Sukses

Entertainment

Tak Hanya Rizal Armada, Dua Pasangan Artis Ini Menikah di Masjid Bersejarah

Fimela.com, Jakarta Masjid dari masa kerajaan, perjuangan kemerdekaan, maupun sekarang ini tak hanya sebagai tempat ibadah saja. Fungsi masjid memang lebih luas daripada hal-hal ibadah seperti salat berjamaah namun juga sebagai tempat penyebaran atau syiar agama Islam, simbol perjuangan umat, dan lain sebagainya. Bahkan belakangan masyarakat termasuk artis ramai-ramai ingin bisa menikah di masjid, seperti halnya Rizal Armada yang belum lama ini menikah.

Di wilayah Nusantara, banyak sekali bertebaran masjid-masjid yang memiliki nilai historis sangat tinggi. Seperti Masjid Agung Kraton Surakarta yang dibangun pada masa Pakubuwono III sekitar tahun 1763 sampai selesai tahun 1768.

Masjid yang berada di kota Solo tersebut baru-baru ini digunakan oleh Rizal Armada ketika mempersunting wanita idamannya, Monica Imas pada Kamis, 28 Juni 2018 lalu. Sementara acara resepsi dilangsungkan di Lor In Hotel Solo, kawasan Colomadu, Karanganyar.

Ketika memilih masjid tersebut sebagai tempat penyelenggaraan akad nikah, Rizal memiliki alasan khusus. Baginya yang memiliki riwayat tinggal di Solo, masjid tersebut merupakan sebuah tempat ikonik dan difavoritkannya.

"Baik dari segi bangunan maupun sejarahnya, pengen menikah disini," ucap Rizal Armada kepada awak media kala dirinya melangsungkan pernikahan di tempat tersebut.

 

Selain Masjid Agung Kraton Surakarta, beberapa masjid seperti Masjid Raya Baiturrahman (Aceh), Masjid Raya Medan, Masjid Raya Ganting (Kota Padang, Sumatera Barat), Masjid Istiqlal (Jakarta), Masjid Agung Banten, Masjid Agung Cirebon, Masjid Menara Kudus, Masjid Agung Demak, Masjid Kotagede (Yogyakarta) memiliki nilai historis tersendiri.

Tak heran ketika banyak sekali masyarakat termasuk sejumlah artis seperti Rizal Armada yang mengingkan untuk menikah di masjid-masjid bersejarah tersebut. Bahkan dari kalangan selebritis, tercatat ada yang menikah di masjid-masjid yang telah disebutkan.

Vicky Prasetyo-Angel Lelga Menikah di Masjid Istiqlal

Bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, dan masyarakat Jakarta pada khususnya, tentu nama Masjid Istiqlal sudah sangat familiar. Masjid ini tercatat menjadi masjid terbesar se-Asia Tenggara.

Pembangunan masjid diprakarsai oleh Bung Karno pada tahun 1951. Pembangunan masjid yang diarsiteki oleh Frederich Silaban ini dimulai pada 1961 dan dirampungkan pada tahun 1978. Nama Istiqlal sendiri dalam bahasa Arab bermakna kemerdekaan.

Sekadar diketahui, Masjid Istiqlal dibangun di Taman Wilhelmina yaitu di atas reruntuhan bekas benteng Belanda bernama benteng Prins Frederik yang dibangun pada tahun 18 73. Masjid Istiqlal bergaya arsitektur Islam modern internasional yaitu menerapkan bentuk geometris sederhana seperti kubus, persegi, dan kubah bola.

 

Di masjid ini, pasangan artis Vicky Prasetyo dan Angel Lelga melepas masa sendirinya. Akad nikah mereka lakukan di Masjid Istiqlal pada Jumat, 9 Februari 2018 lalu. Sekitar pukul 16.45 WIB Vicky dengan lantang mengucap kalimat ijab qabul dan secara resmi menjadi suami janda Rhoma Irama itu.

Bagi Vicky, Masjid Istiqlal adalah sebuah ikon kota Jakarta. Ia berharap pernikahannya bisa langgeng karena dihelat di masjid tersebut. "Jadi kalau lihat Masjid Istiqlal, ingat rumah tangga kita kita," ucap Vicky menyampaikan alasannya.

Masjid Agung Cirebon Jadi Saksi Pernikahan Ajip Rosidi-Nani Wijaya

Pernikahan Ajip Rosidi dan Nani Wijaya dilangsungkan Minggu, 16 April 2017. Meski bukan artis muda, namun pernikahan keduanya menyedot perhatian masyarakat karena dilangsungkan di salah satu tempat bersejarah di kota Cirebon, Jawa Barat.

Ya, keduanya memilih Masjid Agung Cirebon atau juga dikenal dengan nama Masjid Agung Kasepuhan dan Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Dalam sejarahnya, pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Sunan Gunung Jati dan diarsiteki oleh Sunan Kalijaga.

 

Masjid yang berlokasi di kompleks Keraton Kasepuhan Cirebon tersebut selesai dibangun pada tahun 1480, di masa penyebaran Islam oleh Wali Songo. Beberapa keunikan yang terdapat di masjid ini adalah adanya 9 pintu masuk ke ruang utama.

Konon, sembilan pintu tersebut melambangkan jumlah Wali Songo yang merupakan penyebar agama Islam di tanah Jawa. Selain itu, terdapat sumur air Cis Sang Cipta Rasa yang selalu ramai dikunjungi masyarakat ketika Ramadan tiba.

"Saya pernah menyusun buku ensiklopedi Sunda, ada keterangan sejarah Cirebon, dan ada cerita kisah Sang Cipta Rasa dan saya pilih Masjid Cipta Rasa," kata Ajip Rodisi di kawasan Keraton Kasepuhan Cirebon.

Sama halnya dengan sang suami, Nani Wijaya pun ternyata memiliki keterikatan dengan masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Sunan Gunung Jati. "Karena saya dilahirkan dan dibesarkan di Cirebon," tukas Nani Wijaya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading