Sukses

Entertainment

Cara Jitu Atasi Bau Kaki

Sepatu terbuka merupakan salah satu cara untuk kurangi bau kakiBau kaki bisa menghampiri semua orang tanpa pandang bulu. Nggak peduli strata sosial-ekonomi, kalau kamu termasuk ke dalam kelompok orang yang kurang menjaga kebersihan tubuh, siap-siap saja dihantui oleh permasalahan yang satu ini.

Kita semua pastinya sudah tahu sesuatu yang kotor akan menimbulkan bau. Tapi, apakah hanya hanya kotoran yang menyebabkan timbulnya bau kaki? “Bau kaki biasanya disebabkan karena adanya kuman-kuman tertentu yang bereaksi dengan keringat atau kotoran yang menempel di kulit kaki kita,” dr. Titi, Sp. KK., menjelaskan pada tim FIMELA.com saat ditemui di tempat praktiknya.

Sebenarnya keringat atau kotoran yang menjadi penyebab utama timbulnya bau kaki? “Keringat sangat berperan penting dalam menimbulkan bau kaki karena keringat membuat kakimu menjadi lembab dan tempat lembab adalah tempat nyaman untuk jamur tumbuh. Buat kamu yang mempunyai keringat berlebih, yang dalam istilah kedokteran disebut hiperhidrosis, ada obat-obat tertentu yang bisa mengurangi keluarnya keringat. Tetapi, tentunya obat ini nggak bisa digunakan terus-menerus dan nggak bersifat permanen. Untuk menghindari keringat berlebih, lebih baik kamu menggunakan sepatu terbuka dan menjauhi kaus kaki,” dr. Titi kembali menjelaskan.

Bagi penderita hiperhidrosis, lebih baik sesekali membuka sepatu agar kakimu bisa terkena udara luar dan berkurang kadar kelembabannya. Selain itu, kamu bisa coba untuk mencuci kakimu dengan menggunakan garam karena garam ampuh untuk mengurangi kelembaban kulit. Rendamlah kakimu dalam air hangat yang sudah ditaburi garam setelah selesai mandi, lakukan dua kali dalam seminggu.

Bagaimana caranya supaya kita bisa terhindar dari bau kaki? “Yang menjadi poin utama adalah masalah kebersihan. Sebisa mungkin jagalah kebesihan kulit kaki. Kalau kamu habis bepergian, cucilah kaki dengan menggunakan sabun kemudian keringkan. Jangan biarkan kakimu dalam keadaan lembab. Selain kebersihan kaki, kebersihan sepatu tentunya juga berperan besar dalam menghasilkan bau kaki karena sepatu yang tertutup merupakan tempat yang paling tepat bagi bakteri untuk berkembang biak. Maka bersihkanlah sepatumu dan gantilah kaus kaki setiap hari,” saran dr. Titi.

Cara lain untuk mengurangi bau kaki, kamu juga bisa menambahkan bedak tabur pada kaki dan juga sepatu yang akan kamu gunakan. Jangan salah, nggak cuma underarm yang punya deodorant, kaki pun punya deodorant khusus. Carilah bedak khusus kaki yang mengandung aluminum chloride hexahydrate di toko-toko obat terdekat.

So, FIMELA friends selalu perhatikan kebersihan kakimu agar terhindar dari serangan bau tidak sedap.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Langkah dan Perlengkapan untuk Melukis Sepatu Kanvas
Artikel Selanjutnya
Pemprov DKI Pasang Tugu Sepatu untuk Mempercantik Jakarta