memiliki semangat tinggi dalam berkesenian dan mengekspresikan diri.

1. Maya Hasan

Di urutan pertama ada salah satu pemain harpa senior tanah air. Dia adalah Maya Hasan, harpist yang lahir di Hong Kong dan punya rekam jejak mengagumkan di bidangnya.

Berbagai penghargaan diraih oleh musikus 46 tahun tersebutl. Beberapa di antaranya adalah The Music Talent Award, The Stannus Music Award, dan The Violet Burlingham M.P.E. Award.

2. Isyana Sarasvati

Sebelum menapaki karier sebagai penyanyi solo, Isyana Sarasvati terlebih dulu mendalami alat musik piano. Isyana mendalami musik secara akademis di Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura dan Royal College of Music, Britania Raya. 

Isyana sempat menjuarai berbagai kejuaraan, termasuk di kompetisi Asia Pasifik. Sampai saat ini pun Isyana Sarasvati masih diperitungkan sebagai penyanyi sekaligus pianis andal kebanggaan Indonesia.

3. Wanda Omar

Setelah harpa dan piano, kini giliran pemain bass. Di Indonesia sendiri bassis perempuan yang dikenal memang tak terlalu banyak. Tapi bicara soal skill, nama Wanda Omar tentu sudah tidak asing.

Selain menjadi session player, Wanda Omar juga kerap mengunggah kegiatannya di social media. Beberapa bass covernya mendapat respon luar biasa dari para penjelajah internet.

4. Nathania Jualim

 

A post shared by Nathania Jualim (@nathaniajualim) on

Satu lagi musisi yang kemampuan bermusiknya memukau banyak orang. Kali ini kita membahas tentang gitaris muda berbakat, Nathania Jualim.

Gaya bermainnya yang cepat dan dinamis membuatnya dikagumi para netizen dan juga rekan musisi. Nathania sebentar lagi akan menggelar recital gitar bertajuk Metamorphosa sebagai bukti kematangannya 

5. Jeane Phialsa

Setelah harpa, piano, bass dan gitar, kali ini ada seorang drummer untuk melengkapinya. Dia adalah Jeane Phialsa, drummer yang telah beralih dari musik Melayu ke jazz.

Album instrumental bertajuk The Moment With You jadi bukti keseriusan Alsa menjadi drummer profesional. Selain itu ia juga kerap tampil bersama Erwin Gutawa Orchestra dan beberapa project musik lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading