Sukses

Entertainment

Pidato Mengharukan Jared Leto dan Lupita Nyong'o di Oscars 2014

Next

Best Picture, Oscars 2014

Best Picture

Penghargaan terakhir, juga terbesar di Oscar tahun ini diberikan kepada 12 Years a Slave. Sebuah film dengan tema perbudakan, yang diangkat dari kisah nyata tokoh Solomon Northup. Warga Amerika berkulit hitam yang lahir sebagai orang bebas, namun kemudian diculik dan dijadikan budak selama 12 tahun, sebelum akhirnya bebas kembali. Dengan tema yang sangat relevan dan aktor-aktor bertalenta besar ambil bagian dari film ini, nggak heran film ini jadi juaranya. Bukan film yang enak ditonton karena sangat emosionil dan sebagian adegan penyiksaan budak tentu akan membekas di benak kita. Perlu kekuatan batin yang cukup, untuk bisa menyaksikan film ini 2 kali.

Next

 

Best Actor in Leading Role, Oscars 2014

Best Actor in Leading Role

Tahun ini, Matthew McCounaghey benar-benar membuktikan bahwa ia adalah aktor serius. Perannya sebagai penderita HIV/AIDS di Dallas Buyers Club memberikan anugerah Oscar untuknya. Sebuah peran yang berat karena aktor yang gemar berolahraga dan terkenal berbadan fit ini harus menjadi sangat kurus demi membawakan peran itu. Transformasi ekstrim semacam menjadi pola yang terbaca untuk mudah menapaki jalan meraih Oscar. Tapi, kemenangan Matthew memang sangat pantas.

Hingga sebagian komentar di media sosial mengatakan Leonardo DiCaprio, yang juga dinominasikan untuk Best Actor tahun ini, harus menerima peran sebagai orang dengan keterbelakangan mental (atau harus melewati transformasi fisik) untuk akhirnya bisa mendapatkan Oscar. Karena Leonardo berkali-kali dinominasikan, tapi belum pernah menang.

Next

 

Best Actress in Leading Role, Oscars 2014

Best Actress in Leading Role

Susah mengalahkan Cate Blanchett. Itu yang terlintas di kepala, saat Cate menerima piala sebagai Best Actress in Leading Role di Oscar tahun ini. Karena olah peran, baginya sudah seperti bernapas. Ia sudah pernah menang Oscar untuk Actress in Supporting Role saat berperan di The Aviator. Tahun ini ia menang di kategori yang berbeda untuk film Blue Jasmine.

 Sebuah film drama satir yang ditulis dan diarahkan oleh Woody Allen. Mungkin nampak mudah memerankan seorang sosialita, namun lapisan emosi yang tergambar dan grafik perjalanan mental dari karakter yang dibawakan oleh Cate di film ini cukup menjelaskan mengapa ia bisa membawa pulang Oscar untuk kedua kalinya.

 

Next

 

Jared Leto, Oscars 2014

Best Actor in Supporting Role

Jared Leto boleh berbangga karena ia kini benar-benar menjalani dua karier yang diakui oleh publik. Ia sukses dengan kelompok musiknya sehingga vakum dari dunia peran selama 6 tahun. Lalu, ia kembali ke film dengan mengambil peran menantang di Dallas Buyers Club. Menjadi perempuan transgender yang mengidap HIV/AIDS bernama Rayon.

Sama seperti Matthew McConaughey, Jared pun menguruskan diri untuk film ini. Tidak sia-sia, bukan? Di pidato singkatnya saat menerima Oscar, Jared menyampaikan terima kasihnya untuk sang Ibu, hadir bersama kakaknya, yang sudah membesarkannya sendirian selama ini. Sambutan itu nampak disukai oleh media sosial, karena menjadi viral di mana-mana.

Next

 

Lupita Nyong'o, Oscars 2014

Best Actress in Supporting Role

Penghargaan pertama di Oscar pagi tadi diberikan kepada aktris pendatang baru yang fenomenal, Lupita Nyong’o. Jujur, kami bersyukur karena bukan Jennifer Lawrence yang menang (karena ia sudah membawa pulang Golden Globe untuk kategori ini). Popularitas Lupita yang naik setahun terakhir, membuat ia semakin diidolakan di mana-mana. Ia bahkan baru saja membawa pulang piala Independet Spirit Awards untuk kategori yang sama.

Peran Lupita sebagai budak yang disiksa di 12 Years a Slave adalah film panjang pertamanya, setelah ia lulus dari kuliahnya di Yale. Peran yang membuatnya banyak dipuji, bahkan oleh Oprah Winfrey. Saat menerima Oscar pagi tadi, ia dengan sangat berkelas mengatakan bahwa dengan Oscar yang ia raih membuktikan bahwa siapa saja, dari belahan dunia mana saja, berhak bermimpi. Sama seperti sambutan Jared Leto, pidato singkat Lupita ini membuatnya disambut meriah di media sosial.

Next

 

Alfonso Cuaron, Oscars 2014

Best Director

Proses panjang pembuatan film ini berbuah manis untuk sutradara Alfonso Cuaron. Gravity dibuat paling tidak selama 4 tahun, di mana 3 tahun difokuskan untuk menyempurnakan efek visual film yang total memenangkan 7 penghargaan di Oscar tahun ini. Ia bahkan sempat ditertawakan teman-temannya karena tak kunjung merampungkan film ini.

Film terakhirnya yang juga disambut baik oleh para kritikus adalah Children of Men, itu pun 8 tahun lalu! Dan memang ia selalu membuat film-film yang membangkitkan pembicaraan di tengah-tengah komunitas yang kritis. Meski di antara itu, ia juga bisa saja tiba-tiba membuat film seperti Harry Potter and The Prisoner of Azkaban dan A Little Princess.

Next

Oscars, winner

Pemenang Oscar lainnya?

Best Animated Feature diberikan kepada animasi musikal Frozen. Original soundtrack terbaik tahun ini juga diberikan untuk Frozen, lewat lagu asli “Let it Go” yang sudah populer di mana-mana.

Best Adapted Screenplay (naskah hasil adaptasi) jatuh kepada 12 Years a Slave. Sementara Oscar untuk naskah asli terbaik (Best Original Screenplay) diberikan kepada Her, oleh sutradara dan penulis naskah Spike Jonze.

Film berbahasa asing terbaik diberikan kepada Italia, lewat film The Great Beauty. Oscar untuk film ini adalah yang ke-11 untuk Italia. Gravity total menang 7 Oscar, di antaranya untuk sinematografi, penyutradaraan, film editing, original score, sound editing, sound mixing dan efek visual.

Film The Great Gatsby yang sudah tayang tahun lalu masih mendapat Oscar, untuk Best Costume Design dan Best Production Design. Melihat set film yang begitu heboh sampai kostumnya yang super stylish, nggak heran bila mereka mendapat Oscar. Tentu masih ingat betapa trend era 20-an begitu besar sepanjang tahun lalu.

Begitulah Oscar tahun ini, Fimelova, izinkan kami untuk menikmati pidato sambutan kemenangan Lupita Nyong’o di Youtube (lagi). See you next year!

What's On Fimela
Loading