Sukses

Entertainment

Rizal Armada dan Kisah Pernikahannya di Rumah Ibadah Bersejarah

Fimela.com, Jakarta Bulan Mei 2018 dipilih Tsandi Rizal Adi Pradana atau Rizal Armada untuk meminta restu dari keluarga Monica Imas, sang kekasih. Ya, pria yang akrab disapa Rizal Armada tersebut resmi melamar Monica Imas dan berniat untuk melepas masa lajangnya setelah 3 tahun menjalin kasih.

Tiga tahun menjalin cinta hingga ke pelaminan ternyata bukan tanpa perjuangan dari keduanya. Sebagaimana diketahui, hubungan kasih mereka terganjal oleh masalah klasik yaitu perbedaan keyakinan. 

Kisah cinta Rizal Armada dengan wanita asal Solo, Jawa Tengah itu memang demikian sedikit terekspos oleh media. Rizal sengaja menutup rapat hubungan asmaranya dengan wanita yang pernah menjadi vokalis grup band pop rock bernama The Sign itu.

"Nggak mau, ribet kalau gosip sana, gosip sini. Karena gue males bawaannya, gue bukan artis, gue musisi," demikian kilah Rizal akhir tahun 2017 lalu, kala disinggung perihal dirinya yang jarang sekali tampil berdua di depan kamera.

Ketika itu Rizal hanya meminta doa agar hubungannya dengan Monica Imas terus dilancarkan sampai pernikahan. Dan keinginan Rizal untuk meminang kekasih hatinya pun akhirnya terlaksana.

 

Keduanya melangsungkan akad nikah pada Kamis, 28 Juni 2018 di Masjid Agung Surakarta. Tak ada kesulitan yang berarti ketika vokalis band Armada mengucap kalimat ijab qabul. Pada kesempatan itu, Rizal menyerahkan maskawin berupa emas seberat 20 gram secara tunai kepada Imas.

Sederet teman selebritis pun memberikan ucapan selamat kepada Rizal Armada. Satu diantaranya adalah Ifan Seventeen. Vokalis band Seventeen ini juga menjadi saksi saat Rizal mengucap janji suci pernikahan.

Masjid Agung Kraton Surakarta Jadi Tempat Pilihan Akad Nikah

Rizal Armada tampak begitu gagah dengan beskap warna putih yang dipakainya. Ia berhasil menjadi sosok yang begitu serasi saat disandingkan dengan Monica Imas dengan kebaya berwarna serupa dengan pakaian Rizal.

Adat Jawa sengaja dipilih oleh keduanya. Pasalnya, baik Rizal maupun Imas sama-sama memiliki darah Surakarta atau Solo. Pemilihan Masjid Agung Kraton Surakarta sebagai tempat penyelenggaraan akad pun bukan sembarangan.

"Karena masjid ini merupakan masjid favorit saya di Solo. Saya besar di Solo," ucap Rizal kepada wartawan di Masjid Agung Kraton Surakarta, Jawa Tengah.

 

Melansir dari beberapa sumber, Masjid Agung Kraton Surakarta merupakan warisan budaya. Masjid Agung dibangun oleh Pakubuwono III. Peletakan batu pertama dilakukan pada tahun 1763 dan selesai pada tahun 1768.

Bangunan memang begitu kental dengan nuansa Jawa kuno. Secara keseluruhan, bangunan berbentuk tajug yaitu dengan atap tumpang tiga dan berpuncak kubah atau mustaka. Makna tajug sendiri adalah pokok-pokok tuntunan Islam yakni Iman, Islam, dan Ihsan.

 

Beberapa renovasi dilakukan oleh penguasa, seperti Pakubuwono IV yang memerintah Kraton Surakarta pada 1788-1820. Pada pemerintahannya, masjid diberikan mustaka atau mahkota atap masjid.

Awalnya mustaka dibuat dari lapisan emas murni seberat 7,68 kg. Bentuknya berbeda dengan masjid lain pada umumnya yang biasanya bulan sabit dan bintang. Kubah ini berwujud paku yang menancap di bumi sebagai makna dari Pakubuwono.

"Dari bangunannya, sejarahnya, semuanya membuat saya pengen nikahnya disini," sambung Rizal Armada.

Setianya Rizal Armada dan Ikhlasnya Monica Imas

Kisah kasih Rizal Armada dan Monica Imas memang tak banyak yang mengetahui. Kecuali orang-orang terdekat keduanya yang tahu betul bagaimana perjuangan Rizal Armada dan Monica Imas saat berjibaku melawan perbedaan yang terjadi.

Diketahui, Rizal Armada dan Monica Imas memiliki perbedaan keyakinan. Namun pada akhirnya Rizal berhasil meyakinkan Monica Imas untuk menganut keyakinannya. Sebuah akun Instagram yang mengaku sebagai teman dekat Monica membeberkannya.

"Mereka tuh kenal dari waktu manggung, kenalan pacaran, tapi kita semua tahu kalau sebelumnya mereka beda agama. Setelah perjalanan panjang mereka, akhirnya ketemulah jalan mereka bersatu," tulis Rika Oktaria.

 

Keduanya memang pasangan yang rela berkorban satu sama lain. Itu pula yang diungkap oleh Rika mengenai bagaimana proses perubahan agama yang harus dilakoni oleh Monica Imas serta dukungan Rizal Armada ketika wanita yang telah sah menjadi pendampingnya itu memutus mualaf.

Karena bukan perkara mudah ketika seseorang yang sebelumnya merupakan penganut satu keyakinan yang taat, ternyata harus mengubahnya. Sebagaimana yang diketahui oleh teman-temannya, Monica merupakan penganut kristiani yang taat.

 

"Terjadi karena perjuangan Rizal, kesabaran Rizal, dan keikhlasan Monic. Mereka sama-sama berjuang sih, Rizal gigih buat meyakinkan Monic, karena buat pindah keyakinan kan bukan hal mudah. Monic orangnya tulus banget, tanpa memandang Rizal itu vokalis band atau bukan," imbuhnya.

Kesabaran, kegigihan, serta kesetiaan Rizal Armada selama membina hubungan asmara seakan menjadi tolok ukur bagi Monica Imas untuk meyakinkan diri sendiri bahwa Rizal Armada adalah pilihan terbaiknya sebagai pemimpin sekaligus partner dalam hidupnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading