Sukses

Entertainment

Sering Sit-Up Tapi Perut Masih Gendut? Cari Tahu Salahnya!

Next

Orang yang bertubuh gemuk atau dengan orang dengan berat badan di atas rata-rata, pasti akan dianggap lumrah jika dilihat tampil dengan perut yang juga sedikit tampak membuncit. Tapi, buat sebagian orang yang memiliki tubuh kurus atau setidaknya orang dengan berat badan proporsional, memiliki perut buncit rasanya pasti seperti memiliki beban tersendiri.

Orang kurus tidak selalu memiliki perut rata dan kencangBuat mayoritas perempuan, perut adalah salah satu hal penting yang memerlukan perhatian khusus karena biasanya kondisi perut menjadi salah satu faktor yang menentukan pemilihan baju yang akan dikenakan. Untuk mereka yang merasa memiliki perut agak buncit biasanya akan memilih baju dengan warna-warna gelap dan ukuran yang sedikit longgar agar “harta karun” mereka tidak terekspos publik.

Salah satu cara yang biasa dilakukan banyak oleh banyak orang untuk meratakan dan mengencangkan perut adalah dengan melakukan sit-up. Tapi, bagaimana jika ternyata rutin sit-up masih belum bisa memberikan perut rata dan kencang? Apa yang salah?

Next

“Ya, sit-up memang salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk meratakan dan mengencangkan perut. Tapi jika tidak dilakukan dengan benar maka bisa jadi kamu nggak akan mendapatkan hasil apapun pada perutmu. Bisa jadi justru selama sit-up kamu malah membentuk otot paha, bukannya otot perut karena ternyata cara yang kamu lakukan salah,” Lisa Namuri, instruktur Pilates menjelaskan pada tim FIMELA.com saat dihubungi melalui telepon.

Sit-up tidak harus dilakukan hingga posisi dudukLalu, bagaimana cara sit-up yang benar supaya tepat sasaran pada otot perut? Apakah bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus didampingi oleh seorang instruktur? “Ya, bisa. Banyak orang yang salah kaprah menganggap bahwa sit-up adalah gerakan yang dilakukan dari posisi tidur hingga posisi duduk. Tapi, ternyata jika kamu lakukan seperti itu, bisa jadi kamu malah mengencangkan otot paha, bukan mengencangkan otot perut seperti yang kamu inginkan. Kenapa? Karena ternyata otot perut hanya bekerja saat posisi duduk kita 45 derajat. Jadi, jika sit-up dilakukan hingga posisi duduk, biasanya malah akan mengencangkan otot paha. Atau mungkin juga otot perut terkena dampaknya, tapi hasil yang akan dicapai bukanlah perut rata. Melakukan sit-up dari posisi tidur hingga duduk biasanya akan menghasilkan perut six pack, yang untuk sebagian besar perempuan bukanlah hasil ini yang ingin diperoleh,” Lisa menambahkan.

Next

Otot perut hanya bekerja saat posisi tidur hingga tubuh berada dalam posisi 45 derajatSo, apa yang harus diperhatikan saat akan melakukan sit-up? Pastinya kamu nggak mau dong sit-up yang rutin kamu lakukan malah sia-sia karena si perut buncit nggak kunjung rata. “Sebenarnya, bukan hanya sit-up yang bisa meratakan perut. Posisi planking pun bisa membantu untuk meratakan dan mengencangkan perut. Nah, yang harus diperhatikan saat akan melakukan sit-up adalah kamu harus pastikan bahwa kamu sit-up dalam keadaan perut terkunci. Tarik perut ke dalam, tahan, dan rasakan hingga kamu merasa seperti ingin buang air kecil. Setelah itu, dalam keadaan perut terkunci, lakukan sit-up dari posisi tidur hingga 45 derajat. Dengan cara seperti itu, otot-otot perutmu pun akan bekerja,” Lisa mengarahkan.

Bagaimana, sudah tahu di mana letak kesalahan sit-up kamu? Sudah nggak putus asa untuk mendapatkan perut kencang dan rata lagi dong. Lakukan sit-up dengann benar supaya tepat sasaran. Selamat mencoba, Fimelova!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading