Sukses

Entertainment

5 Grup Musik Pelantun Lagu Religi dari Masa ke Masa

Fimela.com, Jakarta Belakangan Indonesia kembali demam dengan lagu religi dan sholawat. Hal itu tak lepas dari pengaruh para musisi seperti Opick dan Sabyan Gambus.

Dua nama tersebut mungkin sudah jadi ikon untuk lagu-lagu bernafas Islami. Karya mereka banyak dinikmati masyarakat dari berbagai kategori usia.

Apalagi di bulan Ramadan lagu religi akan menambah suasana khidmat bagi yang berpuasa. Selain itu para musisi juga bisa memberi arahan berbuat baik tanpa terkesan menggurui lewat lagu.

Bicara soal musik religi, Indonesia sendiri punya sejarah panjang. Akan menarik untuk membahas mereka yang telah berkarier di era dulu hingga di era sekarang. Berikut ulasannya.

1. Bimbo

Sang legenda membuka daftar grup musik religi kita kali ini. Grup yang terbentuk sejak 1967 ini telah dikenal sebagai dedengkotnya lagu-lagu Islami.

Selain lagu religi, Bimbo juga merilis karya dengan tema dan genre lain seperti dangdut, pop dan keroncong. Tak heran jika Bimbo disebut sebagai legenda karena mereka telah merilis sekitar 800 lagu dalam 200 album sepanjang karier.

2. Nasida Ria

Nama berikutnya punya karier yang tak kalah melegenda. Mereka adalah Nasida Ria, grup asal Semarang yang mengusung musik kasidah modern.

Grup ini terdiri dari 9 wanita, dan nama mereka diakui sebagai salah satu kelompok kasidah modern tertua di Indonesia. Nasida Ria telah mengawali karier mereka pada 1975.

3. Snada

Jika Malaysia punya Raihan yang sempat populer di Indonesia, maka kita punya Snada. Mereka dikenal dengan lantunan lagu-lagu religi atau yang disebut Nasyid.

Sampai kini Snada ternyata masih eksis, dan masih aktif manggung di berbagai event. Yang terbaru Erwin Yahya dkk terlibat di album kompilasi lagu religi bersama Opick, Virgoun dan beberapa artis lainnya.

4. Debu

Memasuki medio 2001, muncul nama Debu. Grup musik yang satu ini menarik perhatian karena personelnya yang rata-rata berasal dari luar Indonesia,

Debu berasal dari Amerika Serikat, yang sebelumnya bernama Dust on the Road. Kini mereka menetap di Indonesia dan konsisten membawakan musik gambus dengan lirik yang menyejukkan.

5. Sabyan Gambus

Seperti yang dibahas sebelumnya, masyarakat Indonesia kembali menunjukkan antusiasime luar biasa terhadap musik religi. Kehadiran Sabyan Gambus mempertegas hal tersebut.

Jumlah views video Nissa dkk telah melampaui angka ratusan juta dalam waktu relatif singkat. Pembawaan mereka yang sesuai dengan generasi muda jadi salah satu faktor kuat kesuksesan mereka. 

Akan sesukses apa musik religi di masa depan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading